RSS
 

Mengelola Komunikasi dan Brand

11 Jun

Beberapa waktu lalu saya bersama seorang teman dosen, sebut saja Thomas Hanandry Dewanto dan dua mahasiswa Desain Komunikasi Visual, Agung Dwi Kurnianto dan Ananggadipa Candrika Adi, bersilaturahim ke kantor portal centroone.com di Ruko Pakuwon Indah Surabaya. Kunjungan ini kami lakukan setelah saya diminta vice presdir-nya untuk mengunjungi bisnis barunya itu.

Perkenalan saya dengan Pak Ferdinand, demikian nama vice presdir itu, terjadi ketika kami sama-sama ingin membunuh kejenuhan di Bandara Soekarno-Hatta saat keberangkatan pesawat menuju Surabaya harus ditunda akibat mengalami keterlambatan. Dari perbincangan yang awalnya sekedar basa-basi itu, melahirkan diskusi yang gayeng. Bisnis media yang baru saja dibuka itu nyambung dengan bidang saya di bidang media, komunikasi, dan jurnalistik.

Dalam komunikasi, nyambungnya pesan yang disampaikan komunikator dan komunikan ini karena ada kesamaan frame of reference dan field of reference sehingga melahirkan komunikasi yang efektif. Pembicaraan pak Ferdinand tentang bisnis medianya ternyata sejalan dengan bidang yang saya geluti selama ini. Demikian pula dengan pengalaman-pengalaman dia tentang jatuh bangun dalam bidang tulis menulis dan pengelolaan media.

Kepercayaan yang mulai terbangun ini semakin diteguhkan dengan pengakuan saya sebagai dosen Multimedia dan    Desain Komunikasi Visual Stikom Surabaya. Kendati dia tidak pernah tahu secara fisik bangunan kampus tersebut, tetapi nama Stikom cukup familiar di telinganya, khususnya hal yang berkaitan dengan komputer. Di sinilah kemudian dia mulai ‘curhat’ dengan bisnis barunya. Tentu saja seputar tampilan visual yang telah di-launching bulan Mei 2011 itu.

Baginya, kapasitas saya sebagai dosen Stikom Surabaya tentu dianggap memiliki kemampuan untuk menilai tampilan visual portal centroone.com. Stikom cukup memiliki nama di antara jajaran perguruan tinggi di Surabaya. Konsekuensi logisnya adalah siapapun, terutama mahasiswa dan dosennya dianggap mumpuni dalam bidang-bidang yang bersentuhan dengan teknologi, komputer, media, atau web. Next page…

 
No Comments

Posted in IMC

 

TUGAS PENGGANTI UAS PROSKOM

05 Jun

Program Perencanaan Komunikasi dewasa ini menjadi amat penting dalam rangka mengomunikasikan program, baik profit maupun nonprofit, komersial maupun sosial, agar bisa sampai di masyarakat secara efektif dan komunikatif. Tentu saja hal ini membutuhkan perencanaan yang matang. Tugas ini berkaitan dengan bagaimana Anda mampu membuat proposal project untuk sebuah program perencanaan komunikasi. Anda diminta menganalisis masalah, menggunakan strategi komunikasi, memilih media (ATL dan BTL) yang tepat, serta mampu memprediksi dampak program sekaligus mengevaluasi. Tugas ini juga meminta Anda untuk mampu mempresentasikan program Anda dengan optimal sehingga menarik klien dan berminat dengan tawaran proposal Anda.

klik : TUGAS PENGGANTI UAS PROSKOM

 

 
No Comments

Posted in KULIAH

 

TUGAS PENGGANTI UAS KAV

05 Jun

Tidak semua iklan audio visual yang muncul di televisi menjadi komunikatif. Hal ini disebabkan tidak adanya konsep iklan yang jelas. Sebuah konsep iklan sesungguhnya bisa menggunakan konsep ideasi dan media (sosial dan teknologi). Kedua konsep ini tidak saja mampu menggambarkan iklan dengan ramah sebagaimana kode-kode sosial tetapi juga komunikatif. Tugas ini berkaitan dengan bagaimana Anda mampu menganalisis iklan audio visual dari sudut pandang ideasi dan mediasi (sosial dan teknologi). Dari sini Anda diharapkan mampu mengkritisi sebuah iklan dari sudut pandang komunikasi sehingga Anda bisa memprediksi apakah iklan tersebut komunikatif atau tidak.

klik : TUGAS PENGGANTI UAS

 
No Comments

Posted in KULIAH

 
Page 25 of 34« First...1020...2324252627...30...Last »
 
Skip to toolbar