TOP

Belajar dari Gagasan Dave Ulrich

Banyak sekali tulisan yang menyebutkan tentang pembentukan SDM, dari yang biasa-biasa saja menjadi SDM pemenang atau melejitkan prestasi SDM, salah satunya gagasan yang disampaikan oleh Dave Ulrich (1997), ada empat peran SDM guna membangun organisasi yang kuat, fleksibel, adaptif dan kompetitif yang berujung pada organisasi pemenang.

Keempat peran SDM tersebut adalah :

–         Strategic human resources
–         Management of firm infrastrukture
–         Management of employee contribution
–         Management of transformation and change

Peran yang pertama adalah Strategic human resources, berbicara tentang penyelarasan antara manajemen SDM dengan strategi bisnis secara menyeluruh, menyesuaikan antara visi SDM dengan visi organisasi.

Peran kedua, management of firm infrastructure, sudut pandang berada pada proses dan operasional sehari-hari. Hasil yang diharapkan dalam peran kedua ini adalah infrastruktur yang efisien, sehat dan produktif. Kegiatan pokok adalah melakukan rekayasa ulang menuju perbaikan terhadap proses organisasi. Dengan dibangunnya infrastruktur organisasi yang diperkuat oleh teknologi menjadi agenda utama pada peran management of firm infrastructure.

Peran ketiga, management of employee contribution, adalah untuk meningkatkan loyalitas dan kemampuan karyawan. Loyalitas berhubungan dengan motivasi dan etos, tidak sekadar uang. Sementara kemampuan bersinggungan dengan keahlian, kecakapan dan kecepatan dalam merespons suatu persoalan. Meningkatkan kemampuan melalui pelatihan, coaching dan mentoring. SDM yang loyal dan mempunyai kemampuan akan selalu memberi kontribusi bagi organisasi. Dalam banyak kasus karyawan akan merasa berperan dan dihargai apabila ia berkontribusi pada perusahaan, tidak sekadar menjadi parasit.

Peran yang terakhir adalah management of transformation and change. Inilah peran paling sulit karena bersinggungan dengan orang, strategi dan masa depan. Transformasi manajemen sendiri merupakan suatu metodologi yang komprehensif dari  program percepatan pembaruan organisasi (perusahaan). Desain utamanya adalah membawa organisasi ke arah yang lebih produktif dengan tingkat keuntungan yang tumbuh secara sinambung. Unsur trust, komitmen dan work excellent menjadi dominan untuk dijalankan. Saling percaya yang didasari komitmen yang kuat dari seluruh jajaran organisasi akan mempermudah pencapaian tujuan perusahaan.

Agenda yang perlu dilakukan dalam proses management of transformation and change adalah :

1 Perencanaan pengembangan SDM yang komprehensif, bersifat proaktif dan jangka panjang
2 Ukuran sukses investasi SDM sesuai dengan model sukses bisnis yang telah disepakati.

7 comments. Leave a Reply

  1. Bagus skali. Akan tetapi itu adalah peran dari organisasi.
    Lalu untuk pengembangan SDM dari individu-individu dalam organisasi, bagaimana posisinya?
    Atau bagaimana teknis dan pengaruh individu terhadap pengembangan SDM organisasi?

  2. Saya sangat setuju dengan 4 gagasan dari Dave Ulrich (1997), untuk bisa dilaksanakan seluruhnya perlu seorang pemimpin yang hebat yang mampu memotivasi bawahannya untuk melaksanakan keempat hal tersebut.

  3. mantap jaya

  4. Saya sangat setuju dengan 4 gagasan dari Dave Ulrich (1997), untuk bisa dilaksanakan seluruhnya perlu seorang pemimpin yang hebat yang mampu memotivasi bawahannya untuk melaksanakan keempat hal tersebut. saya sangat setuju hehehe.. terima kasih ini sangat membantu sekali 🙂

  5. setuju leader yang seperti itu yang di cari hehe

  6. artikel yang menarik sekali terimakasih sudah sharing ilmunya, sangat menginspirasi

  7. The posts are actually educational as well as highly useful. thanks for this post

Leave a Reply

Your email is never published nor shared.

You may use these HTML tags and attributes:<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Skip to toolbar