Ciri-ciri HP sedang Disadap dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri HP sedang Disadap dan Cara Mengatasinya

Perkembangan teknologi canggih seperti saat ini kejahatan semakin merajalela, seperti halnya penyadapan HP. Jadi, Sebagai pengguna HP harus waspada dan mengetahui ciri-ciri disadap. Selain itu, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi HP disadap dengan benar dan cepat.

5 Ciri-ciri HP sedang Disadap dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya mengetahui ciri-ciri HP disadap sangatlah mudah. Namun, karena minimnya pengetahuan sehingga tidak menyadari jika HP sedang disadap. Nah, selengkapnya berikut ini 5 ciri-ciri HP anda sedang disadap dan harus diwaspadai.

  1. Muncul Iklan Aneh

Ciri-ciri pertama yang menunjukkan jika HP anda sedang disadap yaitu muncul banyak sekali iklan aneh. Bahkan, iklan tersebut cenderung muncul tidak beraturan dan sangat mengganggu. Biasanya iklan tersebut bisa muncul karena download aplikasi tidak resmi.

Tentunya aplikasi resmi seperti ini bisa memudahkan HP disadap. Maka dari itu jika HP anda muncul iklan sangat mengganggu seperti ini sebaiknya segera lakukan pemeriksaan mengenai aplikasi yang sudah didownload dan hapus jika perlu.

  1. Menerima SMS dengan Huruf Aneh

Ciri-ciri lain HP sedang disadap yaitu sering menerima sms dengan huruf atau kalimat aneh. Maksudnya seperti pesan dengan simbol, digit dan karakter aneh. Bahkan, terkadang SMS yang anda terima mungkin bersifat spam atau secara terus-menerus.

Sebenarnya pesan aneh tersebut merupakan bentuk komunikasi dengan kreator. Jika menjumpai SMS atau pesan seperti ini, segera lakukan upaya penanganan agar akun atau data-data penting terselamatkan.

  1. Baterai Cepat Habis

Apakah anda merasa baterai cepat habis sekalipun tidak digunakan? Jika benar, itu menjadi salah satu ciri-ciri HP sedang disadap. Hal tersebut terjadi karena dibalik aktivitas yang anda lakukan terdapat aktivitas lain di balik layar.

Maka dari itu untuk mengetahui kepastiannya, bisa mengecek pada menu pengaturan baterai. Disana akan tertera jelas Apa saja aplikasi yang mengkonsumsi banyak baterai. Setelah mengetahuinya Anda bisa mengeceknya apakah aplikasi tersebut resmi atau tidak.

  1. Kuota Internet Cepat Habis

Ciri-ciri lain HP sedang disadap yaitu kuota internet habis dalam waktu singkat sekalipun tidak digunakan. Hal tersebut terjadi karena dibalik layar terdapat aktivitas tersembunyi untuk mencari informasi atau data-data penting di HP yang dilakukan oleh penyadap.

Selain itu, habisnya kuota internet juga disebabkan karena untuk melancarkan aktivitas penyadap. Maka dari itu jika anda merasa curiga mengenai habisnya internet, cara cek HP disadap dengan mengecek pada menu pengaturan penggunaan data.

  1. HP Jadi Lemot

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan HP menjadi lemot karena banyaknya aplikasi dan ruang penyimpanan kecil. Selain itu, ternyata HP lemot juga bisa disebabkan karena HP sedang disadap oleh orang tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut terjadi karena penyadap pasti menggunakan banyak sekali sumber daya di HP untuk melakukan aksinya. Maka dari itu Anda harus curiga jika hp jarang digunakan tapi lemot, sudah pasti disadap dan harus segera diatasi.

3 Cara Mudah Mengatasi HP Disadap

Setelah mengetahui ciri ciri HP disadap, ketahui juga bagaimana cara mengatasinya agar permasalahan tersebut segera teratasi. Lebih tepatnya berikut ini ada tiga cara untuk mengatasi HP disadap dengan cepat dan tentunya mudah.

  1. Instal Ulang Aplikasi

Cara pertama untuk mengatasi HP disadap yaitu dengan hapus aplikasi tidak resmi. Mengingat aplikasi seperti ini menyebabkan virus atau malware yang dapat merusak keamanan HP. Biasanya ciri-ciri HP disadap akan muncul aktivitas aneh berasal dari aplikasi tertentu.

Maka dari itu segera hapus aplikasi tersebut dan jangan lupa menghapus semua data yang masih ada. Selain itu, jika ingin instal aplikasi sebaiknya mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Bahkan, jika diperlukan Tidak ada salahnya jika mengaktifkan pemindai sidik jari.

  1. Nonaktifkan Akun

Menonaktifkan akun juga menjadi salah satu upaya untuk mengatasi HP yang disadap. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi aktivitas yang merugikan pemilik seperti menyebarkan informasi hoax, penipuan dan tindak kejahatan lainnya.

Beberapa akun yang harus anda nonaktifkan seperti WhatsApp, m-banking dan lainnya. Sedangkan untuk menonaktifkannya bisa mengajukan email secara langsung ke situs resmi aplikasi tersebut. Nantinya, Anda bisa mencoba untuk membuat akun baru.

  1. Lakukan Factory Reset

Cara mengecek hp disadap dan cara mengatasinya yaitu melakukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik. Jadi, dengan menerapkan cara ini memungkinkan HP akan kembali ke awal tanpa adanya File atau akun apapun.

Selain itu, menerapkan cara ini juga memungkinkan HP tersembunyi yang menyebabkan terjadinya sadap HP bisa terhapus. Dengan kata lain, aktivitas sadap HP tersebut akan berhenti begitu saja dan resiko buruk lain tidak akan terjadi.

Itulah penjelasan mengenai ciri-ciri HP sedang disadap dai Indozone dan cara mengatasinya dengan mudah. Jadi, jika hp menunjukkan ciri-ciri tersebut patut untuk dicurigai dan segera lakukan tindakan dan cara penanganan yang tepat.

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.