Tips Teknolagi : Merawat CPU yang Lamban Agar Kembali Lancar

Tips Teknolagi : Merawat CPU yang Lamban Agar Kembali Lancar – CPU merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dari sebuah komputer atau PC. Didalamnya terdapat berbagai komponen penting yang mendukung kinerja dari software agar komputer bisa digunakan seluruhnya sebagaimana mestinya.

Dalam beberapa pekerjaan perangkat ini akan sangat sering digunakan sehingga tak jarang kinerja dari perangkat tersebut lebih mudah terganggu. Akibatnya software juga tidak akan bekerja dengan maksimal bahkan cenderung lebih mudah rusak. Jika CPU sudah mulai lamban itu berarti Anda kurang merawatnya dengan benar.

Pada situs teknolagi Anda bisa mendapatkan informasi mengenai perangkat komputer termasuk bagaimana perawatan CPU seperti berikut ini.

Bersihkan Debu

Jika kinerja CPU sudah mulai melambat maka mulailah melakukan perawatan dengan membersihkan bagian CPU dari debu. Bukalah casing CPU untuk mendapatkan hasil yang cukup maksimal dengan sangat berhati-hati. Bersihkan dengan menggunakan lap kering, cotton bud atau pompa udara untuk membersihkan debu yang menempel terutama pada komponen area dalam.

Periksa RAM dan Hard Drive

Anda bisa membuka situs teknolagi.com untuk membaca dengan jelas berbagai informasi mengenai komputer dan teknologi lainnya. Untuk bagian CPU ini Anda bisa menjawabnya dengan melakukan pemeriksaan terhadap RAM dan hardisk sesering mungkin. Terlebih jika kinerjanya sudah mulai melambat dan tidak maksimal.

Gunakan rincian SMART atau self-monitoring analysis and reporting technology yang ada pada Hard Drive. Pilih info dan pastikan setiap entri pada kolom status terbaca “ok”. Jika salah satunya tidak dalam format ok maka instal ulang harddrive dengan melakukan backup terlebih dahulu.

Defrag

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk merawat CPU yang sudah mulai lamban yaitu dengan melakukan proses defrag. Defrag termasuk sistem penataan untuk menyusun data secara rapi sehingga spesies yang ada dalam perangkat menjadi lebih luas. Dengan mengakses alamat https://teknolagi.com informasi seperti ini bisa lebih jelas Anda dapatkan.

Untuk melakukan defrag Anda bisa menemukan alatnya melalui Windows XP dengan cara klik kanan pada Hard Drive yang ada pada Windows Explorer. Selanjutnya pilih properti dan pilih tab tools dan klik defragment now.

Uninstall Program yang Tidak Digunakan

Selanjutnya carilah data yang sudah tidak digunakan kemudian uninstall agar performa CPU menjadi lebih maksimal. Selain itu, program-program lain yang sudah tidak digunakan juga perlu dihapus agar memori tidak terlalu padat. Hal ini cukup efektif untuk membuat CPU bekerja lebih normal dan tidak terlalu lamban.

Beberapa cara diatas bisa Anda lakukan untuk membuat CPU menjadi lebih normal dan tidak lamban. Anda bisa mengakses banyak informasi lainnya mengenai komputer dan berbagai kebutuhannya pada situs teknolagi. Banyak informasi mengenai teknologi termasuk komputer ini melalui situs yang satu ini.

 

Skip to toolbar