Teks Laporan Percobaan – Bahasa Indonesia Kelas 9

Teks Laporan Percobaan – Bahasa Indonesia Kelas 9

Laporan adalah segala sesuatu yang seseorang kirimkan, secara lisan atau tertulis, dan berisi kegiatan yang telah dilakukan kepada mereka yang meminta hasil dari kegiatan tersebut.

Sedangkan eksperimen adalah bentuk kegiatan penelitian untuk menguji atau membuktikan suatu teori. Secara kombinasi, teks laporan eksperimental adalah bentuk tertulis atau tekstual yang menyampaikan hasil kegiatan eksperimental, yang tujuannya adalah untuk menguji atau membuktikan teorinya.

Teks laporan pengujian sering disebut sebagai teks laporan percobaan. Biasanya, kelompok yang melakukan percobaan memiliki kecurigaan terhadap hasil atau hipotesis. Hasil dugaan ini harus diuji dan ditunjukkan dalam aktivitas eksperimental.

Karakteristik teks laporan pengujian

Saat menulis teks laporan percobaan, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan Quipperian sebagai fitur laporan. Sesuatu?
Sebuah tujuan

Berikan informasi atau data sesuai dengan situasi aktual. Jika hasilnya tidak cocok dengan hipotesis, nyatakan apa yang sesuai dengan hasil percobaan yang dilakukan. Misalnya, uji perbandingan vitamin C dalam buah jeruk dan stroberi. Anda curiga jeruk memiliki lebih banyak vitamin C daripada stroberi. Ternyata hasil setelah percobaan tidak seperti yang diharapkan. Jika hipotesis tidak sesuai dengan hasil, kirimkan hasil percobaan sesuai dengan situasi aktual.

B. Fakta

Hasil yang disajikan dalam teks laporan pengujian sebenarnya dilakukan. Pengajuan hukuman juga harus berbentuk fakta. Coba bandingkan dua kalimat berikut:

Kandungan vitamin C dalam stroberi adalah 29 mg per 100 mg.
Mengandung 54 mg vitamin C per 100 mg jeruk.
Kalimat 1) bukan fakta, karena informasi tersebut tidak pasti dan karena penggunaan kata “sekitar” adalah dalam bentuk dugaan. Sedangkan kalimat 2) berbentuk fakta karena menyampaikan informasi yang aman dan dapat diverifikasi.

C. Lengkap

Anda harus mengirimkan semua informasi dalam teks ulasan Quipperian. Tulis semaksimal mungkin sehingga pembaca dapat memahami seluruh laporan dan bermanfaat.

Kemudian untuk karakteristik linguistik adalah sebagai berikut:

Penggunaan aturan standar Indonesia
Gunakan kalimat simpleks dan kalimat kompleks
Gunakan kata hubung
Gunakan istilah teknis
Gunakan nomor kata (numeralia)
Perhatikan preposisi dan lampiran awal
Uji struktur teks laporan
Eksperimen dilakukan untuk mencoba aktivitas baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh orang lain, atau untuk membuktikan kebenaran teori dan sains yang ada. Jika Anda melakukan percobaan sekarang, Anda dapat menggunakan struktur berikut untuk menghasilkan laporan.

judul
target
Alat dan bahan
Langkah langkah
Hasil
Kesimpulan
Langkah-langkah untuk membuat teks laporan pengujian
Tentu saja, setelah membahas definisi, karakteristik, dan struktur, Anda ingin tahu langkah-langkah apa yang diperlukan untuk membuat teks laporan pengujian. Ayo, lihat di bawah!

Buat judul
Atur kalimat pembuka
Kompilasi konten laporan
Tulis kalimat terakhir
Merangkai dan memeriksa
Editing
Contoh teks laporan pengujian
Untuk mempelajari lebih lanjut, Quipper Blog akan memberikan beberapa ulasan teks sampel. Baca saja, ya!

1. Contoh teks laporan pengujian untuk produksi telur asin

target

Telur asin adalah telur dari bebek yang diasinkan terlebih dahulu. Telur asin mengandung banyak vitamin dan nutrisi, sehingga makan telur asin dapat bermanfaat bagi tubuh. Telur asin dapat dibuat secara tradisional dan sangat mudah karena alat dan bahan yang sederhana.

Alat dan bahan

Telur bebek
Gosok abu
Tanah liat
garam
Ampelas
Untuk mengambil langkah

Cuci telur bebek sampai bersih dan giling kulit telur dengan tipis.
Campurkan abu gosok, tanah liat dan garam sampai merata.
Olesi telur giling dengan campuran.
Biarkan telur pada suhu kamar hingga 20 hari atau 3 minggu.
Hasil

Telur bebek yang dibuat dengan cara diasinkan seperti di atas menghasilkan telur asin yang sempurna dan lezat. Telur asin ini sangat cocok untuk dikonsumsi bersama nasi putih. Telur asin ini membuat lebih banyak pilihan konsumsi telur bebek dan kurang amis.

Kesimpulan

Saat Anda membuat telur asin di atas, Anda mendapatkan kandungan nutrisi yang lengkap dan cocok untuk segala usia. Namun, orang dengan tekanan darah tinggi tidak dianjurkan untuk mengonsumsi telur asin karena kandungan garamnya yang sangat tinggi.

 

Sumber :

Skip to toolbar