Peran SI dalam Keunggulan Bersaing Perusahaan

Pada akhir proses pembelajaran mata kuliah Sistem Informasi Manajemen, mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan kebutuhan informasi bagi manajer pada suatu organisasi bisnis.

Pertemuan pertama mata kuliah Sistem Informasi Manajemen membahas tentang organisasi, manajemen dan pengambilan keputusan. Selain itu juga membahas peranan Sistem Informasi dalam mendukung tercapainya Keunggulan Bersaing perusahaan.

Materi organisasi dan manajemen, me-review materi yang pernah dibahas dalam matakuliah sebelumnya. Diharapkan mahasiswa semakin memahami materi tersebut dan dapat memahami keterkaitannya dengan Sistem Informasi Manajemen dan peranannya dalam pengambilan keputusan dan keunggulan bersaing perusahaan.

Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumber daya organisasi secara efektif dan efisien.

Pengambilan keputusan merupakan suatu salah satu fungsi manajerial dalam organisasi dan merupakan hal penting dalam organisasi. Dalam proses pengambilan keputusan, manajer membutuhkan dukungan pengolahan data berupa informasi yang relevan, valid dan tepat waktu.

Peran Utama Sistem Informasi (Sumber: O'Brien, 2010)
Gambar 1. Peran Utama Sistem Informasi
(Sumber: O’Brien, 2010)

Perusahaan mengimplementasikan sistem teknologi informasi bertujuan mempertahankan eksistensi bisnis perusahaan dan menciptakan keunggulan bersaing dalam persaingan bisnis dengan para pesaingnya. Peran sistem informasi dalam mendukung perusahaan mencapai keunggulan bersaing terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu: keunggulan strategis, keunggulan taktis dan keunggulan operasional.

Modul materi Sistem Informasi Manajemen pertemuan 1 dapat diunduh berikut ini.

SIM_S1SI_Pert_01_STIKOM Surabaya

 

This entry was posted in Kuliah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *