RSS
 

Definisi Jaringan Komputer

31 Aug

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, dan menggunakan bersama perangkat keras. (Tanenbaum, 1997)

Komputer Otonom, adalah sebuah sistem komputer yang tidak bergantung dengan sistem yang lain dalam mengolah/memproses data atau dalam menghasilkan suatu informasi. Contoh : PC

Media Komunikasi, adalah sperangkat media yang digunakan untuk kegiatan komunikasi yang meliputi : kabel dan antar mukanya. Contoh : Ethernet menggunakan UTP Kabel.

Jaringan komputer dapat diartikan pula sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada di berbagai lokasi yang terdiri dari lebih dari satu komputer yang saling berhubungan. (Tanenbaum, 1997)

Tujuan Membangun Jaringan Komputer
Suatu jaringan komputer dibangun untuk membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju ke sisi penerima (reciever) melalui media komunikasi.

Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh si pengirim (transmitter) dan si penerima (reciever) agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar.

Selain itu protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama. Contoh : TCP/IP, IPX/SPX, Ethernet, dll



 

Leave a Reply

 

 
 
Skip to toolbar