Digital marketing merupakan semua usaha pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik dan juga internet. Strategi digital marketing dilakukan agar Anda sebagai pebisnis online selalu bisa terhubung dengan pelanggan dan calon pembeli produk atau jasa Anda secara online.

Strategi Digital Marketing

Strategi Digital Marketing

Ada beberapa strategi yang bisa Anda pilih untuk diterapkan sebagai upaya digital marketing bisnis Anda.

SEO atau Search Engine Optimization

SEO difungsikan untuk mengoptimasikan website bisnis Anda agar bisa ditemukan oleh orang yang melakukan pencarian informasi pada mesin pencarian seperti Google. Secara sederhana, teknik SEO dipakai agar ketika orang lain mencoba mengakses atau mencari informasi terkait bisnis Anda, maka website Anda yang akan muncul di halaman pertama atau bisa jadi di urutan pertama.

Content Marketing

Content marketing merupakan upaya pemasaran yang meliputi pembuatan dan pendistribusian konten yang sesuai, konsisten, dan penting sehingga audiens tertarik dengan konten tersebut dan akhirnya memutuskan untuk menjadi konsumen pada bisnis Anda.

Social Media Marketing

Social Media Marketing adalah usaha yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa bisnis Anda melalui media sosial Anda, baik media sosial pribadi atau khusus bisnis. Strategi Digital Marketing ini cenderung lebih mudah dan murah. Akan tetapi, Anda tetap harus menggunakan strategi tertentu agar promosi Anda memperoleh hasil maksimal.

Pay Per Click

Pay Per Click (PPC) merupakan strategi internet marketing yang digunakan oleh perusahaan besar seperti Facebook, Instagram, bahkan Google di mana pembayaran dari iklan yang dibuat hanya berdasarkan jumlah klik yang dilakukan target market pada iklan tersebut.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing ditujukan untuk mengajak pelanggan reguler bisnis Anda untuk turut mengiklankan produk atau jasa Anda kepada orang lain atau followersnya di media sosial.

Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang digunakan dengan cara mengirimkan pesan komersial berupa newsletter dan juga promosi menggunakan email.

Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan fitur yang bisa digunakan oleh semua pebisnis untuk mempermudah para calon market atau konsumen untuk mendapatkan informasi tentang bisnis tersebut secara lengkap. Keuntungan mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku adalah perusahaan Anda bisa otomatis muncul pada Google Map.

Saat ini Google Map sangat memudahkan para pelanggan baru untuk menemukan lokasi perusahaan atau bisnis Anda secara akurat. Dengan begitu, jumlah konsumen Anda akan semakin banyak dan keuntungan bisnis Anda akan semakin besar.

Untuk Anda yang ingin memulai menjalankan bisnis secara online, Anda boleh mencoba satu persatu strategi di atas. Anda bisa memulai dari yang lebih mudah dan murah tentunya. Misalnya, jika Anda memulai bisnis skala kecil yaitu sebagai dropshipper atau reseller, Anda bisa menggunakan stategi menggunakan social media marketing dengan memanfaatkan media sosial pribadi Anda.

Demikian strategi digital marketing yang bisa Anda terapkan dalam bisnis produk maupun jasa. Anda bisa memilih strategi yang paling sesuai dengan jenis bisnis Anda.

 

 

« »