Anjik Sukmaaji

Universitas Dinamika

Penelitian Berbasis Laboratorium

Penelitian berbasis laboratorium merupakan aktifitas dosen dan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran kekhususan di prodi dengan aktifitas utama meneliti. Model pembelajaran yang dimaksud melalui proses penelitian terkait dengan kompetensi program studi tersebut pada laboratorium-laboratorium penciri program studi. Kwalitas program studi harus ditunjang dengan adanya laboratorium-laboratorium penciri program studi tersebut. Dari program pembelajaran studi laboratorium tersebut dituntut menghasilkan luaran hasil studi misalnya dalam bentuk kurikulum kompetensi prodi, proposal hibah, publikasi, pakar IT, dan juga produk-produk unggulan program studi.

Kurikulum kompetensi prodi merupakan serangkaian kurikulum yang dijaga, diinovasi, sesuaikan dengan ciri-ciri prodi. Kurikulum yang dihasilkan dilaksanakan oleh dosen dan laboran dalam aktifitas pembelajaran di kelas dan juga di laboratorium pembelajaran. Peran gugus penjaminan mutu dan unit penjaminan mutu memiliki peranan penting dalam pelaksanaan RPS di laboratorium pembelajaran dan juga di kelas. Hasil evalusi dan monitoring berpedoman pada Learning Outcome(LO) dan Learning Experience (LE), selanjutnya dikembalikan ke laboratorium research prodi untuk di perbaiki jika ditemukan hal-hal prinsip.

Produk kedua yakni proposal hibah. Hibah adalah pendanaan yang dikeluarkan oleh pemerintah, industri dan juga bisa berasal dari instansi berkaitan dengan luaran yang sudah ditentukan. Bentuk hibah diutamakan dilakukan oleh kelompok peneliti yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Harapan dari pemerintah umumnya menghasilkan peneliti yang unggul dengan hasil dapat berupa publikasi ilmiah, buku ajar, HAKI, dan PATEN. Sedangkan dari instansi atau industri disesuaikan dengan kebutuhan instansi atau industri. Khusus untuk industri diutamakan menghasilkan PATEN untuk suatu produk. Jumlah hibah ini bervariatif mulai dari puluhan juta, ratusan juta bahkan bisa mencapai milyaran rupiah. Tentunya proposal hibah ini sudah didesain pada roadmap penelitian dosen atau kelompok dosen dalam research group. Untuk menunjang kegiatan penelitian sesuai roadmap penelitian dosen atau kelompok peneliti dapat diturunkan kedalam kegiatan penelitian-penelitian mahasiswa. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa mahasiswa dalam mengajukan penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi) harus berpedoman pada roadmap penelitian dosen atau kelompok peneliti (Research Group).

Publikasi merupakan produk yang dihasilkan dari laboratorium berbasis penelitian (Lab Based Research) dalam bentuk tulisan yang dapat dikomunikasikan melalui konferensi, prosiding, dan juga jurnal. Untuk dapat mempublikasikan hasil yang ditemukan harus mengikuti kaidah penerbit tulisan tersebut. Dari publikasi ini diharapkan dapat diketahui kepakaran dosen tersebut. Dengan terpublikasi hasil penelitian tersebut selain dapat mengetahui kepakaran seseorang, juga dapat diketahui keunikan penemuan tersebut. Namun dari sisi lain, duplikasi penelitian juga dapat terjaga. Penerbit saat ini dituntut untuk melakukan pengecekan plagiasi sebelum suatu tulisan seseorang dipublikasikan.

Produk unggulan dan pakar IT merupakan efek tidak langsung dari semua aktifitas yang dilakukan oleh seorang peneliti pada laboratorium berbasis penelitian. Pada umumnya laboratorium berbasis penelitian dikepalai oleh seorang pakar dibidangnya, bahkan hampir kebanyakan dikepalai oleh seorang profesor.  Produk unggulan prodi dapat dihasilkan dari efek penelitian yang sudah memiliki PATEN ataupun HAKI. Dengan demikian produk unggulan prodi ini dapat digunakan untuk membiayai aktifitas lab tersebut.

Dari tulisan diatas ditegaskan bahwa laboratorium penelitian sangat berbeda dengan laboratorium pembelajaran. Laboratorium pembelajaran lebih mengarahkan mahasiswa ke arah kompetensi yang diukur dengan sertifikasi-sertifikasi baik lokal maupun nasional (professional skill). Mahasiswa dibuat menjadi terampil dalam keahlian tertentu misalnya dengan indikator sertifikat Database Oracle (OCA), sertifikat jaringan (CCNA) dan masih banyak lagi. Sedangkan laboratorium berbasis penelitian merupakan roh suatu program studi yang sangat besar perannya bagi program studi yang bersangkutan.

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply