Mengenal Apa itu Design Thinking dan Prinsip Didalamnya

Mengenal Apa itu Design Thinking dan Prinsip Didalamnya – Di era yang semakin maju ini teknologi dan kaitan dengan kehidupan manusia seakan tidak dapat dipisahkan lagi. Setiap harinya akan terus bermunculan mengenai inovasi-inovasi yang dapat membuat Anda ikut terbawa arus positif teknologi. Seperti halnya kini, sedang ramai diperbincangkan mengenai design thinking. Desain seringkali dikaitkan dengan sesuatu yang nantinya akan berdampak pada output sebuah produk. Lalu sebenarnya apa itu design thinking? Apakah ada prinsip-prinsip didalamnya? Perhatikanah penjelasan berikut ini.

Design Thinking

Design Thinking

Baca juga artikel lain  di : http://blog.dinamika.ac.id/arya/

Definisi Design Thinking

Merupakan salah satu bentuk metode terbaru dalam proses sebuah desain yang berfokus pada user atau pengguna. Metode ini mengkombinasikan teknologi dan kebutuhan manusia sebagai tujuannya. Dengan menggabungkan kebutuhan pengguna dan teknologi yang canggih akan menghasilkan sebuah produk output yang akan maksimal.  Didalam metode ini terdapat elemen-elemen penting yang harus diketahui. Beberapa elemen tersebut antara lain

People Centered

Elemen yang pertama dalam Design Thinking adalah people centered. Maksudnya adalah dalam pelaksanaan metode ini perlu adanya penekanan disetiap tindakan akan berpusat pada kebutuhan pengguna.

Highly Creative

Selanjutnya adalah highly creative yang mana dalam penggunaan metode ini tidak dibatasi akan tingkat kekreativitasannya. Peluang besar untuk bebas dalam berkarya adalah sifat dari elemen ini.

Hands On

Tidak hanya terdapat beberapa tulisan daam materi, Design thinking juga sangat perlu praktik langsung oleh beberapa tim desain. Dengan begitu hasil output produk yang dihasilkan akan menarik dan maksimal.

Iterative

Elemen yang terakhir yaitu iterative dimana proses desain akan dilakukan secara berulang-ulang setiap tahapannya. Hal ini dilakukan agar supaya pembuat karya mengetahui kekurangan produk yang akan dibuatnya.

Prinsip-Prinsip Design Thinking

Setelah mengetahui definisi dan elemen dalam design thinking maka selanjutnya adalah prinsip-prinsip yang diterapkan dalam metode ini. Prinsip yang digunakan sama halnya dengan persoalan yang harus ditanyakan pada diri sendiri. Berikut adalah uraian singkatnya

Mengetahui Kebutuhan Manusia

Hal yang harus ditanyakan pada diri Anda sendiri adalah tentang apa sebenarnya kebutuhan manusia. Memang benar jika kebutuhan manusia seakan tidak ada habisnya. Anda harus berpikir tentang bagaimana kebutuhan manusia tersebut dapat terpenuhi oleh bisnis yang akan dijalankan.

Pola Pemikiran yang menjadi Dasar

Kedua yaitu mengenai pola pikir yang menjadi dasar penyelesaian masalah tersebut. Anda dapat bertanya mengenai mengapa Anda akan membuat produk tersebut dan pihak mana yang nantinya akan diuntungkan dan dapat dibantu jika bisnis tersebut dijalankan.

Teknik yang Akan Diterapkan

Setelah kedua pertanyaan diatas dapat Anda jawab selanjutnya adalah perlu adanya pikiran untuk penyelesaian masalah menggunakan teknik tertentu. Dengan persiapan yang sangat matang dan teknik yang tepat maka kemungkinan besar produk yang akan digarap akan maksimal.

Demikianlah penjelasan mengenai Mengenal Apa itu Design Thinking dan Prinsip Didalamnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang masih bingung apa itu design thingking dan apa saja elemen dan prinsip yang mendasarinya.

 

Skip to toolbar