RSS
 

Timur Tertinggal

03 Nov

Karya: Afrizal Novian Baharsyah

Gambar: Afrizal Novian Baharsyah

Konsep iklan ini adalah kesejahteraan bangsa yang tidak merata. Iklan ini berusaha mengangkat tema “Timur Tertinggal”, di mana iklan ini menekankan pada Pulau Papua yang selama ini memang jarang, bahkan tidak pernah, ‘dilirik’ oleh pemerintah Indonesia. Pembangunan yang tidak merata ini sebenarnya tidak hanya terjadi di Papua, namun karena desainer memilih pulau ini sebagai ‘aktor’ utama karena banyak sekali eksploitasi sumber daya alam yang dilakukan, namun tidak dibarengi dengan penyejahteraan masyarakatnya.

Iklan ini diprediksi bahwa pemerintah lebih memperhatikan daerah-daerah tertinggal. Selain itu, masyarakat ikut membantu pemerintah dalam pelaksanaan pemerataan kesejahteraan. Masyarakat juga mampu menekan pemerintah untuk melaksanakan pemerataan

 
14 Comments

Posted in KULIAH

 

Tags:

Leave a Reply

 

 
  1. Carmelo Cychosz

    November 9, 2012 at 4:42 am

    Timur Tertinggal Mr. Bah has been stored as a favorite :), I really like your blog!

     
  2. regio

    November 12, 2012 at 10:06 am

    some really nice and utilitarian info on this web site , also I believe the design and style holds wonderful features.

     
  3. 10420100039

    December 2, 2012 at 6:08 pm

    menurut saya dari segi konsep bagus. namun realisasinya kurang menarik. dan kurang mengena dalam segmentasi masyarakat. secara visual kurang menunjukkan tidak adanya pemerataan.

    headline “Prayfor …” huruf P terkesan seperti simbol AIDS jadi terkesan poster ILM tentang AIDS.

    dari cara penyampaiannya pun kurang, gaya bahasa seperti itu akan lebih mengena pada kalangan pemuda, tetapi pada masyarakat awam atau tua kurang memotivasi atau kurang tepat.

     
  4. Muhammad Haidar 10420100028

    December 2, 2012 at 10:59 pm

    Concept iklan ini sangat mengena sekali. Desainer memilih pulau papua tidak hanya sebagai aktor utama tetapi juga sebagai point of interest dari iklan ini. Desainer ingin menunjukan bahwa pembangunan Papua di negara Indonesia ini masih sangat kurang.

    Namun yang ingin saya komentari disini adalah, mengapa tidak pulau papuanya saja yang dibesarkan, sedangkan gambar garudanya dikecilkan, supaya orang melihat langsung bahwa ini menuju ke papua karena masyarakat umum sudah sangat mengetahui bahwa ini adalah Papua yang bagian dari Indonesia. Gambar burung garuda dapat diletakkan diujung tas supaya memperkuat bahwa ini adalah indonesia.

     
  5. 10420100015

    December 3, 2012 at 6:03 am

    konsepnya sangat bagus , mengangkat kesejahteraan bangsa yang tidak merata iklan ini menekankan pada Pulau Papua yang selama ini memang jarang di perhatikan oleh pemerintah , mungkin karena letaknya yang terlalu jauh dengan ibukota negara atau mungkin memang disana penduduknya belum merata atau apa yaa ???
    cuman di eksekusinya menurut saya msh ada yang mengganjal , pertama saya melihat iklan ini saya tertuju pada gambar garudanya , itu kelihatan mengganjal , mending gak usah pakai lambang garuda itu ,fungsi dari gambar garuda itu pada iklan ini sendiri itu buat apa? kalau untuk menunjukan biar orang lain tau bahwa iklan ini untuk indonesia , kan pulau papua itu juga sudah menunjukan kalau iklan ini di tujukan untuk indonesia , disitu juga sudah terdapat tulisan indonesia , gak usah terlalu banyak element” , kalau terlalu banyak element malah terlihat rame dan gak nyambung menurut saya . itu saja thx

     
  6. 10420100015

    December 3, 2012 at 6:14 am

    tulisan pray nya “P” nya seperti logo AIDS

     
  7. Pam Pam Januar M-09420100032

    January 2, 2013 at 8:09 pm

    Menarik!!
    Konsepnya sangat kuat dan menonjol. Tema yang diangkatpun jarang sekali terfikirkan oleh masyarakat, sehingga saat poster ini muncul di masyarakat, akan sangat menjadi perhatian.

    Pemilihan eksekusi dengan warna hitam putih dan sedikit tulisan sangat tepat, karena dengan sedikit warna dan visualisasi, akan semakin mudah dicerna oleh masyarakat. Apalagi jika targeting dari poster ini adalah orang-orang pemerintahan yang notabene kurang punya waktu memperhatikan poster-poster di jalan, kecuali poster kampanye mereka sendiri.(no offens)

    tidak ada masalah dalam pemilihan font atau gambar garuda. Justru disinilah kekuatan konsep itu, gambar garuda sengaja di pajang sama besar dengan pulau irian jaya, mungkin karena sang desainer ingin memberikan visualisasi yang terang-terangan dari Indonesia yang tidak mempedulikan rakyatnya di timur sana dengan gambar burung Garuda yang menghadap ke arah barat. Bukan ke timur. inilah yang membuat poster ini bisa dianggap sangat kuat dari segi konsep.

    Sedangkan font yang menyerupai logo AIDS juga tidak ada masalah, mungkin sang desainer ingin menyatakan bahwa, permasalahan ini sangat penting layaknya permasalahan AIDS. Jika tidak segera ditangani, akan menyebabkan keruntuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

     
  8. Christ Sindhu - 10420100053

    January 7, 2013 at 3:58 am

    Dari segi konsep, iklan ini cukup menarik dengan menampilkan salah satu masalah yang ada di Indonesia saat ini. Yang sangat disayangkan beberapa aspek penataan layout yang kurang maksimal sehingga pesan yang ingin disampaikan menjadi semakin berkurang.

    Ukuran Garuda yang lebih besar dibandingkan pulau papua menjadikan Garuda sebagai titik berat point of interest dari poster di atas. Hal ini membuat pesan pulau Papua menjadi berkurang. Selain itu huruf P yang sepintas mirip dengan lambang AIDS menjadi terkesan ambigu, dan dalam waktu singkat orang melihat menjadi terkesan Papua yang dilandai oleh AIDS.

    Dan dari sisi segmentasi, pemilihan warna yang sederhana dengan pemilihan font (selain huruf P) yang cukup menarik membuat poster ini cukup layak untuk diterima di masyarakat umum.

     
  9. 10420100031

    January 8, 2013 at 12:22 am

    Menurut saya dalam pembuatan ide dan konsepnya sudah cukup bagus, untuk menunjukkan kalau pembanguan yg tidak merata dan adanya kesenjangan sosial dalam negara kita.

    Untuk penataan layout, dimana sang garuda terihat cukup dominan, padahal isi dari poster ini adalah “Timur Tertinggal”, sehingga menurut saya pulau papua lah seharusnya yg lebih dominan, agar bisa sesuai dg konsepnya, untuk Font ” P ” yang berbentuk lambang Aids, sangatlah menarik, sehingga bisa menimbulkan kesan Aids adalah salah satu permasalahan yg ada dipapua, isi dari balon teks cukup menarik, namun bagi saya sulit untuk membacanya, padahal ini juga bisa menjadi salah satu point of interest, seharusnya bisa lebih diperbesar dan diperjelas kata-katanya, dan dari segi warna penggabungan antara warna hitam, merah dan putih, cukup menarik, yang menunjukkan arti dari setiap warnanya.

     
    • Erlangga Yudha 09420100059

      January 21, 2013 at 5:03 pm

      ketidak merataan pembangunan, judul yang sangat bagus, dan saya pribadi sendiri jika melihat pun tertarik,

      tetapi..

      mengapa harus papua?
      oke.. mungkin karena kita melihat papua adalah pulau yang tertinggal, tapi perlu kita ketahui juga, bahwa papua lingkungannya masih liar dan struktur geografisnya pun banyak gunung atau mungkin bukit dan jurang-jurang dan masih benar-benar pure wild atau masih liar.

      dan juga dari kata-kata “Pray For Better Indonesia”
      berdoa untuk kebaikan indonesia, berarti mencakup indonesia, sangat sempit sekali kalau hanya memberikan contoh pulau papua saja.

      dibalik itu semua poster ini bagus, dan dapat menggugah dan mengingatkan kepada masyarakat indonesia bahwa masih ada daerah yang masih serumpun dengan indonesia yang tertinggal atau bahkan hampir terlupakan

      assalamualaikum

       
  10. ARIEF WISNU (10420100001)

    January 17, 2013 at 4:13 am

    untuk pemilihan tema sudah bagus… karena memang fakta yang ada memang demikian.. namun dalam eksekusi masih butuh sedikit revisi..

    1. huruf “P” dalam kata “pray” seharusnya tidak memakai lambang “HIV/AIDS” karena akan membuat masyarakat yang melihat berpikir bahwa itu adalah sebiah poster tentang HIV/AIDS.

    2. untuk pemilihan headline juga dirasa kurang tepat, karena tujuan dari poster ini adalah agar pemerintah dan juga masyarakat mau lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakat papua. saran saya adalah merubah head line menjadi “KAMI JUGA INDONESIA”.

    SEKIAN DAN TERIMAKASIH

     
  11. Duanda Lis S (10.42010.0004)

    January 21, 2013 at 5:40 pm

    Konsep desainnya sangat menarik, dengan eksekusi yang hanya menampilkan siluet pulau papua dan burung garuda sebagai objek utama dapat mudah diterima oleh masyarakat. Tapi menurut saya, point interest dari poster ini yang mana antara gambar siluet burung garuda atau pulau papua? mana yang lebih ditekankan pada poster ini masih belum jelas dan yang terlihat lebih mengarah ke burung garuda yang menyimbolkan negara Indonesia. Padahal pokok pembahasan pada poster ini adalah pulau papua yang mewakili Indonesia bagian timur.
    Untuk keseluruhan sudah sangat bagus dan mempunyai makna sangat berarti, karena memang selama ini di daerah Indonesia bagian Timur kurang diekspose dan mendapat perhatian dari pemerintah serta sering terjadi kerusuhan yang sepaptutnya tidak terjadi. Pada tagline sudah bisa terbaca dengan jelas dan yang menarik dari taglinenya adalah dengan gaya sindiran untuk menggugah kesadaran pemerintah untuk memperbaiki keadaan di Indonesia bagian timur tersebut

     
  12. tegar navyana ariadi 10420100046

    January 21, 2013 at 5:55 pm

    menurut saya dari segi konsep sudah mengena ke penikmat , dan ,tetapi ekseekusinya kurang
    di lihatdari segi lambang negara , yang di ganti menjadi hitam legam , ittu nanti akan menjadi kotroversi

    dan logo gram P itu seperti lambang AIDS ,

    segmentasinnya untuk masyarakat indonesia bahawa kita masih punya rumah di papua dan pemerintah agar lebih perhatian ke pulau papua

     
  13. imam mahdi dajjal

    January 26, 2016 at 8:12 pm

    WҺat a information of un-аmbiguity and preserveness of
    precious experience on the topic of unpredicted feelіngs.

     
 
Skip to toolbar