Fauna Indonesia Timur: Ciri-ciri dan Contohnya

Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat kaya. Salah satu daerah dengan fauna yang unik adalah Indonesia bagian timur. Apa saja ciri-ciri dan contoh fauna Indonesia Timur?

Indonesia memiliki tanah vulkanik dengan kandungan mineral dan nutrisi yang tinggi

sehingga memungkinkan tanaman tumbuh subur. Makanan yang melimpah juga membuat satwa liar tumbuh dengan baik. Sebaran faunanya juga sangat beragam.

Fauna-Indonesia-Timur-Ciri-ciri-dan-Contohnya

Berdasarkan wilayah dan ciri-cirinya, flora dan fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga zona, yaitu zona Asia (Barat), Transisi (Tengah) dan Australia (Timur). Ketiga bagian ini dipisahkan oleh garis dari Wallace dan Weber.

Dari ketiga bagian tersebut terdapat berbagai jenis fauna langka dan eksotis. Salah satu yang cukup langka ada di Indonesia bagian timur yaitu di Papua, Maluku dan sekitarnya.
Baca juga:
10 Konsep Geografi: Penjelasan dan Contohnya

Fauna di daerah ini juga dikenal sebagai Zona Australis.

Hal ini dikarenakan hewan-hewan di Indonesia bagian timur memiliki karakter dan karakteristik yang mirip dengan yang ada di benua Australia karena kedekatan geografisnya.

Apa saja ciri-ciri dan contoh fauna di Indonesia Timur?

Pertama, salah satu ciri khasnya adalah hewan berbulu. Ada begitu banyak hewan jenis Australis yang memiliki rambut atau bulu. Contohnya seperti kanguru atau koala.

Selain itu, ada banyak jenis burung berwarna cerah. Burung dari kawasan ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu warna-warni, bulu yang panjang dan indah.

Beberapa jenis burung yang paling terkenal dari Indonesia bagian timur

adalah kasuari dan burung cenderawasih. Keduanya sangat dicari dan diburu, sehingga berada di bawah perlindungan negara. Selain itu, ada juga burung maleo, nuri dan lain-lain.

Kemudian ciri-ciri fauna timur adalah mamalia kecil. Hewan bertipe Australis didominasi oleh mamalia atau mamalia. Namun kebanyakan dari mereka berukuran kecil, imut dan menggemaskan, tidak seperti hewan di barat yang umumnya berukuran besar. Contohnya adalah koala, nokdiak (landak Papua), kuskus dan lain-lain.

Selanjutnya, hewan di Zona Australis memiliki sejumlah kecil ikan air tawar. Tidak terlalu banyak ikan air tawar yang hidup disini karena kekhasan tempat tersebut kurang mendukung.

Terakhir, ada marsupial yang hanya bisa ditemukan di fauna Australis. Fauna yang termasuk hewan berkantung antara lain kanguru, posum komodo (sugar glider), dan kuskus.

Wah menarik ya? Tertarik mengunjungi fauna Indonesia bagian timur?

LIHAT JUGA :

https://www.starpetrochem.co.id/gb-whatsapp/
https://www.starpetrochem.co.id/nekopoi-care-download-apk-terbaru/
https://www.starpetrochem.co.id/higgs-domino-rp/
https://www.starpetrochem.co.id/x8-speeder/
https://www.starpetrochem.co.id/aplikasi-penghasil-uang/
https://www.starpetrochem.co.id/aplikasi-penghasil-saldo-dana/
https://www.starpetrochem.co.id/aero-whatsapp/
https://www.starpetrochem.co.id/wa-fouad/
https://www.starpetrochem.co.id/185-62-l53-200/
https://www.starpetrochem.co.id/18se-2018-twitter/

Skip to toolbar