Belajar Short Functional Teks, bikin Bahasa Inggris satu ini Makin Digandrungi! Hari gini tak bisa bahasa Inggris? Wah, ketinggalan zaman nih! Pasalnya, kini sangat banyak lembaga-lembaga kursus hingga sekolah yang khusus mengajarkan bahasa asing tersebut.

Sebetulnya bahasa Inggris dinilai mudah. Yang terpenting ialah fokus serta niat untuk terus belajar. Apalagi, belajar bahasa saat ini cukup fleksibel dan menyenangkan. Bahkan bisa secara online, lho! Sehingga Anda tak perlu keluar rumah. Enak kan?

Salah satu genre pembelajaran bahasa Inggris paling asyik ialah, short Functional teks. Pernah dengar? Atau sudah tahu nih, apa sih Functional teks ini? Yap, daripada bingung dan harus bolak-balik lihat kamus. Cek dulu rangkuman dibawah ini.

Short Functional Teks, Bikin Kalimat Makin Efektif Dan Terarah

Seperti yang kita tahu, si Functional teks ini bisa diartikan ke dalam sebuah kalimat yang mampu memberikan sejumlah informasi. Tepatnya, dari beragam hal di dalam rutinitas sehari-hari. Umumnya, penggunaan teks fungsional ini dapat disesuaikan dengan peranan tertentu.

Misalnya saja, poster film, ulasan aplikasi, hingga petunjuk penggunaan suatu produk. Lantas apa ya tujuan teks fungsional tersebut? Berikut rangkuman lengkapnya, simak dengan cermat ya!

  1. Kartu Pos

Tahu dong detail fisik si post card alias kartu pos ini? Bagi sebagian orang berkirim surat masih menjadi hal yang mengasyikkan, kendati demikian jumlahnya memang banyak berkurang. Nah, teks fungsional pada kartu pos ini memungkinkan Anda menghadirkan sejumlah informasi terkait surat atau pesan yang ingin anda kirimkan pada orang lain.

  1. Kartu Ucapan

Pernah dapat kartu ucapan? Ya, misalnya saja  selamat ulang tahun, kelulusan, hingga pernikahan. Kartu ucapan ini juga termasuk salah satu contoh dari Short Functional Teks. Sebab, kartu ini memiliki fungsi untuk mengungkapkan beragam simpati maupun kepedulian kepada pihak lainnya.

  1. Undangan

Contoh ketiga ialah invitation atau undangan. Sesuai dengan namanya, invitation card memiliki kegunaan untuk mengundang orang-orang tertentu agar menghadiri sebuah acara. Biasanya, memiliki struktur seperti: salam, isi pesan, hingga alamat.

  1. Pemberitahuan

Sebetulnya banyak sekali jenis functional teks. Notice atau pemberitahuan juga tergolong Functional teks. Notice ini merupakan konsep hukum yang dibuat, agar pihak-pihak yang dituju mampu menyadari secara penuh tentang adanya proses hukum. Karena, akan mempengaruhi antara kewajiban, hak maupun situ tugas. Sebagai contoh, pemberitahuan resmi, pemberitahuan konstruktif dan yang lainnya.

Mengenali Ciri-Ciri Functional Text, Yang Bisa Bikin Orang Makin Paham

Sesuai dengan nama yang disematkan, teks fungsional pendek ini dinilai sangat efektif. Selain tak bertele-tele, teks semacam ini juga langsung mengenai sasaran. Anda bisa mengenalinya dari ciri-cirinya dibawah ini.

  1. Memiliki teknik penulisan yang memikat atau menarik
  2. Singkat, padat jelas dan mudah dipahami
  3. Umumnya, ada penyertaan gambar. Nah, penggunaan gambar ini biasanya untuk memperjelas terkait Functional teks yang dihadirkan
  4. Teknik pengemasan yang unik
  5. Penggunaan bahasa, biasanya disesuaikan dengan tujuan teks fungsional tersebut. Ada yang bergaya santai, resmi hingga gaul.

Mengapa Harus Pakai Functional Teks?

Dalam penerapannya, banyak orang yang enggan membaca dengan jumlah kata yang panjang dan berputar-putar. Mereka lebih menyukai hal-hal simpel dan mudah mengena. Sehingga isi dari pemberitahuan yang diberikan mampu dipahami dengan cepat dan tak menimbulkan kerancuan.

Bayangkan saja jika sejumlah notifikasi seperti undangan harus ditulis dengan banyak kata-kata pembuka. Tentunya, justru akan membuat di penerima undangan menjadi bingung kan? Makanya, short Functional teks ini merupakan alternatif kalimat yang dirasa cukup mudah dimengerti serta dipahami. Belajar bahasa Inggris yuk!

« »