Jasa Outsourcing: Pengertian, Jenis, Serta Kelebihan

Jasa Outsourcing: Pengertian, Jenis, Serta Kelebihan – Mungkin Anda yang rajin  melamar pekerjaan sering mendengar istilah outsourcing, apalagi untuk Anda yang melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan. Pasti Anda sangat sering mendengar istilah ini, kadang HRD dari sebuah perusahaan sering memperjelas apakah Anda sebagai pelamar ingin atau bersedia menjadi karyawan outsourcing atau tidak.

Untuk memperdalam ilmu Anda mengenai hal ini, alangkah baiknya jika Anda memahami dan mengetahui apa itu outsourching sebelum mengiyakan atau melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Untuk itu berikut ini informasi mengenai pengertian outsourcing, jenis, serta kelebihan dari outsourcing yang penting untuk Anda ketahui.

Pengertian Outsourcing

Outsourcing merupakan sebuah alih daya dari sebuah layanan penyedia jasa sebuah tenaga kerja. Seorang karyawan outsourcing dari sebuah perusahaan memiliki status atau sifat pekerjaan kontrak pada perusahaan yang menerima jasa outsourcing. Bila Anda menerima pekerjaan dengan status outsorcing maka Anda harus siap untuk melakukan pekerjaan pada sebuah perusahaan yang mnjadi klien ataupun seseorang yang berperan menjadi klien dari perusahaan outsourcing tempat Anda tersebut.

Adapun tujuan dari diadakannya status karyawan outsourcing ini, yakni untuk memenuhi semua bentuk posisi non inti atau noncore yang ada di dalam suatu perusahaan. Namun Anda jangan khawatir meskipun Anda hanya merupakan karyawan outsourcing tetapi juga diatur dalam UU ketenagakerjaan no. 13 tahun 2003, pada pasal 54, 65, serta pasal 66.

Jenis-Jenis Jasa atau Pekerjaan Outsourcing

Sebuah karyawan yang bersifat outsourcing  hanya untuk menjadi penunjang atau menempati posisi-posisi yang dianggap tidak inti di dalam perusahaan tersebut.  Contoh dari karyawan outsourcing seperti cleaning service, costumer service, ataupun security yang merupakan posisi yang dianggap tidak inti karena perusahaan masih bisa berjalan meski tanpa karyawan-karyawan ini.

Dalam peraturan UU ketenagakerjaan pada no. 13 tahun 2003 ada beberapa jenis pekerjaan yang dapat dilakukan atau bisa dikerjakan sebagai jasa outsourcing yakni diantaranya: Pekerjaan dilakukan secara terpisah dari sebuah kegiatan utama, pekerjaan yang dilakukan merupakan pekerjaan yang diperintahkan secara langsung ataupun tidak langsung dari seseorang yang memberikan pekerjaan.

Selain itu kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan yang hanya menunjang perusahaan secara keseluruhan serta tidak menghambat sebuah proses produksi atau kegiatan inti dari perusahaan.

Kelebihan Outsourcing

Kelebihan dalam hal ini adalah kelebihan yang dapat dirasakan oleh pihak perusahaan karena menggunakan jasa yang sifatnya outsourcing yakni: perusahaan bisa lebih fokus untuk melakukan segala aktivitas dari bisnis utama, sebuah perusahaan tidak perlu untuk menyediakan yang namanya fasilitas serta tunjangan, tenaga kerja yang didapatkan adalah yang berkualitas, serta sebuah perusahaan tidak perlu repot untuk melakukan yang namanya proses rekrutmen karena tinggal menggunakan karyawan outsourcing yang didapatkan dari jasa perusahaan penyewaan outsourcing.

Demikianlah informasi penting yang harus Anda ketahui mengenai pengertian, jenis pekerjaan, kelebihan dari jasa outsourcing. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda, apabila Anda membutuhkan informasi lain mengenai outsourcing dan hal lainnya maka Anda bisa langsung mengunjungi web myrobin di link http://myrobin.id/

Skip to toolbar