Mengenal Apa Itu Software ERP Indonesia dan Beragam Jenisnya

Di dalam perusahaan seperti IT dan startup, keberadaan dari software ERP Indonesia sudah bukanlah hal yang baru. Pasalnya, sistem informasi satu ini memang banyak digunakan untuk mengembangkan dan mengelola bisnis secara lebih tepat. Bagi anda yang masih belum tahu tentang sistem satu ini, berikut akan diulas macam macam dan juga pengertiannya.

Apa Itu Software ERP?

Pertanyaan satu ini pastinya kerap kali terbersit di benak anda ketika baru saja mendengar kata ERP. ERP atau yang kerap kali disebut dengan Enterprise Resource Planning merupakan salah satu sistem perangkat lunak yang bersifat modular. Perangkat satu ini dibangun dengan tujuan untuk mengintegrasikan fungsi utama dalam bisnis perusahaan pada sistem yang terpadu dan terpusat.

Dengan adanya sistem ini, maka keseluruhan data dan juga aspek aspek yang dibutuhkan oleh perusahaan akan bisa tersedia di satu tempat dan terorganisir lebih rapi. Sehingga nantinya seluruh aktivitas dari bisnis yang anda jalankan akan bisa terpantai dan juga termonitoring dengan baik pada sistem tersebut.

Kenali Macam Macam Dari Software ERP

Setelah mengetahui sekilas tentang apa itu software ERP Indonesia, anda pun juga perlu untuk mengenali apa saja macam macam dari perangkat lunak satu ini.  Hal ini dikarenakan di dalam ERP sistem itu sendiri memang terbagi menjadi beberapa tingkatan yang didasarkan pada ukuran dari perusahaan tersebut.

Untuk tingkat yang pertama, terdapat ERP Tier 1. Untuk tingkatan satu ini memang telah mendukung perusahaan yang besar bahkan dengan skala global atau internasional. Hal ini tentu saja dengan menggunakan aplikasi tersebut akan mampu menangani berbagai macam urusan yang dihadapi oleh perusahaan.

Sebut saja seperti manajemen, keuangan, akuntansi, administrasi, ekonomi dan juga lain sebagainya. Selain itu, ada pula ERP Government Tier 1 yang mana biasanya digunakan untuk agensi pemerintahan yang memiliki skala besar. Dengan adanya hal tersebut akan membantu pemerintah di tingkat pusat.

Sedangkan ada pula software ERP Indonesia yang mana termasuk ERP Tier 2. Pada tingkatan ini merupakan perusahaan dengan skala nasional yang mana mengembangkan produk untuk kebutuhan dari negara tertentu. Berlanjut ke ERP Government Tier 2, yang mana termasuk dalam sector pemerintahan.

Akan tetapi sistem satu ini lebih menitik fokuskan pada peningkatan beberapa produk dan juga instalasi daerah yang mana memiliki sifat local. Ada pula ERP Tier 3, yang digunakan untuk perusahaan tingkat menengah dan juga ERP Tier 4 untuk perusahaan yang memiliki skala tergolong cukup kecil.

Dengan adanya sistem tersebut tentu saja akan membuat perusahaan menjadi lebih terbantu. Sebab, dengan adanya data data dan juga sistem yang terorganisir dengan baik, hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Atasan pun tidak perlu selalu bertanya kepada bawahan, sebab bisa langsung melihatnya secara langsung melalui aplikasi satu ini.

Info Selengkapnya : www.soltius.co.id

KW : Software ERP Indonesia

Skip to toolbar