Cerita Inspirasi Dibalik Wabah Virus Corona – Virus corona saat ini tengah mewabah di tengah kehidupan di seluruh dunia. Korban meninggal akibat virus ini pun sudah sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa virus ini sangat ganas dan juga merugikan. Akan tetapi, dibalik hal yang negatif tersebut masih banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran.

Dalam artikel ini penulis akan menuliskan cerita yang bisa menjadi inspirasi dari seorang relawan covid-19 bernama Bayu Gawtama. Beliau ialah seorang founder sebuah sekolah relawan dimana ia dan timnya juga kini menjadi relawan untuk wabah ini. Perjuangan beliau menjadi relawan covid-19 sangat patut dijadikan contoh.

Namanya kini menjadi bagian dari cerita inspirasi dibalik virus yang cukup ditakuti ini. Ketika virus corona baru ditemukan kasusnya di Wuhan, China, beliau langsung bergegas menghubungi timnya untuk melakukan diskusi mengenai virus tersebut secara detail. Banyak hal yang dibahas saat pertemuan tersebut.

Mulai dari kemungkinan terburuk dari virus corona, hal yang harus dilakukan jika corona sampai ke Indonesia serta bagaimana penanganan serta antisipasinya. Hal-hal tersebut beliau bahas bersama timnya sedini mungkin. Sehingga, saat virus ini mulai menyebar ke Indonesia beliau dan timnya sudah cukup terbiasa dengan penanganannya.

Bahkan sebelumnya, beliau sempat mengirim beberapa unit alat kesehatan serta masker ke daerah Wuhan untuk membantu mereka. Cerita inspirasi ini rasanya bisa menggugah semangat para relawan lainnya agar terus membantu penanganan virus ini. Tanpa mengenal siapa dan darimana, para relawan ini tetap memberikan bantuan.

Padahal mungkin saja mereka juga bisa terpapar virus ini suatu saat nanti. Namun, mereka lebih memilih menyumbangkan sebagian persediaannya kepada masyarakat di Wuhan. Selain itu, Bayu juga membuat gagasan mengenai penanganan virus corona secara community base dimana prinsip tersebut sangat sejalan dengan pemikiran ketua BNPB pada saat ini.

Realisasinya beliau mendirikan kampung siaga covid-19. Tujuannya ialah untuk mengkoordinir penanggulangan bencana secara terpusat yaitu dengan memberi edukasi, bukan hanya menuntut melakukan banyak hal tanpa pengajaran. Dari cerita ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa penanganan hal besar perlu dimulai dari hal kecil dan sedini mungkin.

Selain itu, kita bisa mengerti bahwa kepala dingin sangat diperlukan pada saat seperti ini. Cerita inspirasi singkat ini semoga bisa menjadi contoh bagaimana menjadi relawan bagi penanganan virus ini. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

« »