Anjik Sukmaaji

Universitas Dinamika

Home User Webserver (Apache-Ubuntu)

Di lingkup sekolah dan juga perguruan tinggi, umumnya seorang siswa, guru ataupun dosen yang memiliki server Linux disediakan akun (user account) untuk masing-masing. Untuk masuk (login) dalam server tersebut dapat digunakan aplikasi putty (ssh) yang menjadikan pengguna tersebut bisa mengakses shell dari server linux tersebut. Umumnya user dapat masuk ke sistem, tapi hanya memiliki full akses pada home direktori dari user tersebut, tidak bisa melakukan perubahan terhadap file selain di home direktorynya. 

Sementara untuk upload/download file dari tempat kerja dapat dilakukan dengan aman menggunakan aplikasi scp (linux) atau winSCP (ms. windows). Misalkan server tersebut dapat diakses melalui Internet dan menyediakan layanan webserver, maka dokumen semua pengguna juga dapat di publukasikan. Jika ingin mengakses dokemen untuk masing-masing pengguna sebenarnya cukup mudah yaitu dengan mengakses http://namadomain/~namauser. Sebagai contoh, jika namadomainnya adalah http://sekolah.ac.id dan nama usernya adalah anjik, untuk mengakses publikasikan home Internet untuk user anjik di  server tersebut dengan http://sekolah.ac.id/~anjik. Maka akan tampil isi dari home internet dari pengguna tersebut.

Jika home internet tersebut sudah dilengkapi dengan file index.html, maka akan tampil dokumen index.html beserta link-link yang ada, dan jika belum ada file index.html akan ditampilkan seluruh direktory yang berada di bawah direktori public_html.

Untuk mempersiapkan layanan tersebut, di pihak administrator sistem tersebut terlebih dahulu harus mengaktifkan home direktory user tersebut pada apache web servernya dengan cara sebagai berikut.

buat direktory public_html di home direktory user. 

$mkdir public_html

mengaktifkan user direktory di konfigurasi apache

 cd /etc/apache2/mods-enabled
 sudo ln -s ../mods-available/userdir.conf userdir.conf
 sudo ln -s ../mods-available/userdir.load userdir.load

Edit file php5.conf agar home dir dapat diakses

  vi /etc/apache2/mods-enabled/php5.conf
Cari bagian berikut ini dan non aktifkan, dengan menambahkan tanda pagar '#' di depan script berikut:
<IfModule mod_userdir.c>
    <Directory /home/*/public_html>
        php_admin_value engine Off
    </Directory>
</IfModule>
Sehingga akan menjadi sebagai berikut :
#<IfModule mod_userdir.c>
#    <Directory /home/*/public_html>
#        php_admin_value engine Off
#    </Directory>
#</IfModule>

restart apache web servernya.

sudo /etc/init.d/apache2 restart

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply