1. Single’s Day
Pertama kali muncul di China pada tahun 1990 dan awalnya hanya merupakan sebuah acara sekolah yang diperuntukkan bagi para jomblo untuk mencari pasangannya. Namun, pada tahun 2009, istilah ini dipopulerkan sebagai Online Sale oleh Alibaba ke seluruh dunia dan hingga saat ini diperingati setiap tanggal 11 November. Saking populernya, Online Sale ini mampu mengalahkan penjualan Cyber Monday di tahun 2012.
2. Cyber Monday
Istilah ini dipopulerkan pertama kali oleh Shop.org pada tahun 2005. Dinamakan Cyber Monday karena menurut riset yang dilakukan, hari paling populer untuk belanja online adalah hari Senin. Acara ini diperingati setiap tanggal 27 November setiap tahunnya.
3. Online Revolution
Festival ini muncul pada tahun 2012 dengan Lazada Indonesia sebagai pelopor kampanye online nasionalnya, sehingga istilah Online Revolution sendiri lebih populer dibandingkan dengan Single’s Day di Indonesia. Acara ini diperingati pada tanggal 11 November.
4. Black Friday
Awalnya, istilah ini memang tidak ada hubungannya dengan belanja online. Namun, pada akhirnya istilah ini diperingati sebagai hari diskon terbesar bagi para pemilik retail, dimana umumnya akan terjadi antrian pengunjung yang sangat besar. Dari fenomena inilah akhirnya Black Friday diadaptasikan sebagai online shopping yang diselenggarakan pada tanggal 24 November oleh para penggiat e-commerce untuk meningkatkan penjualan pada periode tersebut.
5. Festival Belanja Online
Dimulai pada tahun 2014 yang didirikan atas kerjasama para penggiat industri e-commerce di Indonesia. Menariknya, acara tahunan ini turut mendapatkan dukungan dari UNICEF pada festival belanja online tahun 2015. Acara ini diselenggarakan selama satu minggu setiap tanggal 23-30 November. Festival yang diikuti oleh 75 partisipan ini memiliki total transaksi penjualan tiga kali lebih besar daripada penjualan biasanya berkat promo potongan harga hingga 90% yang ditawarkan.
6. Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS)
Lahir pada tanggal 12 Desember 2012 sekaligus dikenal sebagai puncak festival belanja online terbesar di Indonesia, meskipun awal kemunculannya hanya diikuti oleh 7 e-commerce, tetapi saat ini sudah diikuti oleh 72 e-commerce yang ada di Indonesia.
Dikutip dari : Infokomputer. Desember, 2017.
RSS feed for comments on this post. TrackBack URI