RSS
 

Kebahagiaan yang Hilang

03 Nov

Karya: Yudha Wahyu K

Gambar: Yudha Wahyu K

 

Konsep iklan ini adalah kebahagiaan yang hilang. Dengan menggunakan gambar/foto anak-anak yang kemudian diremas agar gambar/foto tersebut nampak atau kelihatan kusut seperti kertas yang dibuang.  Hali tu dimaksudkan seperti mevisualisasikan sebuah kebahagiaan yang hilang dari anak-anak di masa kecilnya akibat kekerasan orang tua terhadap anak, maraknya penjualan anak, dan lain-lain.

Segmentasi iklan ini adalah para orang tua muda atau pun para orang tua lainnya, dan para pelajar – mahasiswa.

Masayarakat diprediksi  mengerti betapa sangat pentingnya sebuah kebahagiaan atau keceriaan anak-anak pada masa kecilnya. Hal ini  memengaruhi masa depannya kelak. Maka iklan ini diharapkan menciptakan kesadaran orangtua untuk mencintai buah hatinya dengan tulus. Orang tua diharapkan memperhatikan lingkungan sekitarnya agar anak tetap terjaga dengan baik.

 
12 Comments

Posted in KULIAH

 

Tags:

Leave a Reply

 

 
  1. 10420100020

    December 3, 2012 at 2:57 am

    Iklan ini adalah iklan layanan masyarakat tentang kekerasan terhadap anak kecil,

    Dari segi konsep, ide dari iklan ini cukup kreatif. tapi dari eksekusinya di nilai masih kurang, meskipun pada konsepnya ini adalah gambar anak yang ada di kertas yang di remas (seolah olah tidak penting) tapi pada eksekusinya kurang menggambarkan hal itu. dan juga komposisi antara headline dan ilustrasinya pun kurang pas.
    Jika iklan layanan masyarakat ini diletakkan di pinggir jalan, akan susah bagi msyarakat untuk memahaminya, karena tulisan dengan ukuran font itu memungkinkan orang harus berhenti lebih lama untuk melihat iklan tersebut. jadi Ilustrasi gambar ini harus di imbangi dengan headline yang pas.
    tapi ketika iklan ini cukup baik karena tidak menggambarkan ilustrasi kekerasan secara langsung, bersifat lebih persuasif.

     
  2. 10420100068

    December 3, 2012 at 4:42 am

    tugas.
    Konsep : konsep yang digunakan sangat menarik dan komunikatif, simple karena tidak menggunakan terlalu banyak elemen.
    Segmentasi : Khalayak yang dituju sangat tepat yaitu orang tua muda dan lainya, ditujukan agar mereka lebih memperhatikan kebahagiaan anak-anaknya.
    Prediksi komunikasi : dengan konsep dan eksekusi yang telah dibuat, menurut prediksi saya iklan ini kurang menarik bagi masyarakat khususnya orang tua, karena eksekusi yang dilakukan kurang memenuhi konsep.
    Alasan : Konsep kertas foto yang kusut dan dibuang, belum dieksekusi dengan maksimal sehingga ketika dilihat pertama kali tampilanya belum terlihat seperti kertas foto yang kusut, melainkan seperti batu atau yang lainya, tetapi jika benar-benar dilihat mungkin karakter kertas foto akan terlihat.

     
  3. 42010.0026

    December 3, 2012 at 6:40 am

    menurut saya iklan layanan masyarakat ini konsepnya bagus (kreatif), hanya saja proses eksekusi nya atau secara visualisasinya kurang menarik perhatian masyarakat, karena jika dilihat secara keseluruhan gambar atau foto tersebut kurang jelas dan kurang menujukkan kebahagiaan anak-anak yang hilang di masa kecilnya.
    gambar atau foto yang seolah-olah akan diremas sehingga kelihatan kusut, menurut saya tidak nampak secara jelas, kurang menarik, dan mungkin masyarakat awam tidak akan tahu maksud dari iklan ini.

     
  4. Ardy Kusuma 10420100014

    December 4, 2012 at 6:01 am

    Konsepnya bagus dan menarik, namun headline’nya terlalu panjang dan jika segmentasi iklan yang ditujukan kepada orang tua mereka akan sulit memahami iklan tersebut karena kepanjangan headline apalagi orang yang awam. menurut saya iklan poster yang efektif yaitu dengan penataan Headline, sub-headline, dan pesan yang ingin disampaikan designer kepada pembaca, dengan font dan margin yang pas. dengan begitu mereka dengan mudah dan cepat mengerti apa yang ingin di sampaikan designer.
    lalu mengenai foto anak tersebut saya sempat bingung menyimpulkan, lalu setelah membaca penjelasan baru saya paham. karena eksekusi ‘kertas yang kusut’ tersebut kurang karena kusutnya kurang natural, mengapa tidak mencetak foto anak kecil lalu foto tersebut diremas dan difoto kembali, baru di kemas dalam bentuk iklan poster hasilnya akan lebih natural dan maksimal.
    anyway nothing good / bad in design 🙂

     
  5. 10.42010.0012

    December 4, 2012 at 8:45 am

    Dari segi konsep cukup menarik dan kreatif.
    Target yang dituju sangat tepat yaitu kepada orang tua anak agar mereka lebih memperhatikan anaknya.
    Tapi dalam eksekusinya dan penyelesaian akhir masih kurang mengena.
    Kurang bisa membuat orang melihat langsung paham apa maksudnya karena cara penyajiannya masih kurang jelas.
    Dari segi komposisi penempatan juga masih banyak ruang kosong.
    Headline juga kurang efektif.

     
  6. Informasi Terbaru

    December 28, 2012 at 8:38 am

    kebahagiaan yang hilang keren tuh judulnya 😀

     
    • Profile photo of bahruddin

      bahruddin

      December 30, 2012 at 12:45 am

      Thanks for your appriciate..

       
    • Profile photo of bahruddin

      bahruddin

      December 30, 2012 at 12:46 am

      Thanks for your appreciate..

       
  7. 10420100037

    January 21, 2013 at 9:51 pm

    dalam poster ini konsepnya bagus tpi sayang gg kearahnya.. yg saya ambil dalam pikiran saya adalah, poster ini menggambarkan kesedihan yg kurng kebahagiana tidak ada unsur dari kekerasan atau lambang/simbol dari kekerasan, dan tidak kelihatan bila gambr itu seperti di remas-remas.
    dan yg saya bingung dari poster ini adalah warna yg ada di bawah hitam dan putih. itu mengantarkan apa?
    kalau saya boleh kasi masukan, poster ini si layaknya seperti anak jalanan yg butuh pendidikan.
    bukan melambangkan kekerasan.

     
  8. Berita terkini

    February 25, 2013 at 8:59 am

    kebahagiaanku datang lagi nih sob 😀

     
  9. Golf

    December 29, 2015 at 6:40 pm

    Golf…

    Kebahagiaan yang Hilang : : Mr. Bah…

     
  10. Iyan pcb

    May 31, 2016 at 1:11 am

    bener banget gan, semua orang tua wajib melindungi dan memantau gerak gerik anak agar tidak terjerumus pada jalan yang salah.. 😀

     
 
Skip to toolbar