RSS
 

No Smoking

03 Nov

Karya: Dhika Yuan Risma

Dhika Yuan Yurisma

Dari ILM (iklan layanan masyarakat) ini saya mengambil tema bahaya asap rokok. Dalam image saya menampilkan sebatang rokok yang menyala, dan mengeluaran asap yang berubah menjadi sebuah bom waktu.

Dari segmentasi pasar, iklan ini ditujukan pada semua lapisan masyarakt yang mau peduli terhadap kesehatan. Dari segi persepsi saya ingin menimbulkan cara pandang orang bahwa rokok itu bisa menjadi bom waktu bagi kita semua, bukan hanya untuk si perokok bahkan untuk si perokok pasif juga, karena efek rokok akan timbul secara perlahan-lahan dan kemudian meledak layaknya bom waktu yang kita tidak tahu kapan meledaknya, untuk itu saya ingin masyarakat menyadari bahaya dari rokok tu sangat mempunyai efek yang sangat panjang dan akan merugikan banyak masyarakat.

Orang akan berpandangan lewat rokok ini bahwa rokok nantinya akan membunuh kita secara perlahan-lahan, hanya tinggal tunggu waktunya saja. Ini yang ingin saya share-kan ke publik.

 
7 Comments

Posted in KULIAH

 

Tags:

Leave a Reply

 

 
  1. 10420100034

    December 3, 2012 at 6:06 am

    dari konsep iklan layanan masyarakat diatas sudah cukup bagus.
    tetapi ada sedikit kejanggalan pada visualilsasi asap yang berubah menjai bom. lihat pada arah menit – menit waktunya. menurut saya, itu bukan seperti menit – menit ( penunjuk waktu) pada bom. itu terlihat seperti menit – menit pada jam tangan. biasanya kan pada penunjuk waktu pada bom itu berbentuk seperti jam digital yang bagian angka penunjuk waktunya berwarna merah.
    untuk teksline nya…
    akan lebih baik diberi penegasan pada kata “BOM” – nya dengan memberikan warna merah. ini dimaksudkan agar masyarakat memperhatikan maksud dari iklan tersebut. sedangkan dari bentuk font sendiri, kurang sedikit tegas. mungkin lebih baik menggunakan bentuk font yng mempunyai sudut – sudut yang runcing.

    untuk segmentasi pasarnya, saya setuju jika ini ditujukan ke semua lapisan masyarakat. namun untuk lebih diperhatikan lagi, untuk penempatan iklan ini juga harus diperhatikan. jika iklan ini di tempatkan di desa yang sebagian orang nya tidak mempunyai pengetahuan yang luas, maka iklan diatas tidak dapat terserap dengan baik oleh masyarakat sekitar.

    menurut saya akan lebih efektif jika iklan ini diletakkan di derah perkotaan yang pada umumya masyarakatnya mempunyai pengetahuan yang luas.

     
  2. Baharuddin Adam (10420100023)

    December 3, 2012 at 7:05 am

    Dengan takeline “layaknya BOM WAKTU” dan tampilan visual yang objek utamanya rokok, dengan ilustrasi rokok mengeluarkan asap yang menyerupai bom waktu. Sangat terlihat jelas apa maksud dari iklan ini, rokok berpengaruh buruk bagi kesehatan, dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan penyakit kanker dan menimbulkan kematian terhadap seorang perokok, baik perokok aktif maupun pasif.

    Dampak buruk bagi perokok tidak bisa langsung dirasakan, perokok akan mengalami kecanduan, dan seiring berjalannya waktu, zat-zat berbahaya akan masuk dan menumpuk di dalam tubuh, lambat laun akan memicu berbagai penyakit dan umumnya serangan jantung. Dan berujung pada kematian!

     
  3. 10420100016

    December 3, 2012 at 2:02 pm

    sebagian besar dari karya iklan kakak angkatan saya yang berada di blog ini konsepnya sudah JELAS dan bagus, jadi disini saya hanya berkomentar mengenai eksekusi hasil akhir pembuatannya saja.

    mungkin iklan layanan masyarakat yang satu ini sudah sering kita temui, dsini mungkin yang terlihat sangat jelas adalah tagline yang bertuliskan “layaknya bom waktu” disitu juga ada visual yang sudah sangat jelas menurut saya untuk menjelaskan tanpa harus diberikan tagline seperti itu. kenapa tidak diberi pertanyaan saja untuk sebuah tagline? karena menurut saya pertanyaan itulah yang akan membuat masyarakat berpikir dan bertanya2 kenapa dan apa alasannya visual itu seperti itu? terimakasih 🙂

     
  4. 10420100016

    December 3, 2012 at 2:03 pm

    sebagian besar dari karya iklan kakak angkatan saya yang berada di blog ini konsepnya sudah JELAS dan bagus, jadi disini saya hanya berkomentar mengenai eksekusi hasil akhir pembuatannya saja.

    mungkin iklan layanan masyarakat yang satu ini sudah sering kita temui, dsini mungkin yang terlihat sangat jelas adalah tagline yang bertuliskan “layaknya bom waktu” disitu juga ada visual yang sudah sangat jelas menurut saya untuk menjelaskan tanpa harus diberikan tagline seperti itu. kenapa tidak diberi pertanyaan saja untuk sebuah tagline? karena menurut saya pertanyaan itulah yang akan membuat masyarakat berpikir dan bertanya2 kenapa dan apa alasannya visual itu seperti itu? terimakasih

     
  5. 10420100029

    January 6, 2013 at 7:25 pm

    dari konsep iklan ini, sudah sangat terlihat jelas apa magsud dari designer membuat iklan tentang iklan ini.

    menurut saya iklan ini sudah bagus karena esan yang disampaikan oleh iklan ini adalah bahwa merokok itu akan membunuh para pecandunya secara pelan-pelan, pesan itu di visualisasikan dengan gambar rokok yang asapya berbentuk seperti bom waktu yang dapat meledak tiba-tiba, sama seperti orang yang merokok dapat jatuh sakit ataupun meninggal dunia dalam waktu yang tiba-tiba.

    kritik saya hanya di tulisan yang ada di iklan tersebut, menurut saya posisi dari font masih kurang dan kalau bisa tulisan bom waktu bisa di beri warna lain.

     
  6. dwinata puspasari

    January 22, 2013 at 4:51 am

    poater iklan rokok ini hanya menyampaikan tentang merokok saja yg bisa membuat orang mati perlahan – lahan tetepi tidak memberitahukan dampak yang sebenarnya apabila kita merokok yang salah satunya yaitu : impotensi gangguan janin kehamilan jantung dan kanker…sehingga apabila orang awam yang melihat atau membacanya tidak akan kena bahkn takut dari bahaya rokok yang sebenarnya dan setelah melihatnya akan melupakannya begitu sajaa..karena tidak ada kesan kesakitan atau kepedihan dalam desain rokok ini yang tampak hanya keindahan dilihat dari penggunaan warna putih pada bom waktunya..sedangkan dalam spikologi warna putih sendiri mengartikan lambang sebuah kesucian / kebersihan…jadi menurut saya sebelum membuat desain ada baiknya kita mempertimbangan dalam penggunaan warna agar sesuai dengan konsepnya dan lebih mengena langsung kepada pembacanya atau yg melihatnya…

    ( 10420100018 )

     
  7. 10420100040

    January 22, 2013 at 5:56 am

    Dari gambar ILM di atas konsepnya sudah cukup bagus dan saya kira tidak perlu banyak komentar. Hanya saja perlu sedikit yang dibenahi, font yang digunakan lebih baik diubah seperti asap atau gabungan rokok yang membentuk font huruf agar menyatu dengan tema yang dibuat. Terima Kasih 🙂

     
 
Skip to toolbar