Halim Sulasmono: CIO adalah Pemimpin Inovasi, Transformasi dan Integrasi
Judul diatas merupakan kalimat yang diungkapkan oleh seorang VP Information Technology Policy PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom). Beliau terpilih sebagai juara pertama di kategori Future IT Leader dalam ajang Best e-Corporation (Best e-Corp) yang diselenggarakan Majalah SWA pada tahun 2010 yang lalu.
Menurut Halim, pemimpin di bidang TI akan lebih baik jika punya pengalaman juga di bidang tersebut, kendati lebih besar aspek kepemimpinannya. Lalu, sebagai pemimpin dia pun harus mempunyai visi-misi serta kemampuan membentuk tim TI yang excellent.
SI/TI : Manfaat dan Kegagalan
Pemanfaatan Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI) selain membawa manfaat yang besar juga berdampak buruk bagi penggunannya. Manfaat yang didapat sudah diakui sangat membantu pengguna perorangan maupun perusahaan. Tetapi dampak buruk atau kegagalan penggunaan SI/TI tidak jarang membuat penggunanya menilai SI/TI tidak membawa manfaat sama sekali. Kegagalan tersebut dapat dipicu oleh beberapa hal sehingga manfaat SI/TI tidak didapatkan, salah satunya adalah tidak adanya perencanaan yang cukup sebelum menerapkan SI/TI. Pada pembahasan berikut ini akan diuraikan tentang manfaat dan kegagalan bahkan perkembangan SI/TI hingga SI/TI menjadi enabler bagi sebuah perusahaan.
Berikut ada sebuah file yang saya tulis semoga dapat Anda baca sebagai renungan 🙂 silahkan download file ini : bk01-Manfaat dan Keungggulan SI-TI
Menjadi Terkenal atau Biasa Saja
Judul tulisan ini, merupakan salah satu judul bab di buku “B2B Brand Management : Dengan Branding Membangun Keunggulan dan Memenangi Kompetisi” yang ditulis oleh Philip Kotler dan Waldemar Pfoertsch, ditulis sekitar tahun 2006. Dalam bab tersebut dibahas dengan jelas (bahkan detail) tentang pentingnya branding. Sebuah definisi menarik dan sederhana tentang branding diungkapkan oleh Scott Bedburry (penulis buku A New Brand World) dalam buku tersebut, yaitu : “Branding itu tentang membawa sesuatu yang biasa dan meningkatkannya dengan cara-cara yang membuatnya menjadi lebih berharga dan bernilai“.
Brand memfasilitasi identifikasi produk (barang dan jasa) dan bisnis serta mendiferensiasikannya dari persaingan. Dan brand boleh dibilang merupakan alat efektif untuk mengkomunikasikan manfaat dan nilai produk. Lebih jauh lagi brand merupakan jaminan kualitas dan performa produk.
IT for society :)
Penggunaan TI tidak terbatas bagi kalangan tertentu seperti mahasiswa, karyawan, pengajar, atau orang-orang yang dalam kesehariannya “bergelut” dengan komputer. Penggunaan TI telah mulai dinikmati oleh masyarakat secara luas, hingga orang yang GapTek sekalipun, meskipun penggunaannya sebatas untuk lifestyle. Content yang disediakan untuk perangkat TI hingga hari (semoga saya tidak salah) sebatas untuk kepentingan hiburan semata :). Content untuk membantu kehidupan sehari-hari masih belum banyak, begitu pula konten untuk kepentingan nasional yang melibatkan banyak orang dan kecepatan pengolahan data, misalkan saja Pemilihan Umum (Pemilu). Untuk Pemilu, Indonesia masih menggunakan cara lama (konvensional), setiap orang yang memiliki hak suara harus data ke bilik suara untuk sekedar melubangi kertas suara :). Bahkan beberapa daerah meliburkan penduduk untuk keperluan tersebut.
IT Operation Management
Tulisan ini saya berikan untuk berbagi dengan Anda, khususnya terkait pengelolaan operasi Teknologi Informasi (TI) dilihat dari kerangka kerja ITIL. Ada kekurangan dalam tulisan tersebut, silahkan untuk memberikan tambahan dan koreksi demi kemajuan bersama :).
Selain file tulisan saya, terlampir juga file referensi yang saya gunakan tetapi tidak termasuk referensi dalam bentuk buku milik pak Riyanarto Sarno, “Audit Sistem Informasi & Teknologi Informasi”, karena saya tidak memiliki versi softcopynya 😀
File tulisan dapat diambil di IT Operation Management.
File tulisan dalam bentuk online ada disini.
Terbelenggu gadget (telepon tangan)
Sepengetahuan saya, teknologi (apapun) diciptakan dan dibuat untuk memudahkan segala urusan manusia :). Mulai dari teknologi pertanian hingga teknologi informasi (TI) yang hampir setiap menit kita nikmati. Agak jengah juga ketika teknologi, khususnya TI, lebih khusus lagi gadget, dan lebih vulgar lagi adalah handphone (hand=tangan, phone=telepon, –> telepon tangan) terlihat “menyiksa” penggunanya :D. Entah tersiksa atau menyodorkan diri untuk disiksa telepon tangan.
Outlook 2010 + Facebook = FBLook; Outlook 2010 + Twitter = TwInbox;
Iseng2 siang tadi nyoba utak-atik Office 2010 (asli lho 🙂 ). Baca-baca referensi, cari-cari artikel, lumayan dapet banyak tambahan. Tapi yang menarik cuman 2, seperti judul diatas. Social networking dengan dukungan wb 2.0 ternyata begitu jauh mempengaruhi “kehidupan”. Aplikasi sekelas MS. Office pun, akhirnya mengintegrasikan diri dengan Facebook dan Twitter.