Sebagai Perantau, Cara Menata Tempat Kost Sempit Ini Penting untuk Anda Ketahui – Meskipun terbatas, kamar kos dengan ukuran yang kecil menjadi pilihan tempat tinggal terbaik oleh para perantau. Sebagian besar dari mereka yang memilih kamar kos kecil adalah karena biaya sewa yang relatif lebih murah.

Agar tetap nyaman, mengetahui cara menata kamar kos sempit menjadi salah satu hal yang sangat penting. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, simak ulasan mengenai cara menata tempat kost sempit berikut ini.

Menggunakan Tempat Tidur Bertingkat

Banyak keuntungan yang akan dapatkan dari penggunaan tempat tidur bertingkat ini. Anda bisa menggunakan ruang kosong di bagian bawah tempat tidur untuk keperluan lain seperti menjadikannya sofa untuk bersantai, area bekerja, bahkan sebagai walkin wardrobe.

Yang perlu diperhatikan dari penggunaan tempat tidur bertingkat ini adalah ketahanannya. Pastikan tempat tidur bertingkat yang Anda gunakan bisa bertahan lama. Pilihlah tempat tidur bertingkat dengan tangga yang kokoh dan tidak licin.

Memaksimalkan Penggunaan Lemari Pakaian

Memaksimalkan ruang kosong lemari pakaian menjadi langkah kedua yang bisa Anda lakukan dalam menata tempat kost sempit. Atur penempatan pakaian pada lemari secara maksimal. Jika jumlah pakaian tidak sebanding dengan luas lemari, gunakan sebuah kotak untuk menyimpan benda-benda kecil seperti syal dan kaos kaki.

Menjadikan Tempat Tidur sebagai Sofa

Menambahkan benda multifungsi menjadi solusi yang tepat dalam menata kamar kos yang sempit. Salah satunya adalah ranjang tumpuk yang bisa digunakan sebagai sofa. Dalam penggunaannya, Anda bisa menambahkan beberapa bantal duduk agar lebih nyaman. Penggunaan benda multifungsi ini akan lebih menghemat tempat dan biaya.

Memanfaatkan Ruang Kosong Bawah Ranjang

Cara memanfaatkan tempat kost sempit yang selanjutnya adalah memanfaatkan bagian bawah ranjang. Ini bisa dilakukan jika barang Anda ada yang tidak memiliki tempat penyimpanan. Sebelumnya, masukan barang-barang tersebut ke dalam sebuah kotak penyimpanan yang memiliki penutup, agar terlindungi dari debu.

Memanfaatkan Area Dinding

Cara menata kamar kos sempit yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan area dinding. Pada area dinding Anda bisa menggunakan kaitan panjang atau ambalan rak. Disini Anda bisa meletakan koleksi aksesoris, pajangan, dan barang kebutuhan lainnya. Selain menghemat tempat, penyimpanan pada area dinding ini akan memudahkan Anda dalam menemukan barang yang dibutuhkan.

Menggunakan Lemari Pakaian Terbuka

Para pecinta fashion, tak perlu khawatir jika Anda harus tinggal di kamar kos yang sempit. Anda bisa memanfaatkan lemari pakaian terbuka untuk menyimpan koleksi pakaian Anda. Manfaatkan salah satu sisi pada ruangan untuk dijadikan area busana. Jika pakaian Anda sangat banyak, Anda bisa memadukan penyimpanan pakaian terbuka dan tertutup untuk menyimpan koleksi pakaian Anda.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menata tempat kost dengan luas yang terbatas. Sesuaikan cara-cara tersebut dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

« »