JAJANAN KEKINIAN – AYAM GEPREK SAMBAL MATAH

Istilah Ayam Geprek, semua pasti kenal sama makanan satu ini. Terkenal dengan pedasnya yang bikin ketagihan. Makanan ini sangatlah mudah sekali di dapat banyak yang jual entah secara online maupun offline.

Kini ayam geprek telah menjadi hidangan populer yang dapat ditemukan di hampir semua kota besar di Indonesia, tetapi asal mula ayam geprek berasal dari kota Yogyakarta.

Geprek adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti “dipukul”, “ditekan”, atau “dilumatkan”, maka ayam geprek berarti “ayam yang dipukul”. Hidangan ini mirip dengan aneka resep jajanan  kekinian Jawa tradisional ayam penyet, karena keduanya adalah sama-sama ayam goreng yang dipukul dan ditekan menggunakan ulekan dan dicampur dengan sambal.

Perbedaannya adalah, ayam penyet adalah ayam goreng tradisional Jawa yang diungkep dengan bumbu kuning, kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng panas. Sementara ayam geprek lebih mirip dengan ayam goreng gaya barat (lazim disebut fried chicken Amerika), yakni ayam goreng tepung yang renyah yang dilapisi dengan adonan tepung terigu sebelum digoreng.

Cara penyajiannya pun berbeda. Ayam penyet dipukul dan ditekan menggunakan ulekan sampai pipih, kemudian sambal dilumuri di atas ayam tersebut. Sementara ayam geprek tidak hanya dipukul dan ditekan, namun diulek hingga dagingnya terlepas dari tulangnya dan bercampur bersama dengan sambalnya.

Bahkan makanan ini sangar popular sekali baik kalangan anak mudah sampai orang tua. Restoran – restoran besar pun juga sudah banyak yang menyajikan makanan ayam geprek ini.

Banyak sekali orang yang berjualan ayam geprek tapi tidak takut tersaingi karena makanan ini sangat popular sekali di minati banyak orang. Gak tahu kenapa makanan ini sangat popular dan bisa menaikkan omset keuntungan berlipat ganda bagi pedagang.

Sebelum mengolahnya menjadi berbagai bentuk ayam geprek, ketahui dulu resep dasar membuat ayam yang renyah dan garing berikut ini.

Bahan – bahan :

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 50 gram tepung beras
  3. 1 butir telur
  4. 250 ml air
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1 sendok teh penyedap rasa

Cara membuat :

  1. Campur tepung terigu, tepung beras, garam dan penyedap dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan air dan telur, lalu aduk kembali hingga rata.
  3. Celupkan ayam ke dalam adonan tepung, lalu goreng hingga kecokelatan.

Di atas tadi adalah resep untuk membuat ayam yang renyah sebelum di jadikan ayam geprek. Untuk resep ayam geprek simak resep di bawah ini

Bahan – bahan :

  1. ayam goreng krispi
  2. 10 siung bawang merah, iris halus
  3. 5 siung bawang putih, iris halus
  4. 1 genggam cabai rawit merah, iris halus
  5. 5 lembar daun jeruk, buang tulang daun, iris halus
  6. 1/2 sendok teh terasi bakar, haluskan
  7. 2 batang serai, ambil bagian putihnya, iris halus
  8. 1 sendok teh garam
  9. 2 sendok teh gula pasir
  10. 5 sendok makan minyak goreng
  11. 3 buah jeruk limau, peras airnya

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan sambal matah, kecuali minyak goreng dan jeruk limau. Kemudian ratakan dengan sendok.
  2. Panaskan minyak, kemudian tuang ke atas sambal. Aduk rata semua bahan dan dinginkan selama 10 menit.
  3. Setelah dingin, masukkan perasan air jeruk limau dan aduk kembali.
  4. Geprek ayam, kemudian siram ayam goreng dengan sambal matah.

 

Skip to toolbar