AMPUHNYA KEKUATAN BRAND STORY



Filed under : Bisnis

Kemampuan story atau cerita untuk membangun merek bukanlah hal baru. Di masa lalu, story sudah banyak digunakan untuk membangun merek. Di masa kini, brand story atau story telling semakin menjadi bagian komunikasi yang penting. Faktor terbesar tentunya adalah kehadiran media sosial.

Mengapa story telling menjadi menarik? Sederhana!

Sebuah story akan menciptakan emosi yang menghubungkan antara pembaca atau pendengar cerita dengan karakter dari cerita dan juga menciptakan cerita. Ketika seseorang mendengar cerita, entah sesuatu yang heroik, humor atau sedih, akan timbul emosi. Emosi inilah yang membuat audiens menjadi ingat dan memiliki perasaan terkoneksi.

Sebuah story yang baik adalah yang bersifat personal dan membangkitkan emosional.  Bagaimana membuat brand story mengenai merek terasa personal dan emosional???

  1. Sebuah merek yang memiliki sejarah adalah sumber story yang menarik. Ini bisa berupa sejarah bagaimana merek dibangun atau sejarah mengenai pendirinya. Sari Ayu dan Mustika Ratu adalah contoh merek yang memiliki sejarah pendiri yang kuat.
  2. Sumber brand story lain adalah keunikan dari produk atau layanan. Teh Pucuk memiliki keunikan yang bisa diceritakan. Konsumen bisa menikmati cerita kreatif bagaimana merek ini memiliki kebun teh dan hanya memanfaatkan bagian pucuk untuk diolah menjadi teh siap saji.
  3. Brand Story bisa dibangun dari apa yang menjadi visi dan tujuan merek itu hadir. Tupperware adalah contoh yang baik untuk hal ini. Merek tersebut memiliki visi untuk memberdayakan kaum perempuan, dengan slogannya “Yes She Can!”.
  4. Brand Story juga bisa dibangun dengan cerita sekitar solusi yang ingin diberikan kepada konsumen dan pelanggannya. Nike dan Reebok sering bercerita soal inovasi untuk membuat atlet memiliki prestasi setinggi mungkin.
  5. Brand Story bisa dibangun melalui event yang spektakuler atau membuat orang kagum

Setelah brand story diciptakan dan dipilih, mareketer perlu memilih media yang tepat. Kalau story itu pendek bisa dikenal dalam bentuk iklan yang akhirnya bisa menggunakan  media cetak dan televisi. Bila brand story panjang maka media seperti website atau film layar lebar adalah pilihan yang baik.

Sekarang, bagaimana brand story untuk merek atau diri anda?? Tentunya brand story tersebut adalah seputar karakter merek yang protagonis bukanlah yang antagonis.

 

4 Responses to “AMPUHNYA KEKUATAN BRAND STORY”

  1. Griya Mistik says:

    ditambah promosi dari mulut ke mulut.

  2. Blogger Aceh says:

    saya rasa dulunya saya salah bukan dalam hal membangun brand story, tapi malah dalam brand domain 😀

  3. kalau difikir-fikir benar juga sih. Banyak orang mulai terinspirasi dengan story brand itu. :3

  4. ahmad says:

    Benar sekali gan, saya buktikan ini dgn membangun branding blog saya sendiri dan hasilnya memang terbukti ajib

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a reply