Kinemaster Pro rasanya pantas untuk menyandang gelar sebagai aplikasi video editing terbaik yang pernah ada. Pasalnya, aplikasi yang digawangi oleh NexStreaming Corp ini memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga memungkinkan para penggunanya untuk bisa membuat video layaknya profesional dengan smartphone Android.

Apa Itu Kinemaster?

Kinemaster merupakan suatu perangkat lunak pengeditan video komprehensif yang dirancang secara khusus untuk digunakan pada perangkat yang didukung oleh sistem Android dan iOS. Aplikasi ini memiliki fitur editing yang cukup lengkap mulai dari alat untuk memangkas audio, gambar, video, efek, serta teks dengan presisi.

Menariknya lagi, teks yang tadi ditambahkan pada video dapat diatur dengan menggunakan latar belakang hitam dan putih, latar pada baris teks, ataupun full background.

Kelebihan Kinemaster

  1. Real-Time Recording

Aplikasi Kinemaster memungkinkan para penggunanya untuk dapat merekam video ataupun audio secara real-time, alias waktu nyata. Bahkan, penggunanya dapat mengubah ataupun memberikan efek tambahan pada keseluruhan video dalam sekejap tanpa perlu menyelesaikan proses perekaman terlebih dahulu.

Selain itu, proses penambahan beberapa trek pada audio yang Anda rekam juga menjadi lebih mudah untuk dilakukan berkat perangkat lunak yang satu ini.

  1. Alat dan Fitur Powerful

Alat dan juga fitur yang ditawarkan oleh Kinemaster pro terbilang sangat lengkap untuk kelas aplikasi edit video dalam perangkat smartphone. Berkat dukungan fitur yang mumpuni, para pengguna yang sebelumnya belum pernah mengedit video sendiri pun bisa membuat suatu karya bak seorang profesional.

  1. Video Multi-Layer

Fitur multi layer memungkinkan Anda untuk dapat menambahkan lebih dari satu layer. Baik itu untuk teks, gambar, video, atau audio, semuanya bisa ditambahkan dalam posisi sequence atau bertumpuk. Atau Anda juga bisa menambahkan layer secara side by side (berdampingan).

  1. Integrasi Media Sosial

Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi Kinemaster adalah Anda dapat membagikan karya video yang telah diubah ke media sosial secara langsung. Pada dasarnya, Kinemaster ini memang sengaja dibuat untuk menjangkau target audiens secara tepat sasaran dalam waktu yang relatif singkat melalui bantuan media sosial.

Sebagai contoh saja ketika Anda memiliki vlog tentang touring atau motor, sesaat ketika Anda selesai mengedit video tersebut, Anda dapat membagikan vlog tersebut secara langsung pada platform media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, ataupun yang lainnya.

  1. Video Editor Smartphone yang User-Friendly

Kinemaster juga populer sebagai perangkat lunak edit video yang user friendly. Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, bahwa seorang pemula pun bisa membuat videonya terlihat profesional dengan bantuan aplikasi ini.

Faktanya, ketika user interface yang dimiliki aplikasi pengedit video ribet dan rumit untuk dipelajari, hal tersebut akan menghambat para penggunanya untuk bisa fokus dan menciptakan karya yang berkualitas. Karenanya, user interface yang mudah dipahami menjadi salah satu fokus pertama dan utama yang dimilili oleh seseorang saat dirinya ingin memilih aplikasi pengedit video.

  1. Efek Transisi Terlihat Profesional

Efek transisi pada Kinemaster Pro benar-benar terlihat seperti profesional, yang mana efek tersebut tidak berlebihan namun tetap mampu menyampaikan pesan serta emosi dari pembuat videonya.

  1. Memiliki filter warna dan fitur penyesuaian warna

Para pengguna Kinemaster semakin dimanjakan dengan adanya fitur penyesuaian warna seperti saturasi, mode gelap, dan brightening yang direka secara sederhana dan mudah dipahami. Para pengguna aplikasi ini juga disajikan fitur filter warna seperti mode film, hitam putih, dan masih banyak lainnya.

  1. Volume Envelope

Volume envelope memiliki tujuan untuk mengurangi ataupun menambah suara audio atau musik, juga mengatur kompresor dari audio yang dimasukkan sesuka hati pengedit. Karenanya, fitur ini dianggap sebagai salah satu fitur yang sangat penting keberadaannya bagi para editor video.

  1. Fitur Kontrol Kecepatan dan Klip Grafis

Pengeditan bagian klip grafis dan kontrol kecepatan menjadi fokus utama para editor video untuk menghasilkan video yang terlihat berkelas dan profesional.

  1. Filter Audio

Filter audio dalam Kinemaster diperkaya dengan beberapa filter bawaan seperti suara robot, suara tupai, suara dalam, juga suara modulasi. Namun jika filter-filter tersebut kurang sesuai dengan konten dalam video yang dibuat, Anda dapat mengubah audio yang ada dengan suara asli Anda melalui fitur yang sudah disediakan oleh Kinemaster.

 

Kelemahan Kinemaster

  1. Membutuhkan Spek Device yang Mencukupi

Kekurangan pertama dari aplikasi Kinemaster adalah perlunya perangkat mumpuni dengan spek yang mencukupi. Pasalnya, ketika aplikasi ini diunduh pada perangkat yang memiliki spek kurang, akan ada banyak lag yang terjadi pada saat proses pengeditan video berlangsung.

Kinemaster diketahui dapat dijalankan secara lancar tanpa adanya lag pada smartphone yang memiliki spesifikasi Ram 2 GB atau lainnya yang lebih tinggi.

  1. Kualitas Video Tidak Full HD

Video hasil editan aplikasi Kinemaster memiliki kualitas yang tidak Full HD. Sehingga gambar dari video tersebut menjadi kurang jernih jika dibandingkan dengan aplikasi pengedit video lainnya seperti PowerDirector.

  1. Watermark

Versi standar dari Kinemaster memasang watermark pada setiap hasil video yang dihasilkannya. Watermark tersebut biasanya berupa tulisan ‘Made with KineMaster’.

 

Cara Mendownload Kinemaster Pro

  1. Android

Untuk mengunduh Kinemaster pada perangkat Android, Anda dapat mengikuti step berikut:

  • Buka Google Play Store yang ada di smartphone Anda. Jikapun Anda tidak memiliki aplikasinya, Anda dapat mengaksesnya melalui situs https://play.google.com
  • Setelah itu, ketikkan KineMaster pada search bar yang tersedia. Biasanya, kolom search bar ini terletak di bagian atas halaman utama Play Store.
  • Tekan ikon atau tulisan dari aplikasi Kinemaster untuk melihat detail aplikasinya.
  • Klik tombol install.
  • Kemudian akan muncul pop-up berisikan izin untuk menggunakan beberapa data Anda.
  • Klik terima dan proses unduhan Anda akan dimulai.
  1. iOS
  • Buka aplikasi App Store di perangkat iOS Anda.
  • Tulis Kinemaster pada kolom pencarian.
  • Klik tombol install yang biasanya ditunjukkan dengan ikon panah ke bawah.
  • Tunggu hingga proses instalasi berakhir dan aplikasi Kinemaster akan secara otomatis muncul di beranda smartphone Anda.
  1. Versi Mod
  • Pertama-tama, Anda bisa membuka aplikasi browser. Baik itu Google, Chrome, Opera, Mozila Firefox, ataupun aplikasi browser lain yang Anda miliki.
  • Akses situs ReXdl.com
  • Cari Kinemaster dari situs tersebut.
  • Kemudian, Klik download pada kotak berwarna hijau.
  • Pilih opsi Download Now dan tekan salah satu versi yang diinginkan.
  • Setelah itu, akan muncul kotak pop-up di bagian bawah layar smartphone Anda.
  • Klik Oke/Izinkan pada pop-up tersebut agar proses pengunduhan dapat mulai berjalan.
  • Apabila Aplikasi sudah berhasil terunduh, Anda dapat langsung membukanya untuk melakukan instalasi.

Selain ReXdl.com, Anda juga bisa menggunakan situs pengunduhan aplikasi lainnya seperti Mediafire.com, apkpure.com, dan lain sebagainya.

 Jika dilihat secara keseluruhan, Download Kinemaster Pro dapat dijadikan sebagai pilihan yang paling tepat untuk dipilih jika menyangkut soal aplikasi pengedit video. Terlebih dengan adanya kelengkapan fitur dan penggunaan yang mudah, akan membuat Anda mampu menghasilkan kreasi video yang berkualitas dan terlihat epik.

« »