Anjik Sukmaaji

Universitas Dinamika

Metodologi Penelitian UI/UX

Penelitian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan peneliti untuk mengetahui sesuatu hal yang sebelumnya belum pernah diketahui jawabannya. Mencari jawaban terhadap suatu permasalahan adalah esensi utama dalam melakukan penelitian. Jawaban yang didapatkan tentu berdasarkan analisis akademik yang berdasarkan keilmuan yang sesuai dengan permasalahan. Keilmuan yang dimaksud bisa sangat luas, artinya tidak hanya dari tinjauan satu bidang ilmu saja, namun dari berbagai bidang yang saling menguatkan atau saling melengkapi sehingga masalah yang diteliti bisa ditemukan titik terangnya.

Untuk melakukan penelitian, tentunya ada tahapan-tahapan yang harus peneliti lakukan, langkah-langkah ini yang umum dikenal dengan metodologi penelitian.  Dalam satu tahapan pada metodologi penelitian bisa saja terdiri dari beberapa cara atau metode, sehingga dalam satu rangkaian metodologi penelitian bisa dimungkinkan terdiri beberapa metode yang saling melengkapi. Misalnya pada tahap awal perlu merumuskan masalah atau membuat hipotesis yang merupakan acuan penelitian. Dalam membuat hipotesis memerlukan proses identifikasi masalah dan mendefinisikan masalah yang tentunya perlu dilakukan pengumpulan informasi/data terlebih dahulu. Informasi/data dapat bersumber dari literatur, dari hasil wawancara, dari hasil quisioner maupun observasi menjadi bekal/bahan untuk menentukan rumusan masalah/hipotesis penelitian. Dengan demikian dalam tahap awal saja sudah harus mempersiapkan teknik-teknik yang benar dalam mengumpulkan data dan juga metode-metode yang benar untuk menganalisis yang selanjutnya dapat dirumuskan suatu hipotesis penelitian.

Di lingkup atau bidang design antarmuka (UI/UX) saat ini banyak diminati karena berbagai alasan, misalnya dengan design antarmuka dalam bentuk prototype dapat mempermudah menjabarkan ke customer tentang project yang ditawarkan, atau mempermudah programmer dalam mengembangkan aplikasi karena sudah ada gambaran aplikasi. 

Beberapa pendekatan design yang sering digunakan misalnya Double Diamon, LEan UX, Design Thingking. Berikut ini beberapa Blok diagram penelitian yang menggunakan pendekatan design sebagai salah satu solusi dalam mendukung penyelesaian masalah dalam penelitian. Hasil design selanjutnya  dapat digunakan sebagai bentuk tool untuk di lakukan evaluasi dengan pengujian-pengujian, apakah dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang di rumuskan.

Penting untuk diperhatikan bahwa metodologi design (double daemon, Learn UX, Design thingking) merupakan langkah-langkah dalam proses design, bukan langkah-langkah penelitian, sehingga dalam metodologi design tersebut arahnya adalah bagaimana membuat suatu design yang sesuai dengan harapan, bukan kaitannya dengan mencari jawaban atas masalah penelitian.

Pada tahap akhir penelitian umumnya melakukan evaluasi. Dari hasil pengujian/evaluasi dilakukan analisis(misalnya analisis Statistik, analsis psykologis, dsb) guna mengukur ketercapaian permasalahan yang sudah ditentukan diawal penelitian. 

Double Diamon
Learn UX
Design Thingking

 

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.