MIT OpenCourseWare 2

Kalau anda ingin tahu bagaimana rasanya diajar oleh orang-orang terkenal dalam bidang IT, silahkan tengok situs MIT OpenCourseWare ini.

Sebagai contoh, saya barusan mencoba mengikuti kuliah online dari seorang pakar Matematika, Gilbert Strang, tentang Wavelet. Coba anda masuk ke perpustakaan dan cari buku-buku Kalkulus atau Aljabar Linear, anda pasti akan menjumpai nama tersebut. Orang ini adalah profesor matematika di MIT sono, dan kebetulan ada salah satu matakuliah beliau yang dapat diikuti secara online berjudul Computational Science and Engineering. GRATIS pula! Biasanya orang Indonesia baru bersemangat ketika mendengar kata GRATIS.

Oya, cerita tentang kuliah online. Ketika saya menyimak kuliah yang disampaikan seorang Gilbert Strang, ekspresi saya adalah pertama, mengernyitkan dahi karena nggak seberapa paham apa yang dimaksud dan dibicarakan (maklum orang yang bisa masuk MIT tergolong orang gila, apalagi saya mengikuti kuliah dari profesor para orang gila, hehehe …). Tapi kemudian saya coba ambil teh+susu hangat, relax, minum teh sambil menyimak lagi sampai selesai.

Apa yang baru saja saya ikuti adalah 1 seri kuliah selama 75 menit, tapi kedalaman materi yang saya dapat bisa dikatakan merangkum seluruh kuliah 1 semester tentang pemrosesan sinyal. Padahal dalam seri kuliah online tersebut beliau punya 30 seri. Can you imagine that? Dan yang lebih penting lagi adalah Strang menunjukkan dengan penekanan poin-poin penting mana yang harus dipahami sesuai dengan pengalaman beliau. Sungguh bagi saya ini adalah sebuah transfer knowledge dengan bandwidth sekelas Trans-Atlantic.

Mau coba?

2 thoughts on “MIT OpenCourseWare

  1. Profile photo of Yuwono Marta DInata Reply Yuwono Marta DInata Oct 13,2010 8:28 am

    kapan hari saya pernah dapat dari dari perpus stikom, materi kuliah online dari univ. Stanford tng signal processing, saya benar-benar kagum seorang Prof menjelaskan detail dan bagus…
    saya jadi mau ndak mau belajar mendengarkan bahasa inggris yang diucapkan dengan cepat … hehehe…

  2. Reply kinan Jan 14,2011 8:42 pm

    saya juga tertarik ikut mata kuliah disini. Setidaknya bisa mengasah kemampuan bahasa inggris saya. Satu kata dari saya setelahnya : BINGUNG.

Leave a Reply

  

  

  

Skip to toolbar