Perencanaan Strategis SI/TI
Penggunaan sistem dan teknologi informasi (STI) sudah melekat pada organisasi, kebanyakan bahkan mungkin semua organisasi telah menerapkan STI. Kecepatan dan akurasi informasi merupakan satu hal yang “dicari” dengan menerapkan STI. Tetapi tidak semua penerapan STI memberikan kontribusi positif bagi organisasi. Sebagian dianggap hanya memboroskan anggaran dan tidak memberikan kontribusi pada pelayanan organisasi kepada stakeholder. Awalnya hanya sebuah keresahan dari setiap organisasi melihat kontribusi STI yang diterapkan masih belum optimal, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, organsasi sudah mulai terbuka bahwa STI harus dikelola bahkan harus direncanakan secara matang sebelum diterapkan.
Pada tulisan ini, dibahas tentang bagaimana STI dikelola dan direncanakan. Ada dua perspektif, pertama dari sisi tata kelola STI dan kedua dari sisi perencanaan strategis. Tulisan ini masih sangat umum, belum begitu detil dan tajam membahas kedua perspektif tersebut. Tulisan ini lebih fokus sebagai pengantar untuk masuk kepada kedua perspektif tersebut.
File yang dapat Anda manfaatkan:
Belajar … belajar … belajar
Sebuah kisah tentang direksi di jajaran Daihatsu Motor, kisahnya cukup inspiratif bagi saya dan semoga juga untuk Anda. Kisah ini saya dapatkan dari SWA digital pada 7 Agustus 2012.
Karena saya bertanggung jawab terhadap pemasangan mesin dan lainnya, maka saya kerap kerja hingga pukul 1 atau 2 pagi dan harus ke kantor lagi pukul 05.30 pagi karena jadwal kerja yang padat. Itu saya lakukan dengan kesadaran saya sendiri, tidak ada yang memerintah.
Beliau adalah satu-satunya dan pertama kali orang luar Jepang yang bisa menduduki posisi direksi Daihatsu Motor (DMC). Beliau telah membuktikan kemampuannya selama menjalani karier di Grup Astra hingga bisa mencapai posisi puncak seperti sekarang.
Namun, asal tahu saja, beliau masuk ke Grup Astra dengan berbekal ijazah ST, lalu, di tengah-tengah kesibukan kerjanya, ia sempatkan mengikuti kuliah di Universitas Terbuka hingga meraih gelar sarjana jurusan administrasi niaga. Toh, di luar itu, Sudirman menempa dirinya dengan banyak belajar, belajar, dan terus belajar.
File lengkap tentang beliau bisa Anda unduh disini Belajar… Belajar… Belajar
Link aslinya ada di http://swa.co.id/ceo-interview/sudirman-mr-belajar-belajar-belajar
Sistem dan Teknologi Informasi pada LKM dan Perbankan
Seperti kita bersama, penggunaan Sistem dan Teknologi Informasi (STI) sudah begitu dibutuhkan pada setiap organisasi. Tidak hanya di negara maju tetapi juga di negara sedang berkembang, penggunaan STI menjadi sangat berarti. Pada bagian berikut ini penulis sajikan empat cuplikan penerapan STI di negara berkembang bahkan mungkin masih tergolong negara ketiga. Dari empat cuplikan tersebut lebih banyak disajikan penerapan STI di lingkungan perbankan dan lembaga keuangan mikro (LKM).
Tulisan lengkap tentang ulasan empat penerapan STI pada negara-negara teresbut dapat diunduh disini Sistem dan Teknologi Informasi pada LKM dan Perbankan. Sedangkan file referensi yang berfungsi sebagai daftar pustaka dapat diunduh di tautan berikut ini:
- ICT Usage in Microfinance Institutions in Uganda
- FACTORS AFFECTING BANK STAFF ATTITUDE TOWARDS E-BANKING ADOPTION IN LIBYA
- ICT BANKING STRATEGIES DESIGNED TO GROW AND RETAIN E-COMMERCE – ALTERNATE DELIVERY CHANNELS’ CUSTOMER BASE
- THE IMPACT OF INFORMATION TECHNOLOGY ON IMPROVING BANKING PERFORMANCE MATRIX – JORDANIAN BANKS AS CASE STUDY
Basic concepts – understanding information (#2)
Menyambung tulisan terdahulu, berikut adalah bagian kedua yang membahas bagaimana data diolah menjadi informasi, nilai informasi, sumber informasi, dan karakteristik informasi.
Filenya bisa Anda unduh disini DATA DAN INFORMASI 2. 🙂 Semoga bermanfaat, kalo ada komentar dan saran sangat diijinkan.
IT Service Management
Beberapa waktu lalu sempat berdiskusi tentang layanan, ya, layanan apapun, tetapi karena dasarnya kita orang Sistem dan Teknologi Informasi (STI) ujung-ujungnya membahas layanan STI. Layanan STI yang kita bicarakan ada diluar Indonesia, dan sudah bisa diduga ujungnya pasti sedikit menjelekkan layanan STI di negara kita 😀 . Tetapi sebenernya kita pengen STI Indonesia maju dan berkembang seperti di negara maju yang STI-nya sudah begitu mature. Saat itu saya dan beberapa teman sedang menunggu MRT di stasiun Little India, Singapura.