Anjik Sukmaaji

Universitas Dinamika

Di alam semesta ini properti dasar yang memiliki banyak manfaat adalah radiasi elektromaknetik. Radiasi elektromaknetik yang paling banyak di jumpai adalah cahaya. Kecepatan gelombang cahaya yang merambat dari sumber cahaya menuju tujuan, adalah tetap konstan sebesar 186.000 mil per detik atau 3 X 108 meter per detik. Karakteristik gelombang cahaya adalah sebagai berikut :
– Wavelength
– Period
– Phase
– Amplitudo

Gambar 1. Karakteristik gelombang radio

Dengan berbagai frekwensi, phase atau amplitudo, dapat menggunakan gelombang radio untuk membawa informasi. Cahaya nampak memiliki wavelength antara 400 nanometer untuk lampu merah dan 700 nanometer untuk lampu violet. Jumlah siklus per detik menjalarnya gelombang disebut dengan frekwensi. Karena gelombang elektromagnetik bergerak pada kecepatan cahaya, ada hubungan antara gelombang frekuensi dan panjang gelombang, dengan formula sebagai berikut :

λ  = c/ƒ

Dimana c adalah kecepatan cahaya ( 3 X 108 meter per detik) dan ƒ adalah frekuensi dari gelombang dalam siklus per detik.

Sebab frekuensi dari sautu gelombang memiliki ukuran yang sangat tinggi, frekuensi diekpresikan dalam juta siklus per detik /Mega Hertz (MHz) atau milyar putaran per detik/Giga Hertz (GHz).

Sebagai contoh, jika sebuah stasiun radio favorit memancarkan gelombang pada 98.8 MHz (98.8 X 106 Hz), dapat dihitung wavelength dari gelombang radio tersebut, sebagai berikut :

λ  = c/ƒ

λ  = 3.0 X 108/98.8 X 106

λ  = 300000000/98800000 = 3.04 meter

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply