Anjik Sukmaaji

Universitas Dinamika

Metodologi Penelitian UI/UX

Penelitian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan peneliti untuk mengetahui sesuatu hal yang sebelumnya belum pernah diketahui jawabannya. Mencari jawaban terhadap suatu permasalahan adalah esensi utama dalam melakukan penelitian. Jawaban yang didapatkan tentu berdasarkan analisis akademik yang berdasarkan keilmuan yang sesuai dengan permasalahan. Keilmuan yang dimaksud bisa sangat luas, artinya tidak hanya dari tinjauan satu bidang ilmu saja, namun dari berbagai bidang yang saling menguatkan atau saling melengkapi sehingga masalah yang diteliti bisa ditemukan titik terangnya.

Untuk melakukan penelitian, tentunya ada tahapan-tahapan yang harus peneliti lakukan, langkah-langkah ini yang umum dikenal dengan metodologi penelitian.  Dalam satu tahapan pada metodologi penelitian bisa saja terdiri dari beberapa cara atau metode, sehingga dalam satu rangkaian metodologi penelitian bisa dimungkinkan terdiri beberapa metode yang saling melengkapi. Misalnya pada tahap awal perlu merumuskan masalah atau membuat hipotesis yang merupakan acuan penelitian. Dalam membuat hipotesis memerlukan proses identifikasi masalah dan mendefinisikan masalah yang tentunya perlu dilakukan pengumpulan informasi/data terlebih dahulu. Informasi/data dapat bersumber dari literatur, dari hasil wawancara, dari hasil quisioner maupun observasi menjadi bekal/bahan untuk menentukan rumusan masalah/hipotesis penelitian. Dengan demikian dalam tahap awal saja sudah harus mempersiapkan teknik-teknik yang benar dalam mengumpulkan data dan juga metode-metode yang benar untuk menganalisis yang selanjutnya dapat dirumuskan suatu hipotesis penelitian.

Di lingkup atau bidang design antarmuka (UI/UX) saat ini banyak diminati karena berbagai alasan, misalnya dengan design antarmuka dalam bentuk prototype dapat mempermudah menjabarkan ke customer tentang project yang ditawarkan, atau mempermudah programmer dalam mengembangkan aplikasi karena sudah ada gambaran aplikasi. 

Beberapa pendekatan design yang sering digunakan misalnya Double Diamon, LEan UX, Design Thingking. Berikut ini beberapa Blok diagram penelitian yang menggunakan pendekatan design sebagai salah satu solusi dalam mendukung penyelesaian masalah dalam penelitian. Hasil design selanjutnya  dapat digunakan sebagai bentuk tool untuk di lakukan evaluasi dengan pengujian-pengujian, apakah dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang di rumuskan.

Penting untuk diperhatikan bahwa metodologi design (double daemon, Learn UX, Design thingking) merupakan langkah-langkah dalam proses design, bukan langkah-langkah penelitian, sehingga dalam metodologi design tersebut arahnya adalah bagaimana membuat suatu design yang sesuai dengan harapan, bukan kaitannya dengan mencari jawaban atas masalah penelitian.

Pada tahap akhir penelitian umumnya melakukan evaluasi. Dari hasil pengujian/evaluasi dilakukan analisis(misalnya analisis Statistik, analsis psykologis, dsb) guna mengukur ketercapaian permasalahan yang sudah ditentukan diawal penelitian. 

Double Diamon
Learn UX
Design Thingking

Variabel dan Tipe Data

Suatu program komputer dibuat untuk mempermudah pekerjaan kita, sehingga keberadaan program/aplikasi komputer harus dipersiapkan sedemikian sehingga kebermanfaatannya sangat memberikan solusi di segala bidang yang membutuhkan. Aplikasi yang dibuat pada umumnya memproses data menjadi informasi yang bisa di wujudkan dalam bentuk tampilan, gerakan, suara, dan lain sebagainya. Pengolahan data pada aplikasi komputer dilakukan oleh prosesor komputer dengan dukungan media penyimpanan. Media penyimpanan tersebut untuk mempercepat proses yang dilakukan membutuhkan penyimpanan sementara, yakni dalam Random Access Memory (RAM). Untuk meletakkan data dalam  memori komputer sementara membutuhkan pengenal (identifier), yakni yang disebut pengenal variabel atau identifier variabel. Analogi penyimpanan tersebut, dapat di ilustrasikan seperti pada gambar berikut ini.

Pada gambar diatas diilustrasikan suatu progam komputer menggunakan variabel dengan nama umur untuk mengakses media penyimpanan di RAM. Tatacara mendeklarasikan variabel dalam program java adalah :

<Tipe Data> NamaVariabel;

Deklarasi variabel dan proses Inisialisasi variabel dapat dijadikan satu baris perintah dengan tata aturan adalah sebagai berikut :

<Tipe Data> NamaVariabel = NilaiSesuaiTipeData;

Variabel umur tersebut di isi dengan nilai 17, dalam program java untuk memesan variabel di memori dan memberi data, seperti pada kode program berikut:

//Contoh program java untuk mendeklarasikan Variabel
public class var1{
  public static void main(String[] args){
    //Deklarasi variabel
    int umur;
    //Inisialisasi variabel
    umur = 17;
    //Menampilkan/mencetak data
    System.out.println("Umur saya : "+umur);
  }
}
//Contoh program java untuk mendeklarasikan dan inisialisasi Variabel 
public class var2{
  public static void main(String[] args){
  //Deklarasi dan inisialisasi variabel
  int umur = 17;
  //Menampilkan/mencetak data
  System.out.println("Umur saya : "+umur);
 } 
} 

Identifier  variabel yang digunakan dalam pemrograman java memiliki aturan yakni dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Tidak boleh menggunakan keyword bahasa pemrograman java
2. Boleh menggunakan angka, huruf, tapi tidak boleh diawali dengan angka dan tidak boleh dihubungkan dengan operator aritmatik
3. Awalan identifier variabel yang diijinkan adalah underscore, huruf, dan tanda $

Contoh yang benar :

  • _variablename
  • _3variable
  • $testvariable
  • VariableTest
  • variabletest
  • this_is_a_variable_name_that_is_long_but_still_valid_because_of_the_underscores
  • max_value

Contoh yang salah :

  • 8example
  • exa+ple
  • variable test
  • this_long_variable_name_is_not_valid_because_of_this-hyphen

Tipe Variabel

Dalam pemrograman java, terdapat tiga macam tipe variabel yaitu :

  1. Variabel Lokal : variabel yang di deklarasikan dalam tubuh method.
  2. Variabel Instance : variabel yang dideklarasikan diluar method dan tanpa menggunakan keyword static.
  3. Variabel Static : variabel yang dideklarasikan sekali, yakni diawal program. Umumnya digunakan untuk mendeklarasikan suatu nilai konstanta (Nilai tetap sampai program berakhir)

Berikut ini contoh program java yang menjelaskan tentang deklarasi ketiga tipe variabel tersebut.

class tipe_variabel {
    int data = 101; //instance variable
    static float NilaiPhi=3.14; //static variable
    void method() {
        int NilaiAkhir = 90; //local variable
    }
}

Tipe DATA dalam JAVA.

Tipe data digunakan untuk mengklasifikasikan perbedaan nilai yang akan disimpan dalam variabel. Dalam pemrograman java terdapat dua macam tipe data yaitu tipe data primitive dan tipe data non primitive. Pembagian kedua tipe data tersebut dapat dijelaskan dalam hirarki gambar berikut ini :

Dalam gambar tersebut secara hirarki, dijelaskan kelompok tipe data yang sejenis, sebagai berikut :

Bilangan Bulat (integer)

  • byte (8 bit)
  • short (16 bit)
  • int (32 bit)
  • long (64 bit)

Bilangan Pecahan (Floating point)

  • float (32 bit)
  • double (64 bit)

Charakter : char

Boolean   : boolean

Dalam bahasa pemrograman java, suatu tipe yang dideklarasikan dapat menerima tipe data yang lain dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. variabel dengan kapasitas penyimpanan kecil dapat diberikan kepada variabel dengan kapasitas yang lebih besar. Kondisi ini dapat langsung dilakukan, dan dikenal dengan istilah konversi.
  2. variabel dengan kapasitas penyimpanan besar diberikan nilainya kepada varibabel dengan kapasitas kecil. Kondisi ini prosesnya tidak dapat dilakukan secara langsung tapi  harus dengan  tipe operator cast. Proses ini disebut dengan istilah tipe casting. 

Perhatikan contoh berikut ini :

public class ContohKonversiTipeData{
    public static void main(String[] args){
      //deklarasi dan inisialisasi variabel
      byte var_byte = 10;
      int var_int = 250;
      double var_double = 123.123;
      //Proses dan cetak
      //Konversi
      var_int = var_byte;
      var_double = var_int;
      System.out.println("Nilai Variabel Byte = "+var_byte);
      System.out.println("Nilai Variabel Int = "+var_int);
      System.out.println("Nilai Variabel Double = "+var_double);
      
      //Casting
      var_byte = (byte) var_int;
      var_int = (int) var_double;
      System.out.println("Nilai Variabel Byte = "+var_byte);
      System.out.println("Nilai Variabel Int = "+var_int);
      System.out.println("Nilai Variabel Double = "+var_double);
    }
}

Demikian, semoga bermanfaat.

Pemrograman JAVA : System.out.println

System.out.println adalah pernyataan Java yang mencetak argumen yang dikirimkan ke System.out. Secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut :

System – is a final class in java.lang package

out – is a static member field of System class and is of type PrintStream.

println – is a method of PrintStream class. println prints the argument passed to the standard console and a newline.

 

 

 

 

 

 

Struktur dari System.out.println jika di perhatikan object PrintStream seperti gambar berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada script program java atau code program java, “print” dan “println” hasilnya sama-sama mencetak. Tapi sebenarnya, jika dipraktekkan langsung perbedaannya akan terlihat. Perbedaan antara println dan print :

print akan mencetak tanpa adanya enter atau penambahan baris pada kalimat berikutnya.

println akan mencetak dengan adanya enter atau penambahan baris pada kalimat berikutnya.

Misalnya jika akan mencetak ke layar tulisan “Nama Saya : Pendekar Pemrograman Java” dengan melakukan pencetakan 2 kali. Pertama mencetak Nama Saya, dan yang kedua mencetak Pendekar Pemrograman Java, maka silahkan perhatikan contoh berikut ini.

Contoh pertama menggunakan System.out.print :

public class mencetakpertama{
  public static void main(String[] args){
     System.out.print("Nama Saya : ");
     System.out.print("Pendekar Pemrograman Java");
  }
}

Jika dijalankan, akan menghasilkan luaran dari proses pencetakan tersebut satu baris yaitu sebagai berikut :

             Nama Saya : Pendekar Pemrograman Java

Sedangkan jika menggunakan System.out.println maka hasilkan akan dicetak dua baris, yakni Nama Saya : baris pertama, dan Pendekar Pemrograman Java pada baris berikutnya. Perhatikan contoh kode program berikut ini :

public class mencetakkedua{
  public static void main(String[] args){
     System.out.println("Nama Saya : ");
     System.out.println("Pendekar Pemrograman Java");
  }
}

Dengan menggunakan System.out.println akan menyebabkan luaran dari pencetakan berbeda, seperti berikut ini :

           Nama Saya :
           Pendekar Pemrograman Java

Di dalam proses pencetakan juga dapat menggunakan karakter-karakter khusus, seperti berikut ini :

  •  ‘\n’ for new line
  •  ‘\r’ for return
  •  ‘\t’ for tab
  •  ‘\b’ for backspace
  •  ‘\f’ for form feed
  •  ‘\’’ for single quote
  •  ‘\”’ for double quote
  •  ‘\\’ for backslash

Silahkan mencoba-coba menambahkan karakter khusus tersebut di dalam pencetakan pesan dalam program java anda.

Program Java : Code Program Sederhana dan Pertama

Sebuah program java dapat di jalankan setelah dikompilasi menggunakan Java Development Kit(JDK) menjadi bytecode yang mengubah programjava.java menjadi programjava.class. Untuk menjalankan program java bytecode tersebut diperlukan Java Runtime Environment (JRE), dan secara bertaham dapat diilustrasikan pada gambar berikut :

Dari gambar tersebut secara bertahap untuk sebuah program java dimulai dengan menulis code program, kemudian disimpan dengan namafile ber-extension .java. Ingat-ingat harus disimpan dengan namafile penyimpanan ber-extension .java. Penentuan namafile juga harus sama dengan nama class utama program java dalam code program. Perhatikan contoh program dibawah.

public class pertama{
public static void main(String[] args){
   //isi program java
   }
}

Secara rinci penjelasan program pertama.java tersebut sebagai berikut :

  • public class pertama : nama class dari program tersebut, pada contoh program tersebut nama class adalah pertama, maka namafile untuk program tersebut harus disimpan dengan namafile pertama.java.
  • public static void main(String[] args){} : merupakan method utama program java, dan harus ada di setiap program java. Atau bisa dikatakan method ini adalah method minimal yang harus ditulis pada kode program java.
  • // isi program java : Tanda // akan menyebabkan baris kode program tidak dijalankan. Tanda // digunakan untuk menuliskan penjelasan dari kode program tersebut. Di baris ini isi program bisa ditulis dengan memperhatikan tata aturan penulisan kode program java, dengan catatan jika memang kode program jangan mengawali dengan tanda “//”.

Selanjutnya program java harus dikompilasi. Perintah untuk mengkompilasi program pertama.java tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

javac pertama.java

Hasil dari kompilasi perintah tersebut akan menghasilkan file bytecode program java dengan nama pertama.class. Dengan catatan proses kompilasi tidak menemukan kesalahan code program. Dari file java.class sudah dapat dijalankan menggunakan JRE sebagai berikut :

java pertama

Sebagai contoh, perhatikan kode program java berikut ini yang akan menampilkan pesan tulisan  ke layar “Selamat anda bisa membuat program java”.

 
public class kedua{ 
public static void main(String[] args){
   //isi kode program java
   System.out.print("Horeee...");
   System.out.print("Selamat anda bisa membuat program java");
   }  
} 

Untuk menampilkan pesan tulisan dilayar dapat digunakan perintah  kode program java System.out.print  atau dapat juga dengan perintah System.out.println.  System.out.print atau System.out.println memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama berfungsi untuk mencetak  karakter di Layar. Perbedaannya adalah kalau perintah System.out.print setelah mencetak, maka posisi kursor akan tepat berada disebelah karakter yang telah dicetak. Sedangkan pada perintah System.out.println, setelah mencetak, maka posisi kursor akan pindah ke baris baru, tepat dibawah karakter yang telah dicetak oleh perintah System.out.println sebelumnya. Silahkan di buktikan dengan program ketiga berikut :

 
public class ketiga{ 
public static void main(String[] args){ 
   //isi kode program java 
   System.out.println("Horeee..."); 
   System.out.println("Selamat anda bisa membuat program java");
   } 
} 

 

Security – Firewall

Konsep Firewall

Firewall adalah sebuah sistem atau grup sistem yang menjalankan kontrol akses keamanan diantara jaringan internal yang aman dan jaringan yang untrusted seperti internet. Firewall didesain untuk mengijinkan trusted data lewat, menolak layanan yang mudah diserang, mencegah jaringan internal dari serangan luar yang bisa menembus firewall setiap waktu.

Gambar 1. Firewall akses dari Untrusted Network

Komponen Sistem Firewall :

  • Firewall dapat berupa PC, router, UNIX workstation, atau gabungan dari yang tersebut diatas.
  • Firewall dapat terdiri dari satu atau lebih komponen fungsional sebagai berikut :
    • Packet-filtering router
    • Application level gateway (proxy)

Packet-Filtering Router

Packet-filtering menggunakan router yang dapat meneruskan paket sesuai dengan filtering rules. Informasi filter yang dapat ditangkap dari packet header :

  •   IP address sumber dan tujuan
  •   Nomor port TCP/UDP sumber dan tujuan
  •   Tipe ICMP message
  •   Informasi encapsulated protocol (TCP, UDP,     ICMP atau IP tunnel)

Gambar 2. Arsitektur router sebagai packet filter Firewall untuk melindungi Server-server.

Pada gambar 2 diatas, Network-1 memiliki alamat 192.168.1.0/24, dan network-2 dengan alamat 192.168.2.0/24. Jika alamat IP DNS 192.168.2.1, alamat ip web-1 192.168.2.2 dan alamat FTP adalah 192.168.2.3. Sedangkan untuk router (R1) interface E0 adalah 192.168.1.1 dan interface E1 adalah 192.168.2.1, maka untuk berbagai ketentuan packet filter dapat dilakukan dengan menggunakan access-list (pada perangkat cisco). Access-list merupakan fitur dari perangkat Cisco yang dapat digunakan untuk memfilter packet dari yang sederhana (standard), sampai dengan filter packet secara detail (extended). Standard access-list hanya melakukan filter berdasarkan tujuan packet sedangkan extended dapat untuk menyaring (filter) :jenis protocol (tcp, udp, icmp), alamat sumber packet dan alamat tujuan packet, port aplikasi dari suatu layanan jaringan.

Penentuan range alamat dibatasi dengan notasi wildcard mask dari alamat tersebut.

Berikut ini contoh-contoh pengaturan packet filter menggunakan access-list secara sederhana maupun secara extended.

  • Trafik yang di ijinkan mengakses jaringan 192.168.2.0/24 dari network-1

access-list 1 permit 192.168.2.0 0.0.0.255 
access-list 1 deny any any

interface ethernet 0
ip access-group 1 out

  • Firewall tidak mengijinkan PC1 (192.168.1.10) untuk mengakses web server web-1, dan DNS.

access-list 101 deny tcp 192.168.1.10 0.0.0.0 192.168.2.0 0.0.0.255 eq 80
access-list 101 deny tcp 192.168.1.10 0.0.0.0 192.168.2.0 0.0.0.255 eq 53
access-list 101 deny udp 192.168.1.10 0.0.0.0 192.168.2.0 0.0.0.255 eq 53
access-list 101 permit any any

interface ethernet 0
ip access-group 101 out

  • Firewall hanya pengijinkan PC-2 (192.168.1.20) yang diperbolehkan untuk mengakses FTP server.

access-list 101 deny tcp 192.168.1.20 0.0.0.0 192.168.2.0 0.0.0.255 eq 20
access-list 101 deny tcp 192.168.1.20 0.0.0.0 192.168.2.0 0.0.0.255 eq 21
interface ethernet 0
ip access-group 101 out

IPv6 subnet-Dynamic RIP

Perhatikan gambar tersebut, pada gambar tersebut terdiri dari 3 network yaitu LAN-1, LAN-2, dan koneksi point-to-point dengan alamat IPv6 sbb :

  1. LAN-1 : 2001::0/125
  2. LAN-2 : 2001::10/125
  3. PP : 2001::8/125

Subnet LAN-1 : 2001::0/126 memiliki anggota range ipv6 sbb :

  1. 2001::0/125 Alamat Subnet IPv6
  2. 2001::1/125 IPV6 pertama (untuk GW/IP router)
  3. 2001::2/125 IPV6 Kedua (PC1)
  4. 2001::3/125 IPV6 Ketiga (PC2)
  5. 2001::4/125 IPV6 keempat (PC0)
  6. 2001::5/125 IPV6 kelima
  7. 2001::6/125 IPV6 keenam
  8. 2001::7/125 IPV6 terakhir (7)

Subnet LAN-1 : 2001::10/126 memiliki anggota range ipv6 sbb :

  1. 2001::10/125 Alamat Subnet IPv6
  2. 2001::11/125 IPV6 pertama (untuk GW/IP router)
  3. 2001::12/125 IPV6 Kedua (PC3)
  4. 2001::13/125 IPV6 Ketiga (PC4)
  5. 2001::14/125 IPV6 keempat (PC5)
  6. 2001::15/125 IPV6 kelima
  7. 2001::16/125 IPV6 keenam
  8. 2001::17/125 IPV6 terakhir (7)

Subnet PP : 2001::8/126 memiliki anggota range ipv6 sbb :

  1. 2001::8/125 Alamat Subnet IPv6
  2. 2001::9/125 IPV6 pertama (untuk IP R1)
  3. 2001::A/125 IPV6 Kedua  (untuk IP R2)
  4. 2001::B/125 IPV6 Ketiga
  5. 2001::C/125 IPV6 keempat
  6. 2001::D/125 IPV6 kelima
  7. 2001::E/125 IPV6 keenam
  8. 2001::F/125 IPV6 terakhir (7)

Cara konfigurasi IPV6 Interface R1 :

R1> enable
R1# configure terminal
R1(config)#ipv6 unicast‐routing
R1(config)#interface fastethernet0/0
R1(config‐if)#ipv6 enable
R1(config‐if)#ipv6 address 2001::1/125
R1(config‐if)#no shutdown
R1(config‐if)#exit
R1(config)#interface fastethernet0/1
R1(config‐if)#ipv6 enable
R1(config‐if)#ipv6 address 2001::9/125
R1(config‐if)#no shutdown
R1(config‐if)#exit

Cara konfigurasi IPV6 Interface R2 :

R2> enable
R2# configure terminal
R2(config)#ipv6 unicast‐routing
R2(config)#interface fastethernet0/0
R2(config‐if)#ipv6 enable
R2(config‐if)#ipv6 address 2001::11/125
R2(config‐if)#no shutdown
R2(config‐if)#exit
R2(config)#interface fastethernet0/1
R2(config‐if)#ipv6 enable
R2(config‐if)#ipv6 address 2001::A/125
R2(config‐if)#no shutdown
R2(config‐if)#exit

Untuk konfigurasi routing router R1 sbb

R1> enable
R1#configure terminal
R1(config)#ipv6 router rip ciscorip
R1(config‐rtr)#exit
R1(config)#interface fastethernet0/0
R1(config‐if)#ipv6 rip ciscorip enable
R1(config‐if)#exit
R1(config)#interface fastethernet0/1
R1(config‐if)#ipv6 rip ciscorip enable
R1(config‐if)#exit
R1(config)#end

Untuk konfigurasi routing router R2 sbb :

R2> enable
R2#configure terminal
R2(config)#ipv6 router rip ciscorip
R2(config‐rtr)#exit
R2(config)#interface fastethernet0/0
R2(config‐if)#ipv6 rip ciscorip enable
R2(config‐if)#exit
R2(config)#interface fastethernet0/1
R2(config‐if)#ipv6 rip ciscorip enable
R2(config‐if)#exit
R2(config)#end

Selanjutnya jika sudah selesai, dapat ditampilkan tabel routing pada masing-masing router menggunakan perintah show ipv6 route

Dan jika masing-masing PC sudah dikonfigurasi sesuai dengan alamat IP seperti pada gambar, dapat diujicoba ping dari masing-masing node.

IPv6 Static Route

Berikut contoh konfigurasi static route pada masing-masing router yang sudah di konfigurasi ipv6 address nya di masing-masing Interface router.

Router R1:

R1$enable
R1#conf term
R1(config)#ipv6 unicast-routing
R1(config)#ipv6 route 2001:0:1:2::/64 2001:0:1:1::2
R1(config)#ipv6 route 2001:0:1:5::/64 2001:0:1:1::2
R1(config)#ipv6 route 2001:0:1:4::/64 2001:0:1:1::2

Router R2 :

R2$enable
R2#conf term
R2(config)#ipv6 unicast-routing
R2(config)#ipv6 route 2001:0:1:5::/64 2001:0:1:2::2
R2(config)#ipv6 route 2001:0:1:4::/64 2001:0:1:2::2

Router R3 :

R3$enable
R3#conf term
R3(config)#ipv6 unicast-routing
R3(config)#ipv6 route 2001:0:1:1::/64 2001:0:1:2::1
R3(config)#ipv6 route 2001:0:1:4::/64 2001:0:1:5::2

Router R4

R4$enable
R4#conf term
R4(config)#ipv6 unicast-routing
R4(config)#ipv6 route 2001:0:1:1::/64 2001:0:1:5::1
R4(config)#ipv6 route 2001:0:1:2::/64 2001:0:1:5::1

Router R5 :

R1$enable
R1#conf term
R1(config)#ipv6 unicast-routing
R1(config)#ipv6 route 2001:0:1:5::/64 2001:0:1:4::1
R1(config)#ipv6 route 2001:0:1:2::/64 2001:0:1:4::1
R1(config)#ipv6 route 2001:0:1:1::/64 2001:0:1:4::1

 

IPv6 Addressing

IPv6 atau IP versi 6 adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 6. Panjang totalnya adalah 128-bit, dan secara teoritis dapat mengalamati hingga 2128=3,4 x 1038 host komputer di seluruh dunia.

Dalam IPv6, alamat 128-bit akan dibagi ke dalam 8 blok berukuran 16-bit, yang dapat dikonversikan ke dalam bilangan heksadesimal berukuran 4-digit. Setiap blok bilangan heksadesimal tersebut akan dipisahkan dengan tanda titik dua (:). Karenanya, format notasi yang digunakan oleh IPv6 juga sering disebut dengan colon-hexadecimal format, berbeda dengan IPv4 yang menggunakan dotted-decimal format.

Contoh :

0010000111011010 0000000011010011 000000000000000 0010111100111011 0000001010101010 0000000011111111 1111111000101000 1001110001011010

Penulisannya dengan notasi Hexa Desimal

:21DA:00D3:0000:2F3B:02AA:00FF:FE28:9C5A

Cara melakukan penulisan tersebut sebagai berikut :1010 1101 1000 1111 .. …. Dan seterusnya -> s.d 128 bit    A     D      8       F  -> sampai dengan 32 Hexsa . Dalam penulisan ipv6, 0000:0000 atau 0:0 dapat diringkas, namun tidak boleh lebih dari 1x. Misalnya :

AD8F:0000:0000:100F:1234:0000:0000:F123

AD8F::100F:1234:0:0:F1234

IPv6 dapat mengenali 3 tipe pengalamatan, yaitu :

  1. Unicast   : Single Devices
  2. Multicast   : ke beberapa devices
  3. Anycast  : ke interface terdekat dalam satu group.

IPv6 tidak mengenal broadcast address, sehingga rumus jumlah IP address tidak seperti ipv4 2n-2(net-ID dan Broadcast-ID), tapi 2n-1 (hanya net-ID saja). Pengaturan alamat IPv6 local/site local (private address) adalah :

FEC0:…………

IPv6 Interface Identifiers (IPv6 IDs)

  • IDs pada alamat IPv6 digunakan untuk mengidentifikasi interface jaringan yang terhubung.
  • IPv6 IDs secara otomatis akan teridentifikasi pada saat komputer melakukan resolusi alamat (address resolution).

Format penulisan IPv6 IDs dapat dijelaskan sebagai berikut :

[–Link local 64 bit —][—net-id dari MAC address (64bit) —]

1111    1110 10[—nol semua][ 0000 0010  ……………………………….]

[   0       2     000C  [+FFFE]  5067FA ]

Vendor                             bebas

Sehingga –>                            [    0200 . 0CFF . FE50 . 67FA           ]

Contoh IPV6 IDs

Misalnya diketahui MAC address interface ethernet-0 sebuah router adalah       0010.7B3B.B530, maka interface tersebut akan memiliki alamat IPv6 sebagai berikut :

FE80::210:7BFF:FE3B:B530

Configurasi Interface Router dengan IPv6

Contoh Setting IPv6

  • R1 (config)#interface ethernet0
  • R1 (config-if)#ipv6 enable
  • R1 (config-if)#ipv6 address 2001:0:1:1::1/64
  • R1 (config-if)#no shut
  • R2 (config)#interface ethernet0
  • R2 (config-if)#ipv6 enable
  • R2 (config-if)#ipv6 address 2001:0:1:1::2/64
  • R2 (config)#interface serial0
  • R2 (config-if)#ipv6 enable
  • R2 (config-if)#ipv6 address 2001:0:1:2::1/64
  • R2 (config-if)#no shut

Melakukan test koneksi dengan PING, sebagai berikut :

R1 #ping ipv6 2001:0:1:1::2

Subnet IPv6

IPv6 dapat dibuat subnet address seperti pada IPv4 dengan maksimum bit adalah 128 (/128).  Untuk alamat IPv6 ini jika dibuat subnet tidak ada lagi Broadcast address, perhatikan contoh subnet berikut :

2001:0:1:1::4/126 terdiri dari :

  1. 2001:0:1:1::4  network-ID
  2. 2001:0:1:1::5  IPv6  pertama
  3. 2001:0:1:1::6  IPv6  kedua
  4. 2001:0:1:1::7  IPv6  terakhir

2001:0:1:1::10/124

  1. 2001:0:1:1::1(0000) 2001:0:1:1::10 network-ID
  2. 2001:0:1:1::1(0001) 2001:0:1:1::11 IPv6  pertama
  3. 2001:0:1:1::1(0010) 2001:0:1:1::12  IPv6  kedua
  4. 2001:0:1:1::1(0011) 2001:0:1:1::13 IPv6  ketiga
  5. …………………..dst….
  6. 2001:0:1:1::1(1111) 2001:0:1:1::1F  IPv6  terakhir (ke-15)

VLAN (Virtual Local Area Network)

VLAN adalah sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan  sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda.

 

 

 

 

 

Keuntungan VLAN:

  1. Security
  2. Cost reduction
  3. Higher performance
  4. Broadcast storm mitigation
  5. Improved IT staff efficiency
  6. Simpler project or application management

Tipe Koneksi VLAN

  1. Trunk Link
  2. Access Link
  3. Hibrid Link (gabungan)

Jenis-jenis VLAN

  1. Port based
  2. MAC based
  3. Protocol based
  4. Authentication based

Terminologi VLAN

  1. VLAN Data : VLAN Data adalah VLAN yang dikonfigurasi hanya untuk membawa data-data yang digunakan oleh user.
  2. VLAN Default : Semua port switch pada awalnya menjadi anggota VLAN Default. VLAN Default untuk Switch Cisco adalah VLAN 1
  3. Native VLAN : Native VLAN dikeluarkan untuk port trunking 802.1Q. port trunking 802.1Q mendukung lalu lintas jaringan yang datang dari banyak VLAN (tagged traffic) sama baiknya dengan yang datang dari sebuah VLAN (untagged traffic).
  4. VLAN Manajemen : VLAN Manajemen adalah VLAN yang dikonfigurasi untuk memanajemen switch. Kita dapat memberi IP address dan subnet mask pada VLAN Manajemen, sehingga switch dapat dikelola melalui aplikasi misalnya HTTP.
  5. VLAN Voice : VLAN yang dapat mendukung Voice over IP (VoIP).

VLAN-Routing-1

Konfigurasi pada gambar berikut terdiri dari 5 network, 3 dari 5 network merupakan VLAN(Virtual-LAN).  Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Untuk mengkonfigurasi agar network pada VLAN dapat terhubung dengan network lain dengan menghubungkan salah satu port switch dengan tipe TRUNK pada suatu Router. Sedangkan untuk network sebagai member VLAN menggunakan tipe ACCESS. Langkah awal untuk menghubungkan ketiga VLAN pada gambar tersebut yakni dengan melakukan konfigurasi pada Switch yang terhubung ke router dengan menambah 3 VLAN dengan ID berbeda(30, 40, dan 50) :

Switch#vlan database

Switch(vlan)#vlan 30 name vlan-30

Switch(vlan)#vlan 40 name vlan-40

Switch(vlan)#vlan 50 name vlan-50

Memasukkan port sesuai dengan fungsinya, misalnya TRUNK atau ACCESS. Trunk adalah port yang terhubung ke router, sedangkan access untuk port yang terhubung ke kelompok VLAN, sbb :

Switch(conf)#interface FastEthernet0/1

Switch(conf-if)#switchport mode trunk

Switch(conf)#interface FastEthernet0/2

Switch(conf-if)#iswitchport access vlan 30

Switch(conf)#interface FastEthernet0/3

Switch(conf-if)#switchport access vlan 40

Switch(conf)#iinterface FastEthernet0/4

Switch(conf)#iswitchport access vlan 50

Untuk konfigurasi pada router, menggunakan salah satu port tertentu pada router dan terhubung ke salah satu port di switch bertipe TRUNK. Untuk mengkonfigurasi pada port router, dengan membuat port tersebut dengan beberapa vlan, yakni dengan istilah sub-interface, sbb:

R2(conf-if)#interface GigabitEthernet0/0.30

R2(conf-if)#encapsulation dot1Q 30

R2(conf-if)#ip address 192.168.3.1 255.255.255.0

R2(conf-if)#interface GigabitEthernet0/0.40

R2(conf-if)#encapsulation dot1Q 40

R2(conf-if)#ip address 192.168.4.1 255.255.255.0

R2(conf-if)#interface GigabitEthernet0/0.50

R2(conf-if)#encapsulation dot1Q 50

R2(conf-if)#ip address 192.168.5.1 255.255.255.0

Kemudian untuk menghubungkan ke-5 network tersebut pada masing-masing router dapat digunakan konfigurasi routing, bisa menggunakan static maupun dynamic.