RSS
 

Hemat Listrik

03 Nov

Karya: Adi Sugiharto

Gambar : Adi Sugiharto

Budaya masyarakat, terutama sebagian besar masyarakat metropolis yang tinggal di perkotaan dengan tingkat ekonomi atas. Sebagain besar masih kurang perduli dengan penggunaan energi listrik. Berbagai kampanye ajakan hemat listrikpun di dengungkan di mana-mana. Tapi tetap saja hal tersebut masih belum efektif.

Lewat bentuk iklan poster layanan masyarakat semacam ini, diharapkan kesadaran masyarakat terutama untuk segmen menengah atas yang memiliki gaya hidup mewah tetap memiliki kesadaran tinggi terhadap penggunaan energi listri. Pendekatan yang ingin disentuh adalah bahwa kebanyakan golongan masyarakat ini yang selalu tampil trendi, elegan, dan mewah akan kesulitan seandainya di rumah mereka tidak ada listrik atau penerangan. Tentu saja mereka tidak dapat bersolek, mengaca, dan berdandan tanpa adanya penerangan yang cukup. Belum h al-hal lain yang bergantung dengan listrik. Kehidupan mereka pasti akan sangat kacau dengan ketergantungan terhadap listrik. Mau tidak mau menuntut mereka untuk berfikir kembali dalam hal penggunaan energi listrik ini. Harus lebih hemat dan bijak.

Visual yang disajikan adalah seorang wanita seksi sedang berdandan di depan kaca. Meskipun cahaya dari lampu sangat minim yaitu secara visual hanya digambarkan dengan lampu kecil, tetapi membawa dampak yang signifikan. Artinya sekecil apapun cahaya tersebut tetap dibutuhkan agar mereka dapat berias, berdandan, dan bersolek. Bagaimana seandainya tidak ada cahaya listri. Mereka tentu akan kesulitan. Penonjolan pada unsur visual, diharapkan perhatian masyarakat dapat langsung tertuju pada iklan tersebut (point of interest). Pemilihan model serta bentuk kostum juga sangat menentukan dalam hal ketertarikan atau daya tarik audiens. Makanya dipilihkan wanita cantik dengan berbadan seksi.


 
2 Comments

Posted in KULIAH

 

Go Green

03 Nov

Karya:  Ananggadipa Candrika Adi

Gambar: Ananggadipa Candrika Adi

Konsep iklan saya mengambil tema go green. Saat ini penghijauan perlu karena bumi semakin ekstrim dengan apa yang dilakukan manusia. Mulai dari cuaca, tingkah laku, dan sebagainya. Oleh karena itu saya mengambil tema go green.

 Kebanyakan iklan mengajak kita untuk go green dengan menampilkan bentuk tumbuhan, namun saya menyatukan teknologi dengan alam yaitu produk Macbook Pro. Dengan konsep go green, saya memadukan Macbook dengan warna hijau. Ini karena hijau itu global dan memiliki terkesan fresh, sesuai dengan tema yaitu go green.

Unsur go green tidak lepas dari tumbuhan. Dalam hal ini adalah rumput. Macbook Pro diganti dengan kulit rumput yang hijau. Ada beberapa makna yang tersirat, di antaranya adalah menunjukkan bahwa bersama apple inc. Kita bisa menghijaukan  bumi kita. Kita dapat bekerja sama dengan baik, dalam menata bumi ini. Namun apple inc. sendiri bisa sekaligus mempromosikan produk Macbook Pro-nya, karena Macbook Pro sendiri adalah teknologi yang ramah lingkungan.

Jadi dua hal sekaligus yang dapat tersampaikan dalam poster ini. Kombinasi warna dari apple inc. sendiri yaitu abu abu dan putih yang menjadi brand.

 
13 Comments

Posted in KULIAH

 

Melestarikan Budaya Batik Solo

03 Nov

Karya: Yefune Eka Putra

Gambar: Yefune Eka Putra

Konsep yang diusung dalam iklan ini adalah pelestarian budaya batik Solo khususnya pada blangkon. Dari segi visual disajikan blangkon, secarik kertas yang bertuliskan “Lestarikan Budaya Batik Solo”  dengan pena bulu burung bermotif batik. Kentalnya suasana batik pada gambar visual tersebut mengingatkan bagi orang yang melihatnya bahwa kita masih mempunyai budaya yang memang asli dari kebudayaan kita, bukan milik negara lain yang sempat ada rumor batik di klaim oleh negara lain.

Segmentasi pada poster ini ditujukan pada seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini untuk membangkitkan kesadaran sekaligus menghargai karya leluhur yang menciptakan suatu kebudayaan dimasa lalu.

 

 
3 Comments

Posted in KULIAH

 
Page 12 of 34« First...1011121314...2030...Last »
 
Skip to toolbar