Pondok Pesantren Terbaik di Lampung 2024

Ada banyak orang yang ingin tahu daftar pondok pesantren terbaik di Lampung. Pondok pesantren merupakan tempat terbaik untuk mendalami ilmu agama Islam yang dapat dipilih oleh para orang tua demi masa depan anak-anaknya.

Pondok Pesantren Terbaik di Lampung 2024

Tidak hanya ada di wilayah Pulau Jawa saja, tapi pondok pesantren terbaik juga ada di daerah Lampung. Untuk itu, mari kita mengenal kelebihan dari setiap pondok pesantren terbaik yang ada di Lampung tersebut!

3 Pondok Pesantren Terbaik di Lampung beserta Kelebihannya

Sebelum mendaftarkan anak atau mendaftarkan diri ke sebuah pondok pesantren, kamu harus mencari tahu tentang kelebihan dan kurikulum pendidikan yang dipakainya terlebih dahulu. Dalam hal ini, kami akan membagikan informasi lengkap mengenai kelebihan pondok pesantren di Lampung yang paling terbaik, yaitu:

1.      Pondok Pesantren Darul A’mal

Menurut artikel dari Blog Pendidikan dan Profesi yaitu NesaElearning, Pondok pesantren yang berada di kawasan Pesantren Mulyojati 16 B, Mulyojati, Metro Barat, Metro, Lampung ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya sering dianggap sebagai salah satu pondok pesantren terbaik di daerah Lampung. Hal ini semakin dibuktikan dengan jumlah santri di dalamnya yang telah mencapai ribuan orang.

Untuk mendaftarkan diri atau anak ke pondok pesantren ini, pihak orang tua dapat menghubungi bagian Penerimaan Santri Baru (PSB) melalui website resmi pondok pesantrennya. Nantinya, calon santri yang datang dari luar kota juga akan memiliki tata cara pendaftaran khusus yang harus diikuti dengan baik.

Selain sering mengadakan acara-acara agamis dan mendatangkan banyak ulama terkenal, pondok pesantren ini juga memiliki solusi terbaik bagi para santri yang ingin pulang. Pondok Pesantren Darul A’mal memiliki program pengasuhan yang terdiri dari alumni-alumni pilihan dan para asatidz, dan mereka dapat membimbing serta membantu santri yang tidak betah.

Bukan hanya itu, Pondok Pesantren Darul A’mal juga sangat menekankan pendidikan akhlak dan amaliah Islamiyyah, sehingga para orang tua wajib mempertimbangkan hal ini. Para santri diajarkan tentang hadits, ilmu fiqih, tafsir, tauhid, dan tasawuf yang lebih mendalam.

2.      Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung

Tidak hanya Pondok Pesantren Darul A’mal saja yang patut untuk dipertimbangkan, Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung juga memiliki beberapa kelebihan yang membuat orang semakin yakin untuk mendaftarkan diri ke sini. Salah satu kelebihan dari pondok pesantren ini adalah mereka menyediakan pendidikan formal dari RA, SD, MTS, hingga MA.

Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir harus memindahkan sekolah anaknya ketika mereka sudah lulus, karena para santri tetap bisa melanjutkan sekolahnya di sini. Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung terletak di Jl. Sultan Agung Gang Raden Saleh No. 23, Way Halim, Kedaton, Bandar Lampung.

Meski orang-orang telah mengenal Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung sebagai pondok pesantren yang berkembang di daerah perkotaan, tapi pondok pesantren ini masih melestarikan metode pendidikan salafiyah. Tentu ini bisa menjadi kelebihan bagi pondok pesantren terbaik satu ini.

3.      Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum

Hampir semua umat muslim yang tinggal di daerah Lampung pasti pernah mendengar nama pondok pesantren satu ini. Pondok Pesantren yang terletak di Desa Bumiharjo, Batanghari, Kab. Lampung Timur ini sering melakukan berbagai kegiatan positif seperti mempelajari kitab kuning, melatih keterampilan bercocok tanam para santri, dan lain sebagainya.

Pondok pesantren yang didirikan oleh KH A. Nuruddin An Nawawi SY ini memiliki tujuan khusus yakni untuk memenuhi kebutuhan pendidikan agama bagi masyarakat di sekitar. Oleh karena itu, kurikulum dan metode pengajaran yang digunakan di sini tergolong sangat mendalam.

Sampai saat ini telah ada ribuan santri yang mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum. Jadi, tidak mengherankan jika pondok pesantren ini sering disebut-sebut sebagai salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di Lampung, karena kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sini memang patut dipuji.

Kesimpulan

Sebelum mendaftarkan anak atau mendaftarkan diri ke suatu pondok pesantren tertentu, kamu memang harus mencari tahu informasi lengkap mengenai pondok pesantren tersebut terlebih dahulu. Maka dari itu, di sini kami telah mengumpulkan informasi lengkap mengenai 3 pondok pesantren terbaik di Lampung yang patut dipertimbangkan oleh para orang tua.

Skip to toolbar