Wasir atau ambeien merupakan penyakit yang terjadi ketika pembuluh darah pada bagian anus dan rektum bawah mengalami pembengkakan. Biasanya kondisi tersebut sangat mirip dengan varises dan penyebabnya juga beragam. Beberapa penyebab wasir atau ambeien diantaranya yaitu diare, sembelit, sering mengangkat beban berat, hubungan seksual anal, duduk dalam waktu yang lama, jarang mengonsumsi makanan berserat dan masih banyak lagi. Lalu, bagaimana cara mengobati wasir? Simak ulasannya!

Cara mengobati wasir secara alami

  • Daun sirsak

Cara mengobati yang pertama yaitu menggunakan daun sirsak. Anda bisa menggunakan daun sirsak dengan memanfaatkan kandungan senyawa yang ada di dalam buah ini sebagai obat antibakteri. Jika ingin menggunakan daun sirsak, Anda hanya perlu menyediakan lima helai daun sirsak dan dua gelas air bersih. Rebus semua daun tersebut secara bersamaan sampai matang hingga menyisakan satu gelas. Air rebusan daun sirsak tersebut selanjutnya diminum pagi atau malam hari.

  • Akar kangkung

Sayur kangkung memang dikenal kaya akan zat besi, apalagi jika diolah menjadi makanan, tentu akan jauh lebih enak rasanya. Namun tahukah Anda jika akar kangkung bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit wasir?

Ya, akar kangkung bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit wasir karena kaya akan vitamin C, B1, protein, kalsium dan fosfor yang sangat memiliki khasiat bagi para penderita penyakit wasit. Anda bisa mengkonsumsi akar kangkung dengan cara merebusnya dengan air sebanyak dua gelas sampai mendidih dan hanya menyisakan satu gelas saja. Lalu kemudian minum air rebusan tersebut.

  • Cocor bebek

Cocor bebek biasanya merupakan tanaman yang hanya dijadikan hiasan saja. Namun siapa sangka jika tanaman ini memiliki kandungan magnesium malat, kalsium, tanin dan biofilin yang tangguh yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan bagi penderita wasir?

Anda bisa mengonsumsi cocor bebek, dengan membersihkannya lebih dulu lalu menjemurnya sampai kering. Selanjutnya ditumbuk hingga lembut dan kemudian diseduh dengan menggunakan air panas seperti ketika Anda minum teh.

Demikianlah cara mengobati wasir dengan menggunakan bahan-bahan alami. Sedangkan untuk mencegah penyakit ini, Anda sebaiknya perbanyak minum, mengkonsumsi makanan berserat dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur ya. Meskipun anda datang ke klinik wasir pun, bila anda tidak berani melakukan operasi, pasti anda disarankan seperti saran-saran saya diatas.

« »