RSS
 

Mengelola Komunikasi dan Brand

11 Jun

Beberapa waktu lalu saya bersama seorang teman dosen, sebut saja Thomas Hanandry Dewanto dan dua mahasiswa Desain Komunikasi Visual, Agung Dwi Kurnianto dan Ananggadipa Candrika Adi, bersilaturahim ke kantor portal centroone.com di Ruko Pakuwon Indah Surabaya. Kunjungan ini kami lakukan setelah saya diminta vice presdir-nya untuk mengunjungi bisnis barunya itu.

Perkenalan saya dengan Pak Ferdinand, demikian nama vice presdir itu, terjadi ketika kami sama-sama ingin membunuh kejenuhan di Bandara Soekarno-Hatta saat keberangkatan pesawat menuju Surabaya harus ditunda akibat mengalami keterlambatan. Dari perbincangan yang awalnya sekedar basa-basi itu, melahirkan diskusi yang gayeng. Bisnis media yang baru saja dibuka itu nyambung dengan bidang saya di bidang media, komunikasi, dan jurnalistik.

Dalam komunikasi, nyambungnya pesan yang disampaikan komunikator dan komunikan ini karena ada kesamaan frame of reference dan field of reference sehingga melahirkan komunikasi yang efektif. Pembicaraan pak Ferdinand tentang bisnis medianya ternyata sejalan dengan bidang yang saya geluti selama ini. Demikian pula dengan pengalaman-pengalaman dia tentang jatuh bangun dalam bidang tulis menulis dan pengelolaan media.

Kepercayaan yang mulai terbangun ini semakin diteguhkan dengan pengakuan saya sebagai dosen Multimedia dan    Desain Komunikasi Visual Stikom Surabaya. Kendati dia tidak pernah tahu secara fisik bangunan kampus tersebut, tetapi nama Stikom cukup familiar di telinganya, khususnya hal yang berkaitan dengan komputer. Di sinilah kemudian dia mulai ‘curhat’ dengan bisnis barunya. Tentu saja seputar tampilan visual yang telah di-launching bulan Mei 2011 itu.

Baginya, kapasitas saya sebagai dosen Stikom Surabaya tentu dianggap memiliki kemampuan untuk menilai tampilan visual portal centroone.com. Stikom cukup memiliki nama di antara jajaran perguruan tinggi di Surabaya. Konsekuensi logisnya adalah siapapun, terutama mahasiswa dan dosennya dianggap mumpuni dalam bidang-bidang yang bersentuhan dengan teknologi, komputer, media, atau web. Next page…

 
No Comments

Posted in IMC

 

Leave a Reply

 

 
 
Skip to toolbar