Mudik dengan Kereta Api

Lebaran kurang lebih tinggal 2 bulan lagi. Persiapan telah dimatangkan untuk menghadapi hari suci tersebut tanpa terkecuali persiapan untuk mudik. Hampir semua transpotasi menjadi favorit untuk digunakan mudik, dulu masih ingat dibenak saya saat mudik masyarakat berbondong-bondong ke terminal untuk memilih bis sebagai alternatif tetapi seiring dengan waktu sekarang ini semua alat transportasi merata digunakan mudik tanpa terkecuali Kereta api.

Kereta api sejauh ini memiliki peminat paling banyak diantara transportasi yang lain karena banyak nilai plus bisa diambil menggunakan kereta api, tepat waktu dan tanpa hambatan itulah alasan paling utama. Banyaknya peminat akhirnya menggugah pihak PT KAI untuk meningkatkan pelayanan. Terbukti dengan banyaknya peraturan-peraturan baru.
Salah satu peraturan tersebut antara lain:

  1. Tidak diperkenankan pedagang asongan untuk memasuki area stasiun
  2. Tidak diperkenankan keluarga pengantar untuk mendekati area reservasi
  3. Perubahan waktu pemesanan tiket lebaran
  4. Kemudahan tempat membeli tiket kereta api

Adanya peraturan baru tersebut berimbas pula pada kebiasaan yang selama ini terjadi. Lebaran 2011 untuk mendapatkan tiket kelas eksekutif dan bisnis, penumpang harus mendapatkan 1 bulan sebelum hari H. Tapi dengan peraturan baru ini penumpang harus memesan 3 bulan sebulum hari H, pemesanan tiketpun bisa dibeli di swalayan Indomart ataupun alfamard sehingga meminimalisir penjualan melalui calo. Calopun sekarang ini tidak menjual tiket-tiket eksekutif atau bisnis, mereka sekarang berpindah ke penjualan tiket kelas ekonomi karena mahalnya harga tiket tersebut. Ini adalah tantangan bagi PT KAI untuk menghilangkan calo atau meminimal memperkecil laju calo untuk menjual tiket. Tiket kereta api kelas ekonomi tahun ini pembukaan penjualan tiketnya dibuka pada H-7. Sehingga sekarang ini praktis semua langkah yang dilakukan PT KAI memudahkan dan menyamankan penumpang.
Semoga semua ini bermanfaat bagi kita yang selalu berlanganan mudik menggunakan transpotasi kereta api. Salam

Profile photo of sutikno

About sutikno

Orang yang suka iseng dengan kameranya
This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *