Bagi kamu yang menempuh mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di sekolah pasti sering mendapat tugas praktikum biologi dari guru. Agar bisa terlaksana dengan baik, pelajari lebih dulu dasar-dasarnya dan sebagai contohnya adalah praktikum tentang  penelitian pertumbuhan tanaman kacang hijau.

Langkah-langkah pelaksanaan

Secara ilmiah, kegiatan penelitian ini terdiri dari beberapa urutan. Pertama membuat rumusan masalah, disusul dengan observasi atau pengamatan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan susunan hipotesis, pelaksanaan percobaan dan yang terakhir membuat kesimpulan.

Misalnya kamu ingin melakukan penelitian tentang penggunaan pupuk bagi pertumbuhan tanaman kacang hijau. Kondisi yang perlu diamati adalah proses pertumbuhan bibit atau biji antara yang dikasih pupuk dan yang tidak diberi pupuk.

Dari sini kemudian kamu bisa membuat rumusan masalah. Misalnya adanya pengaruh pupuk pada pertumbuhan tanaman tersebut. Selanjutnya langsung disusun hipotesis atau kesimpulan sementara terkait dengan pengaruh tersebut.

Langkah berikutnya kerjakan eksperimen atau percobaan. Dalam kegiatan praktek pelajaran biologi ini, cari informasi sebanyak mungkin segala sesuatu yang ada kaitannya dengan masalah yang ingin kamu pecahkan. Misalnya informasi tentang pupuk, tanaman kacang hijau, proses pertumbuhan dan seterusnya.

Pelaksanaan kegiatan ini adalah bagian dari observasi agar kamu bisa memperoleh data yang lebih lengkap. Sedangkan alat maupun bahan yang harus disediakan antara lain adalah biji atau bibit kacang hijau, tanah, pot, air, pupuk dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Identifikasi variabel dalam percobaan

Penting dilakukan Saat melakukan praktek mata pelajaran biologi (saran dari laporanpraktikum.id, kamu juga membutuhkan variabel agar bisa melakukan pengujian terhadap hipotesis dan kesimpulan secara lebih tepat. Variabel ini terdiri dari dua macam, variabel bebas dan terikat.

Variabel bebas merupakan unsur penelitian berupa pemberlakuan terhadap contoh percobaan. Misalnya jumlah penggunaan pupuk dari yang paling sedikit hingga paling banyak.

Sedangkan variabel terikat, adalah unsur penelitian yang bentuknya berupa hasil dari variabel bebas. Jika objek penelitiannya adalah tanaman kacang hijau, maka variabel bebasnya berupa tingkat kecepatan pertumbuhan dan masa panen.

Di luar kedua variabel tersebut, ada variabel lain yang dinamakan variabel kontrol. Variabel ini merupakan segala jenis unsur pada suatu percobaan yang harus selalu dibuat sama.

Misalnya terkait dengan penggunaan pupuk, harus ada unsur lain yang tidak boleh diabaikan. Diantaranya ukuran pot, pemberian air, jenis tanah, asupan sinar matahari dan lainnya. Semua harus sama, agar kegiatan penelitian ini bisa mendapatkan data yang lebih valid dan lengkap.

Melalui semua data yang diperoleh tersebut, kamu dapat membuat analisa perbedaan tanaman kacang hijau yang diberi pupuk dan yang tidak. Setelah itu dicocokan dengan teori dan literatur yang sebelumnya juga sudah diperoleh.

Kemudian yang terakhir, kamu bisa membuat kesimpulan atau hipotesis terhadap semua kegiatan praktek ilmu biologi yang sudah diterapkan. Dalam kesimpulan ini, ada beberapa jenis kemungkinan. Dalam kemungkinan pertama, hipotesis mendapat penolakan karena tidak sesuai hasil percobaan.

Kemudian untuk kemungkinan kedua, kesimpulan dapat diterima. Jika hal ini terjadi, artinya adalah dugaan yang sifatnya sementara telah sesuai dengan hasil percobaan. Selanjutnya dari kedua kemungkinan ini, pasti kamu bertanya, hasil percobaan manakah yang nilainya paling baik?.

Jawabannya, semua hasil tersebut adalah baik bila kegiatan eksperimennya dilakukan menurut prosedur ilmiah. Jadi yang paling penting, kamu sudah membuat rancangan eksperimen tersebut sesuai aturan ilmiah yang ditetapkan. Karena berdasarkan prosedur inilah suatu penelitian dan praktikum biologi layak memperoleh kepercayaan atau tidak.

Referensi :

  1. https://praktikumbiologi.com/praktikum-biologi-kelas-3-sma/
  2. http://shobirinmuhammad06.blogspot.com/p/laporan-praktikum-biologi-sma.html
  3. http://fmipa.unj.ac.id/pbiologi/penuntun-praktikum/

 

 

« »