RSS
 

Batik sebagai Warisan Budaya

03 Nov

Karya : Agung Dwi Kurnianto

Gambar: Agung Dwi Kurnianto

Konsep Karya :

Iklan ini menyampaikan bahwa budaya Indonesia merupakan bagian dari sejarah kita sendiri. Masyarakat dan budaya Indonesia tercipta bersama – sama. Alam, seni, adat istiadat menyatu menjadi sebuah budaya yang tak terpisahkan dan seiring berjalannya waktu .

Segmentasi iklan ini, untuk masyarakat menengah ke atas, di mana secara visual saya mengangkat batik untuk membangkitkan kecintaan terhadap salah satu hasil karya seni budaya masyarakat Indonesia. Sebelumnya batik hanya dipergunakan oleh kalangan – kalangan tertentu saja, namun dengan adanya kepedulian dari kita semua untuk membangkitkan semangat nasionalisme, hal ini diharapkan menjadi budaya baru di kalangan masyarakat modern.

 

 
7 Comments

Posted in KULIAH

 

Leave a Reply

 

 
  1. 10420100067

    December 2, 2012 at 8:59 pm

    konsep yang dibuat bagus. pusat perhatian mata langsung tertuju pada objek batiknya. akan tetapi sangat disayangkan disana tulisan “mengukir sejarah dengan budaya” sedikit menutup’i batik..

     
    • 10420100067

      December 4, 2012 at 6:53 pm

      menurut saya, konsep yang dibuat disini kuat. mengangkat unsur budaya indonesia. hal itu dapat diperkuat dengan teknik fotografi yang memfokuskan jari pembatik dengan kain batiknya.

      segmentasi pesaran iklan ini seharusnya tidak hanya diperuntukan bagi kalangan menengah keatas. karena ini mangangkat tema budaya maka secara keseluruhan seharusnya mewakili target market yang tidak terpetak -petak dalam menengah keatas atau ke bawah.

      sangat disayangkan font yang terdapat diatas batik itu sedikit terlalu naik ke atas. dan sedikit menganggu. secara keseluruhan pengambilan gambarnya bagus dan tepat.

       
  2. Annisa Tiara Kurniasari

    December 4, 2012 at 3:15 pm

    Menurut saya, konsep pada iklan ini sangat menarik, dengan mengangkat tema budaya dari Indonesia. Dengan konsep yang saya rasa sangat matang, iklan dengan desain yang sederhana dan tidak terlalu banyak menggunakan elemen tambahan pada pembuatanya ini dirasa begitu mengena pada penikmatnya

    Selain sang desainer mengangkat batik sebagai pembangkit kecintaan terhadap salah satu hasil karya seni budaya, saya rasa ini juga menarik untuk memperkenalkan batik secara lebih luas sebagai seni dari Indonesia.

    Dengan ilustrasi seseorang yang sedang memegang canting dan menggambarkan tinta (lilinnya) kepada sehelai kain dalam pembuatan batik itu sendiri. Saya rasa ini cukup mudah dipahami oleh masyarakat. Dimana sang desainer ingin menggambarkan akan sebuah sejarah dimana dalam iklan ini sang desainer memilih pembuatan batik sebagai ilustrasinya. Dengan memberikan headline yang singkat namaun menarik perhatian. peletakanya pun berada di bawah canting itu sendiri. Saya rasa ini yang menjadi point of interest, dari karya ini. Dengan menambah efek sedikit blur pada bagian-bagian sekitarnya, semakin membuat dan mengarahkan mata kepada point of interesnya.

    Menurut saya iklan ini sederhana, namun konsepnya matang dan eksekusinya mengena dan mudah dipahami.
    Sekian pendapat dari saya, Terima Kasih 🙂

     
  3. Annisa Tiara Kurniasari

    December 4, 2012 at 7:22 pm

    Menurut saya, konsep pada iklan ini sangat menarik, dengan mengangkat tema budaya dari Indonesia. Dengan konsep yang saya rasa sangat matang, iklan dengan desain yang sederhana dan tidak terlalu banyak menggunakan elemen tambahan pada pembuatanya ini dirasa begitu mengena pada penikmatnya

    Selain sang desainer mengangkat batik sebagai pembangkit kecintaan terhadap salah satu hasil karya seni budaya, saya rasa ini juga menarik untuk memperkenalkan batik secara lebih luas sebagai seni dari Indonesia.

    Dengan ilustrasi seseorang yang sedang memegang canting dan menggambarkan tinta (lilinnya) kepada sehelai kain dalam pembuatan batik itu sendiri. Saya rasa ini cukup mudah dipahami oleh masyarakat. Dimana sang desainer ingin menggambarkan akan sebuah sejarah dimana dalam iklan ini sang desainer memilih pembuatan batik sebagai ilustrasinya. Dengan memberikan headline yang singkat namaun menarik perhatian. peletakanya pun berada di bawah canting itu sendiri. Saya rasa ini yang menjadi point of interest, dari karya ini. Dengan menambah efek sedikit blur pada bagian-bagian sekitarnya, semakin membuat dan mengarahkan mata kepada point of interesnya.

    Menurut saya iklan ini sederhana, namun konsepnya matang dan eksekusinya mengena dan mudah dipahami oleh masyarakat.
    Sekian pendapat dari saya, Terima Kasih 🙂

     
  4. aditya arif perdana 10420100058

    January 21, 2013 at 9:54 pm

    Batik adalah budaya indonesia yang asli, batik juga merupakan bagian dari sejarah indonesia. Tagline yang dibuat sangat menggambarkan bahwa batik merupakan warisan budaya indonesia, dengan visual juga menggambarkan proses membatik.

     
  5. futanari

    June 5, 2016 at 3:53 am

    Great blog post. Keep writing.

     
  6. irmayanti

    May 16, 2017 at 8:03 pm

    Apakah iklan adalah media efektif untuk mempromosikan budaya di Indonesia? konsep iklan diatas sangat menarik karena mengangkat tema budaya di Indonesia

     
 
Skip to toolbar