RISET UNTUK IDENTIFIKASI MASALAH
Riset pemasaran yang dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan, meskipun masalah tersebut tidak harus terjadi saat ini tetapi memiliki kemungkinan besar akan muncul di masa yang akan datang.
Sebagai contoh antara lain:
– Riset Potensi Pasar
– Riset Pangsa Pasar
– Riset kesan terhadap suatu produk
– Riset Karakteristik Pasar
– Riset mengenai penjualan
– Riset trend bisnis
– Riset peramalan
RISET UNTUK PEMECAHAN MASALAH
Riset pemasaran yang dilakukan untuk membantu memecahkan masalah yang lebih spesifik dalam kasus pemasaran.
Sebagai contoh antara lain :
– Riset segmentasi
– Riset mengenai produk (pengujian kemasan, posisi merk dan pengujian posisi).
– Riset mengenai harga (pentingnya harga dalam pemilihan merk, kebijakan mengenai harga, respon konsumen terkait perubahan harga).
– Riset mengenai promosi (anggaran promosi yang optimal, bauran promosi yang optimal, keputusan mengenai media, evaluasi efektivitas iklan).
– Riset mengenai distribusi ( menentukan tipe distribusi, lokasi retail dan outlet grosir, perilaku saluran distribusi).