Di era digital, sebuah merek sangat mudah untuk dibicarakan dimana saja dan ketika sebuah brand diserang oleh para haters, para evangelist atau advocates yang akan membela produk anda. Tak hanya membela, pada advocates ini juga tak ragu untuk merekomendasikan produk anda ketika mereka mendapatkan pertanyaan “produk mana yang terbaik?”.
Consumer path memang telah berubah dari 4A menjadi 5A, yaitu Aware (mengenal), Appeal (tertarik), Ask (melakukan riset), Act (membeli dan menggunakan), dan Advocate (merekomendasikan). Advocate menjadi lebih penting daripada Act Again karena sangat powerful dan bersifat jangka panjang.
Menurut analis Marketeers, setidaknya ada tiga hal yang menjadi kunci agar sebuah brand bisa memiliki Brand Advocacy Ratio (BAR) yang baik, yaitu [1] Merek harus memiliki diferensiasi, [2] Memperkuat distribusi, [3] Bersahabat dengan digitalisasi atau 3D.
Dikutip dari : Marketeers. March 2018.
RSS feed for comments on this post. TrackBack URI