Kenali Manfaat PLTS Atap Untuk Memenuhi Kebutuhan Listrik Rumahan Berikut

PLTS atap merupakan pembangkit listrik tenaga surya yang diletakkan pada atap rumah. Pemasangan pembangkit listrik satu ini memanfaatkan sel surya dengan efek fotovoltaic agar mampu mengolah energi cahaya matahari menjadi arus listrik. Lantas, apa saja manfaat yang diperoleh dari penggunaan alat ini? Cek ulasan berikut.

Manfaat Penggunaan PLTS Atap Rumah

  1. Ramah Lingkungan

Pemanfaatan sistem pembangkit listrik dengan sistem ini tidak membutuhkan energi atau bahan bakar yang dilakukan dengan cara galian maupun proses lainnya. Anda bahkan hanya perlu menerapkan komponen utama berupa sel surya yang diletakkan pada bagian atap. Tak ayal jika penggunaan alat ini sangat ramah lingkungan.

Begitu pula, proses pengolahan energi yang dihasilkan dari sinar matahari juga tidak akan menimbulkan polusi udara. Pengolahan energi yang telah terproses dalam setiap komponen tidak akan menimbulkan suara bising maupun gas kimia seperti karbon dioksida. Untuk itu, sifat ramah lingkungan yang dihadirkan oleh PLTS atap tidak perlu diragukan lagi.

  1. Lebih Hemat

Penggunaan pembangkit listrik tenaga surya membuat anda beralih dari penggunaan bahan bakar fosil atau konvensional menjadi sumber daya tak terbarukan. Pasalnya perolehan energi sinar matahari yang akan diproses menjadi sumber listrik tidak perlu melakukan pembelian dari wilayah tertentu.

  1. Pemasangan Mudah

Pemasangan pembangkit listrik tenaga surya juga dapat dilakukan dengan mudah dan praktis sesuai dengan kebutuhan anda. Pasalnya pemasangan pembangkit listrik ini biasanya akan dikondisikan oleh pihak PLN untuk melakukan pengecekan terhadap data tagihan bulanan anda. Bahkan, pemasangan alat ini juga dapat dilakukan dengan cepat, biasanya hanya membutuhkan waktu 2 hari.

Meski demikian, pemasangan dan pemilihan produk komponen pembangkit listrik tenaga surya sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Anda bahkan bisa melakukan pembelian sekaligus menyewa jasa profesional dari SUN Energy untuk menghadirkan PLTS atap yang berkualitas. Sel surya yang dihadirkan untuk merangkai alat ini terdiri dari monocrystallin,thin film dan polycrystallin.

  1. Dapat Digunakan Dalam Jangka Panjang

Selain itu, beberapa komponen yang dihadirkan untuk membuat pembangkit listrik tenaga surya juga memiliki ketahanan yang sangat kuat. Anda bahkan tidak perlu khawatir akan kondisi sel surya yang diletakkan di atas rumah. Lazimnya alat tersebut tidak membutuhkan perawatan berkala yang bisa menambah pengeluaran anda.

Komponen sel surya yang diletakkan pada atap rumah ini bahkan mampu bertahan dalam situasi apapun. Kondisi hujan deras dan angin kencang pun tidak menjadi masalah. Menariknya, komponen pembangkit listrik tenaga surya ini biasanya dapat digunakan dalam jangka panjang sekitar 20 hingga 30 tahun.

Pembangkit listrik tenaga surya memang memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan pembangkit listrik konvensional. Dimana beberapa ulasan di atas adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika menggunakan alat ini. Anda bahkan bisa memilih produk dari perusahaan unggulan seperti SUN Energy untuk mendapatkan produk berkualitas.

Skip to toolbar