Makanan Beku (Frozen Food)  yang Digemari oleh Masyarakat Indonesia

Makanan beku (frozen food) merupakan salah satu jenis olahan makanan yang dibekukan yang memiliki tujuan untuk mengawetkan makanan sehingga siap dikonsumsi. Makanan beku ini aman dikonsumsi karena sudah melalui proses pembekuan. Proses pembekuan ini dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan mikroba sehingga bisa tahan lama.

Frozen food atau makanan beku ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Frozen  food ini sudah ada sejak lama dan banyak yang menggemari makanan beku yang satu ini. Saat ini, frozen food pun semakin bervariasi dan dikemas lebih modern. Berikut adalah berbagai macam frozen food yang digemari masyarakat Indonesia.

Makanan Beku yang Digemari oleh Masyarakat Indonesia

  • Daging Sapi dan Ayam

Makanan beku daging sapi dan ayam ini merupakan salah satu frozen food kesukaan masyarakat Indonesia. Frozen food daging sapi dan ayam ini memiliki keuntungan untuk Anda. keuntungan dari frozen food ini yaitu dapat disimpan dan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama.

  • Daging Ikan dan Seafood

Selain frozen food daging sapi dan ayam, terdapat frozen food berupa ikan dan seafood. Frozen food jenis ini juga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Daging ikan dan seafood dalam bentuk beku ini bisa langsung diberikan bumbu dan dibekukan untuk diolah dengan cara direbus, ditumis dan direbus.

  • Nugget Ayam

Nugget ayam merupakan salah satu frozen food yang dihasilkan dari pengolahan daging ayam yang memiliki cita rasa tertentu. Nugget ayam ini menjadi kegemaran oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Frozen food yang satu ini dinilai sangat praktis karena jika ingin mengonsumsi tinggal digoreng saja.

  • Bakso

Sekarang ini bakso juga dapat diolah menjadi frozen food. Hal ini sangat memudahkan Anda yang suka mengonsumsi bakso. Frozen food bakso ini banyak variannya juga, ada daging sapi, ayam dan ikan. Cara mengonsumsi frozen food bakso ini tinggal digoreng atau direbus saja.

  • Tempura

Jenis frozen food yang satu ini merupakan hasil pengolahan daging ikan yang terdapat campuran sayuran wortel, daun bawang, telur dan dicampur dengan tepung. Adonan itu dibuat dan diolah dengan bentuk panjang yang menyerupai otak-otak. Adonan tempura tersebut selanjutnya direbus dan dikemas.

  • Sosis

Sosis merupakan salah satu frozen food yang sudah populer sejak dahulu kala dan banyak yang menggemari frozen food yang satu ini. Sosis merupakan jenis frozen food yang berasal dari cincangan daging sapi atau ayam yang dicampur dengan bahan-bahan lain juga bumbu kemudian dibungkus dalam satu pembungkus.

  • Fish Stik

Frozen food jenis ini merupakan variasi produk olahan daging ikan yang dibentuk berupa stik dan dilapisi dengan tepung panir. Bentukannya hampir mirip dengan nugget tetapi variasi bentuk dan rasanya juga berbeda. Bumbu yang digunakan fish stik dan nugget berbeda. Untuk cara mengonsumsinya cukup digoreng saja.

  • Otak-Otak Ikan

Otak-otak ikan ini merupakan frozen food olahan daging ikan yang banyak menggemarinya. Olahan yang berbahan ikan ini memang tak kalah variatif dibandingkan dengan olahan daging ayam. Otak-otak ikan ini berupa makanan beku yang terbuat dari daging cincang yang ditambah dengan bumbu dan tepung.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai macam-macam makanan beku (frozen food) yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Frozen food di Indonesia banyak variannya bukan? Namun, dalam mengonsumsi frozen food ini jangan terlalu sering karena yang berlebihan itu tidak baik. Semoga bermanfaat.

Skip to toolbar