Introduction
by Yoppy M Maulana on Dec.06, 2011, under e-Business
Defining e-Business
e-Bisnis dapat didefinisikan sebagai penggunaan internet untuk jaringan dan memberdayakan proses bisnis, perdagangan elektronik (e-commerce), komunikasi organisasi dan kolaborasi dalam perusahaan dan dengan pelanggan, pemasok, dan stakeholders lainnya.
e-bisnis menggunakan internet, intranet, extranet dan jaringan lain untuk mendukung proses komersial mereka. e-commerce adalah pembelian dan penjualan, pemasaran dan pelayanan produk dan jasa melalui jaringan komputer. Sejak e-bisnis meliputi proses bertransaksi dengan pemasok dan pelanggan ada tumpang tindih dalam kegiatan dengan e-commerce.
Meskipun istilah “e-bisnis ‘dan’ e-commerce ‘sering digunakan secara sinonim, perbedaan antara keduanya terletak pada proses yang lebih luas dalam e-bisnis yang menggabungkan transaksi internal dalam sebuah organisasi. Ini termasuk transaksi yang berkaitan dengan pengadaan, logistik, manajemen rantai pasokan (Supply Chain Management), pembayaran, kontrol saham dan pelacakan pesanan. Menurut Chaffey (2004) , e-commerce dapat dipahami sebagai bagian dari e-bisnis.
Buy-side e-commerce mengacu pada transaksi elektronik antara organisasi pembelian dan pemasok dan Sell-side e-commerce mengacu pada transaksi elektronik antara organisasi pemasok dan pelanggannya. Gambar 1.1 mengilustrasikan hubungan antara e-bisnis dan e-commerce.
Referensi : Combe, Colin, 2006, Introduction to e-Business Management and Strategy