Info Lowongan CPNS untuk Bagian Kementrian, Ini Daftarnya!

Info Lowongan CPNS untuk Bagian Kementrian, Ini Daftarnya! – Di Indonesia provinsi yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah pegawai negeri sipil atau PNS. Hal ini dikarenakan jaminan gaji tetap sampai pensiun.

Tahun ini Pemerintah sudah melakukan proses perekrutan CPNS dan PPPK. Pasalnya dari proses tes CPNS ini akan ada 4 juta lebih orang yang akan menjadi PNS.

Tes penerimaan CPNS tahun ini tentu melewati tahap seleksi mulai dari seleksi kompetensi dasar yang meliputi tes wawasan kebangsaa,  tes intelegensia umum dan tes karakteristik pribadi.

Untuk bagian kementrian, ada beberapa info lowongan CPNS, berikut daftarnya:

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Lowongan yang dibuka Kemendagri itu 197 formasi CPNS untuk lulusan D3 sampai S2.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)

Kemenlu membuka lowongan sebanyak 332 formasi yang terdiri dari 286 untuk formasi umum, 34 formasi cumlaude, 5 formasi Putra/ Putri Papua dan Papua Barat serta 7 formasi penyandang disabilitas.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Berbeda dari bidang Kementrian sebelumnya, kemenhan kini membuka lowongan CPNS 1456 formasi. Kategori ini berlaku untuk PNS yang berlatar belakang pendidikan SMA/SMK hingga S3.

Kementerian Agama (Kemenag)

Sementara untuk Kemenag mencapai 9.458 CPPPK dan 1.361 CPNS. Jadi, totalnya ada 10.819 formasi. Formasi ini tersebar di 123 satuan kerja, yang mana terdiri dari formasi umum dan formasi khusus. Untuk formasi umum pelamar adalah lulusan perguruan tinggi.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (Kementerian ATR/BPN)

Info lowongan CPNS untuk Kementerian Agraria dan tata ruang membuka formasi 1664 CPNS tahun ini. Terdapat 3 34 kelompok penempatan yang termasuk perwakilan dari satuan kerja di lingkungan Kementerian ATR/BPN ini. Kelompoknya tersebut yaitu satu kelompok yang memiliki satuan kerja kantor pusat dan 33 kelompok provinsi yang mewakili satuan kerja pada provinsi tertentu tersebut. Lowongan ini di buka untuk pendaftar yang lulusan S1 dan S2.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Informasi untuk lowongan CPNS ini ini tertuang dalam pengumuman Kemendesa Nomor 5/KP.01.01/VI/2021. Lulusan S1 dan D3 memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari 233 formasi CPNS yang dibutuhkan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuka lowongan CPNS untuk jenjang SMK sampai S2. Untuk formasinya yaitu 172 dengan 43 jabatan yang dijanjikan. Untuk 2 formasi khusus lulusan SMK yaitu sebagai pengamat gunung api dan jenang kapal.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kementerian Hukum dan hak asasi manusia memberikan kesempatan bagi CPNS lulusan SMA sederajat dengan membuka formasi sebanyak 4558.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Formasi yang dibuka oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yaitu 902 formasi CASN. Berdasarkan informasi dari badan riset dan SDM KKP formasi yang dibuka untuk lowongan CPNS ini yaitu 381. Sedangkan PPPK ada 521 formasi.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Kementerian Kesehatan untuk CPNS tahun ini membuka formasi 3799 dan untuk formasi PPPK membuka 398.

Alokasinya perekrutan ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan sejumlah 3361 orang, tenaga teknis sejumlah 638, dan tenaga dosen sejumlah 198 orang. Penyebaran posisi kerja ini akan ditempatkan pada 212 satuan kerja di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Itulah beberapa info lowongan CPNS 2021 di atas walau masih banyak lagi sekitar 15 bagian Kementerian yang membuka lowongan untuk Anda sebagai calon Pegawai Negeri Sipil.

Skip to toolbar