Evaluasi Tugas Literatur GIS

Sebagaimana telah dijelaskan pada awal perkulihan dan posting saya sebelumnya, tugas kelompok pertama dari kuliah GIS berupa artikel berdasarkan pada literatur tugas yang telah ditetapkan per kelompok. Tugas ini dipresentasikan dan duji sebagai pengganti UTS (sesuai kesepakatan bersama Dosen GIS).  Faktor penilaian tugas terdiri dari kemampuan eksplorasi informasi, kedalaman isi artikel, presentasi kelompok dan penguasaan materi (yang dinilai per individu).

Hasil evaluasi tugas literatur dari kelas GIS yang saya ajar, yaitu kelas M1 dan O1, secara keseluruhan masih kurang memuaskan, berdasarkan penilaian sebagai berikut:

  1. Terdapat 2 kelompok yang mengumpulkan tugas tidak sesuai dengan yang diinstruksikan, bukan berupa artikel (paper) tapi berupa proposal proyek.
  2. Terdapat 3 kelompok di kelas M1 yang tidak mengumpulkan tugas di waktu yang telah ditentukan, sehingga tidak akan mendapatkan nilai UTS.
  3. Sebagian besar kelompok masih lemah dalam eksplorasi informasi, sehingga artikel yang dihasilkan masih belum cukup baik bila ditinjau dari kedalaman isi.
  4. Penguasaan materi tiap individu masih belum merata dalam 1 kelompok.
  5. Presentasi kelompok masih belum menunjukan adanya persiapan yang baik dari tiap kelompok, sehingga dapat menarik dan mudah dimengerti.

Saya sangat mengaharapkan upaya lebih keras lagi dari tiap kelompok yang ada untuk mau dan bisa memperbaiki kinerjanya dalam mengerjakan tugas kelompok selanjutnya sebagai ganti UAS. Alasan-alasan akan ketidakmampuan hanyalah bentuk ketakutan dan kemalasan untuk dapat keluar dari sangkar batasan diri.

Upaya untuk mengembangkan kemampuan diri membutuhkan kemauan, tekat, dan keberanian keluar dari zona aman diri, melewati batasan diri.

Surabaya, 05 April 2013

[ROM]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WordPress | Designed by: diet | Thanks to lasik, online colleges and seo
Skip to toolbar