Karya: Ananggadipa Candrika Adi
Konsep iklan saya mengambil tema go green. Saat ini penghijauan perlu karena bumi semakin ekstrim dengan apa yang dilakukan manusia. Mulai dari cuaca, tingkah laku, dan sebagainya. Oleh karena itu saya mengambil tema go green.
Kebanyakan iklan mengajak kita untuk go green dengan menampilkan bentuk tumbuhan, namun saya menyatukan teknologi dengan alam yaitu produk Macbook Pro. Dengan konsep go green, saya memadukan Macbook dengan warna hijau. Ini karena hijau itu global dan memiliki terkesan fresh, sesuai dengan tema yaitu go green.
Unsur go green tidak lepas dari tumbuhan. Dalam hal ini adalah rumput. Macbook Pro diganti dengan kulit rumput yang hijau. Ada beberapa makna yang tersirat, di antaranya adalah menunjukkan bahwa bersama apple inc. Kita bisa menghijaukan bumi kita. Kita dapat bekerja sama dengan baik, dalam menata bumi ini. Namun apple inc. sendiri bisa sekaligus mempromosikan produk Macbook Pro-nya, karena Macbook Pro sendiri adalah teknologi yang ramah lingkungan.
Jadi dua hal sekaligus yang dapat tersampaikan dalam poster ini. Kombinasi warna dari apple inc. sendiri yaitu abu abu dan putih yang menjadi brand.
Ananda Tenri Arafah
December 2, 2012 at 10:24 pm
Nama : Ananda Tenri Arafah
NIM : 10.42010.0069
Kritikan dan analisa poster 🙂
konsep yang di ambil sangat bagus mengingat issue dunia saat ini yang sangat gencar adalah tentang kondisi alam geografis bumi yang kian tergerus dan semakin terpuruk oleh perbuatan manusia demi kelangsungan hidup manusia. Visual concept yang diambil menurut saya biasa saja, karena memang sudah banyak yang konsep – konsep poster seperti ini, bisa di lihat dari website http://www.demilked.com yang sudah banyak melakukan inovasi poster Go Green.
Ditampakkan visual Macbook yang dilapisi rumput, background putih bersih seperti pada umumnya karakter Apple.inc , lalu terdapat headline “Save World With Us”, grafis meliuk abu-abu transparant dan logo Macbook. Secara komposisi sangat bagus, pemilihan warna pas, dan sudah memenuhi tata letak cara urutan membaca poster yang baik. Pembaca diarahkan dari objek laptop, lalu headline, bakcground dan terakhir logo.
Mengapa yang di ambil adalah laptop merk Macbook ? mengapa background, font begitu simple dan rapi ? ya, menurut saya secara STP , Segmentasi poster yang bibuat adalah untuk kalangan menengah ke atas dan target nya adalah pengguna barang keluaran Apple Inc. Target poster usia 20-30 tahun karena dari Headline yang berusaha memprovokasi pengguna Apple. Secara psikografis, karakter poster ini ditujukan pada masyarakat urban atau masyarakat perkotaan yang menyukai atribut yang sederhana namun berkelas. Dan poster ini mungkin akan di gunakan sebagai poster kampanye anti global warming namun memakai nama Macbook dimana macbook sudah tercitra sangat bagus dan canggih di benak masyarakat seluruh dunia. Karena siapa sih yang tidak tahu Macbook ?.
Prediksi saya poster ini kurang cukup kuat dan akurat jika ingin mengajak masyarakat untuk keep your world with apple and makes world comes be better place. Namun sangat menjadi kuat dan akurat untuk mengajak masyarakat berbondong-bondong membeli Macbook. Karena dari headline nya mengatakan bahwa menjaga bumi bersama kami (Macbook), berarti secara tidak langsung mendorong masy. untuk membeli. Attention, Interest, Desire dan Action dari poster ini cukup bagus, namun tidak membuat masy. merasa WOW dan tidak membuat kaget seperti Gorilla’s Advertising. Padahal jika di inovasi, objek poster bisa menjadi hal yang membuat para pengguna jalan (jika billboard) dan pembaca (jika di majalah dll) itu bisa berhenti untuk hanya sekedar melihat-lihat ke unikan poster. Semoga Poster berikut nya lebih inovatif, imajinatif, dan Provokatif.
10.42010.0013
December 4, 2012 at 5:42 am
Menurut saya konsep yang digunakan cukup bagus dengan menggabungkan teknologi dan alam.
mengingat dalam era global sekarang perkembangan teknologi sangat meningkat pesat, akan tetapi kenapa teknologi yang digunakan macbook pro?
Macbook Pro kan produk untuk kalangan menengah ke atas berati produk ini hanya mengajak orang dari kalangan menengah ke atas saja untuk menyelamatkan dunia dari global warming.
dari segi baground sangat elegan dan menarik dengan hiasan garis yang meliuk-liuk dengan warna abu-abu. Sedangkan dari teks yang “safe world with us” kenapa memakai warna yang sama dengan garis yang meliuk-liuk? jadi tulisannya jika dilihat tidak begitu jelas karena menyatu dengan bagrounnya.
prediksi poster ini menurut saya hanya bisa mempengaruhi orang yang menengah ke atas saja karena kalangan masyarakat yang menengah ke bawah masi banyak yang tidak mengerti apa itu Macbook Pro.
10420100051
December 4, 2012 at 5:52 am
10420100051
dari segi konsep poster sudah bagus karena sekarang ini banyak kegiatan kegiatan untuk mencintai lingkungan di lakukan.. tapi dari poster yang saya lihat kurang mengena pada masyarakat walaupun pada maksud di buat poster seperti itu agar terkesan simple namun tepat.
coba apa bila yang membaca iklan poster tersebut orang yang tidak mengetahui produk apple atau orang2 yang belum terlalu mengenal gadget apakah akan tetap terbaca kalau produk apple ramah lingkungan? dan apakah mereka tertarik untuk melihat iklan poster tersebut?, pada dasarnya iklan poster di buat untuk dapat dimengerti banyak orang salah satunya untuk jenis iklan yang isinya bertemakan seperti ini, jadi harus lebih tepat dan komunikatif di banding harus menyertakan produk yang ramah lingkungan, apa lagi teknologi yang saya tahu tetap menimbulkan limbah yang tidak ramah lingkungan. dan mengapa iklan poster ini mempromosikan produk apple inc yang di kemas dalam iklan poster untuk ajakan peduli terhadap lingkungan. sedangkan produk apple itu cenderung banyak diminati karena dari segi spesifikasi yang canggih ,itu lebih diminati dibanding menunjukan produk ramah lingkungan..
semoga dapat membantu.
10.42010.0044 ( rizky julian pratama )
December 4, 2012 at 5:48 pm
rizky julian P ( 10.42010.0044 )
Dengan mengambil tema go green serta merubah macbook pro yang identik dengan elegan merupakan konsep yang unik dikarenakan dengan adanya warna hijau yang mengandung tema go green, identik dengan alam yang bisa mempersepsi masyarakat untuk nyaman menggunakan produk tersebut dalam artian warna hijau membuat suasana menjadi sejuk, tidak jenuh untuk melihatnya dan menggunakan produk tersebut. 😀
Eka Satriawan
December 4, 2012 at 6:22 pm
Nama : Eka Satriawan K.W
NIM : 10420100057
menurut saya poster ini bagus karna komposisinya menggunakan 1/3 bagian dan menggunakan white space yang sangat banyak, white space sendiri sebagai ruang kosong, sangat besar pengaruhnya dalam sebuah layout. Ruang kosong bagaikan ruang yang disediakan untuk bernafas atau beristirahat, yaitu dengan cara memberi jarak antara gambar dengan tulisan.
untuk konsepnya sangat bagus karna dunia saat ini memang kondisinya sangat terpuruk oleh perbuatan manusia itu sendiri, oleh karna itu sekarang lagi marak poster poster Go Green.
menggunakan MACbook menurut saya sangat efektif karna Mac sendiri sangat terkenal.
yoda aji m (10420100017)
January 21, 2013 at 9:16 pm
Pendapat saya tentang poster di atas.
yang bertemakan go green sangatlah baik melihat dari sisi produk aple yang termasuk brand tingkat atas, membuat sebuah gebrakan terbaru untuk produknya, suatu harapan dan cita2 untuk ke indahan bumi kita di masa depan.
setelah saya lihat konsep dari poster ini , poster tersebut mengambil konsep natural dan di padukan dengan gaya minimalis design yang menggunakan warna warna abu abu,putih dan hijau untuk objeknya, kalau menurut saya sendiri kekurangan di poster yang si buat adalah dari segi kombinasi background dengan objek, kalau menuut saya lebih baik objek berada di tengah dengan bacground berwarna putih polos.
sehingga memnuat kesan mewah dan dapat mudah di mengerti oleh targetmarket kita.
jadi intinya design yang di buat baik dan mudah di cerna .
thiet ke noi that chung cu
March 16, 2016 at 10:51 am
Great post.
máy chấm công thẻ từ
May 4, 2016 at 4:41 am
Thanks for finally talking about >Go Green
dau doc ma vach gia re
May 7, 2016 at 6:04 pm
This paragraph is genuinely a fastidious one it helps new net visitors, who are wishing
in favor of blogging.
thiết bị kiểm soát ra vào
May 13, 2016 at 12:39 am
Hi there, I enjoy reading all of your article. I like to write
a little comment to support you.
brianna beach
June 5, 2016 at 8:07 am
Thanks for the article.Much thanks again. Fantastic.
wadiyo
June 26, 2016 at 4:41 pm
sebagai orang yang awam seni, menurutku bagus temanya dan patut di support.
terus tinggal bagaimana implementasinya?
thank
kursus komputer akuntansi
July 1, 2016 at 9:05 am
terima kasih.
kursus komputer akuntansi