REINFORCEMENT

Reinforcement adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan kembali rasa kebersamaan ketika pertama kali gabung ke Prodi DIII Administrasi Perkantoran di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Setelah hampir satu tahun mereka bergabung, tentunya ada yang berubah diantara mereka dengan kakak kelas, dengan dosen atau dengan orang lain yang ada di kampus. Cara komunikasi yang berubah menjadi point utama pada kegiatan Reinforcement tahun ini. Untuk itu mereka diberikan wawasan dan sedikit latihan bagaimana caranya berkomunikasi yang baik sehingga masalah yang terjadi karena komunikasi dapat diminimalkan.

Pemeberian wawasan tersebut dilaksanakan dalam bentuk seminar. Ada 2 materi yang disampaikan oleh dosen prodi, yaitu tentang Cara komunikasi dan negosiasi, dan Publik Speaking. Selain itu juga ada sharing tentang bagaimana selama ini mereka berkomunikasi dengan teman-temannya. Segala masalah yang ada mereka sampaikan dalam sharing tersebut.

Hari ini hampir satu tahun mereka bergabung bersama kakak-kakak mereka. Saat ini mereka merasakan kembali masa masa okk. Reinforcement, feeling excited, learning about communication skills. #d3kpk #d3ap #stikomsurabaya #reinforcement #himakpk

Dikirim oleh D3 Administrasi Perkantoran Universitas Dinamika Surabaya pada Jumat, 06 April 2018

Semoga setelah kegiatan ini, masalah komunikasi yang selama ini menjadi hal utama dapat berkurang .

 

13 Thoughts on “REINFORCEMENT

  1. abrul rizal on 15 April 2018 at 05:29 said:

    nama: abrul rizal
    nim : 17390150005

    komunikasi dan negosiasi, pentingnya berkomunikasi dalam negosiasi. Metode negosiasi ada tiga yaitu soft, medium dan hard Soft disini berusaha menghin dari konsultan dan berusaha mengatasi masalah dengan damai. Ada 7 prinsip negosiasi yaitu (1) suatukondisi, kekuatan dan kelemahan,(2) timing, (3) assertive, (4) acoummodation, (5) analisis, (6) cheating, dan (7) fool. Komunikasi dianggap efektif jika komunikan memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator. Dan ada 8 teknik komunikasi (1) professional, (2) informasi, (3) simpati (4)
    fokus, (5) wise, (6) feed back,(7) food listener, (8) data yang masuk akal.

    Public speaking adalah aksi menyampaikan pendapat kita. Ketika bernegosiasi dengan orang ada tiga yaitu personal, public dan profesional. Personal dilakukan secara tidak langsung sudah melakukan public speaking. Public misalnya ketua kita dihima mau menyampaikan ide itunamanyanegosiasi.Profesionalmerupakansebelumkitapunya kalian, harus melakukan wawancara dulu secara tidak langsung kita menjual diri kita sebelum memulai public speaking kita harus mengetahu tema acara tersebut dan kita harus menguasa tema tersebut agar public speaking kita berjalan dengan lancar.

    • Kamu coba perbaiki lagi yah. Saya bingung bacanya. Jadi orang lain juga bakalan bingung dengan maksudmu. Pastikan yang kamu tulis itu sudah benar dan sesuai dengan yang dijelaskan.

  2. Farhana Jihan Nabila on 16 April 2018 at 11:51 said:

    Public speaking adalah aksinya menyampaikan pendapat kita. Ketika bernegosiasi dengan orang ada tiga yaitu personal, public dan profesional. Personal dilakukaan secara tidak langsung itu sudah termasuk melakukan public speaking.

    1. Communication
    The act of delivering.
    2. What’s in it for us?
    Personal : To fulfill essential roles in our family and community.
    Public : It is important in creating and sustaining.
    Profesional : Before you even start a career, you have to get a job. Effective speaking skill make you more attractive to employers.
    3. How to do it :
    Foundation
    – Purpose
    – Topic Selection
    – Audience Analysis
    Speech Preperation
    – Research
    – Organize
    – Support
    Speech Practice
    – Verbal delivery
    – Non verbal delivery

    Komunikasi dianggap efektif jika komunikan memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator. Ada 7 prinsip negosiasi yaitu:
    (1) suatu kondisi, kekuatan dan kelemahan
    (2) timing
    (3) assertive
    (4) acoummodation
    (5) analisis
    (6) cheating, dan
    (7) fool.

  3. Bilqis Andyum on 16 April 2018 at 15:09 said:

    Setiap manusia perlu berkomunikasi dengan orang lain. Tanpa adanya komunikasi, maka hubungan timbal balik dengan orang lain tidak akan pernah berjalan dengan baik. Ada beberapa Teknik berkomunikasi, antara lain:
    1. Profesional, berkomunikasi menggunakan bahasa yang formal akan dianggap serius oleh lawan bicara.
    2. Informasi, informasi merupakan modal terbuka bagi kita ketika kita ingin berkomunikasi agar lebih terarah.
    3. Simpati, ketika kita ingin berkomunikasi tentu kita harus melihat kondisi terlebih dahulu.
    4. Fokus, kita harus memahami apa yang diinginkan atau yang dibicarakan lawan bicara.
    5. Wise, tahan emosi jika berkomunikasi tidak berjalan dengan lancar.
    6. Feedback, kita harus memberi umpan balik ketika kita setuju maupun tidak setuju.
    7. Tunggu giliran untuk berbicara.
    8. Rasional, menggunakan data yang masuk akal.

    Salah satu keterampilan komunikasi yang seringkali kita laksanakan adalah negosiasi. Negosiasi dapat terjadi setiap hari antar anggota keluarga, di toko, kampus atau di tempat kerja. Beberapa metode yang dilakukan orang untuk bernegosiasi antara lain:
    1. Soft, berusaha mengindari konflik dan berusaha mengatasi dengan damai.
    2. Medium, menentukan masalah berdasarkan urutan kegiatan serta kita juga harus memberi solusi, bukan hanya tawar menawar.
    3. Hard, bagaimanapun caranya harus menang dan reaksinya selalu keras.

    Public speaking adalah komunikasi lisan yang dilakukan didepan umum atau banyak orang. Apa gunanya public speaking bagi kita?
    1. Personal, untuk berkomunikasi dengan keluarga/teman/komunitas dan untuk membangun kepercayaan diri.
    2. Profesional, skill berbicara membuat lebih diterima kerja.
    3. Public, menyampaikan agar orang lain paham dengan maksud kita.

    Bagaimana caranya agar kita dapat berkomunikasi atau berbicara didepan umum dengan public speaking?
    1. Fondasi, kita harus paham apa tujuan dan topic yang ingin disampaikan kepada audience.
    2. Persiapan, melakukan research, organize, dan support oleh data atau media akan sangat membantu.
    3. Latihan, terus berbicara didepan kaca dan menulis apa yang kita ingin sampaikan.
    4. Sehingga dapat mencapai effective speech.

  4. Maulidia Fitri Rahmawati on 16 April 2018 at 17:24 said:

    Nama : Maulidia Fitri R.
    Nim : 17390150002

    Soft skill, komunikasi dan negosiasi, pentingnya berkomunikasi. Metode negosiasi ada tiga yaitu soft, medium dan hard. Soft disini berusaha menghindari konsultan dan berusaha mengatasi masalah dengan damai. Ada 7 prinsip negosiasi yaitu (1) suatu kondisi, kekuatan dan kelemahan,(2) timing, (3) assertive, (4) acoummodation, (5) analisis, (6) cheating, dan (7) fool. Komunikasi dianggap efektif jika komunikan memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator

    Public speaking adalah aksinya menyampaikan pendapat kita. Ketika bernegosiasi dengan orang ada tiga yaitu personal, public dan profesional. Personal dilakukaan secara tidak langsung sudah melakukan public speaking. Public misalnya ketua kita dihima mau menyampaikan ide itu namanya negosiasi.Profesional merupakan sebelum kita punya kalian, harus melakukan wawancara dulu secara tidak langsung kita menjual dari kita.

  5. desi nur faizatin on 19 April 2018 at 12:35 said:

    Soft kill, komunikasi dan negosiasi, pentingnya berkomunikasi. Metode negosiasi ada tiga yaitu soft, medium dan hard. Soft disini berusaha menghindari konsultan dan berusaha mengatasi masalah dengan damai. Ada 7 prinsip negosiasi yaitu (1) suatu kondisi, kekuatan dan kelemahan,(2) timing, (3) assertive, (4) acoummodation, (5) analisis, (6) cheating, dan (7) fool.
    Public speaking adalah aksinya menyampaikan pendapat kita. Ketika bernegosiasi dengan orang ada tiga yaitu personal, public dan profesional. Personal dilakukaan secara tidak langsung sudah melakukan public speaking. Public misalnya ketua kita dihima mau menyampaikan ide itu namanya negosiasi.Profesional merupakan sebelum kita punya kalian, harus melakukan wawancara dulu secara tidak langsung kita menjual dari kita.

  6. R.Renaldi Satria P.W on 19 April 2018 at 12:45 said:

    Nama = R.Renaldi Satria P.W
    NIM = 17390150006

    Soft skill, komunikasi dan negosiasi, pentingnya berkomunikasi. Metode negosiasi ada tiga yaitu soft, medium dan hard. Soft disini berusaha menghindari konsultan dan berusaha mengatasi masalah dengan damai. Ada 7 prinsip negosiasi yaitu (1) suatu kondisi, kekuatan dan kelemahan,(2) timing, (3) assertive, (4) acoummodation, (5) analisis, (6) cheating, dan (7) fool. Komunikasi dianggap efektif jika komunikan memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator.

    Public speaking adalah aksi menyampaikan pendapat kita kepada seseorang. Ketika bernegosiasi dengan orang ada tiga yaitu personal, public dan profesional. Personal dilakukaan secara tidak langsung sudah melakukan public speaking. Public misalnya kita rapat dan menyampaikan suatu ide itu namanya negosiasi.Profesional merupakan sebelum kita punya pekerjaan,kita harus melakukan wawancara dulu secara tidak langsung kita harus menjual diri kita sendiri agar mereka tahu apakah kita pantas dibeli atau tidak.

  7. terimaksih mbak Tyas.. informasi tersebut membri saya wawasan segar… sering sering post yang spt ini.. 🙂

  8. jaga silaturahmi, insyaallah berkah

  9. julian on 13 June 2019 at 19:07 said:

    infonya sangat bagus

  10. komunikasi adalah hal sepele tapi mempunyai sejarah yang yang sangat panjang dari abad ke 18. itu baru terasa sekarang. Terima kasih sudah memberikan wawasan yang sangat edukasi dalam website ini. sebuah Wacana yang sangat berbobot, silahkan mampir di website kami untuk saling berbagi info di https://carainduk.blogspot.com/

Leave a Reply to Sejuta Artikel Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation