Korosi, Arti dan Cara Pencegahannya

Pernah lihat benda atau barang yang terbuat dari besi memiliki warna berbeda dibandingkan masih baru tidak? MIsalnya saja pagar rumah atau tumpukan besi yang ada di sekitar kalian. Biasanya besi yang lama tidak terpakai akan berkarat dan warnanya berubah agak sedikit merah dan kecoklatan. Nah, kondisi besi yang seperti inilah yang disebut dengan istilan korosi.

Sebenarnya apa itu korosi? Bagaimana bisa terjadi? Lalu, bagaimana pula cara mencegah terjadinya korosi. Untuk tahu jawabannya, langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Korosi? Pengertian Korosi

Oke, pertama mari kita bahas dulu tentang apa itu korosi? Pengertian korosi atau biasa disebut dengan proses perkaratan pada besi merupakan perubahan logam secara fisiki maupun secara kimia yang mana bisa mengakibatkan hilangnya fungsi mekanis logam tersebut.

Ya, jika logam atau besi mengalami korosi maka secara otomatis logam besi terebut akan kehilangan fungsi mekanisnya sebagai logam. Penyebab terjadinya korosi karena adanya senyawa asam dan air yang mengalami perubahan suhu dalam jangka waktu lama dan terus menerus.

Proses Terbentuknya Korosi

Lalu, bagaimana proses terbentuknya korosi? Nah, jadi korosi ini merupakan salah satu proses elektrokimia yang terjadi akibat reaksi redoks secara spontan. Misalnya saja, korosi pada besi akan membentuk oksida besi. Besi akan teroksidasi oleh adanya oksigen dari udara yang akan membentuk karat atau korosi.

Cara Mencegah Terjadinya Korosi

Lalu, bagaimana cara mencegah terjadinya korosi? Cara pencegahan korosi yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut. Dibawah ini akan kami sampaikan beberapa cara pencegahnnya, namum untuk lebih detailnya mengenail cara mencegah korosi dan asal usul korosi secara mendetail dapat anda lihat di website berikut ini Laporanpraktikum.id . berikut ada 4 cara sederhana mencegah terjadinya korosi:

Jangan Biarkan Logam Kontak Langsung dengan Udara Luar

Pencegahan yang pertama, usahakan logam yang Anda miliki tidak mengalami kontak langsung dengan udara luar. Caranya adalah dengan membuat logam bebas oksigen atau mengalirkan gas karbondioksidĀ  pada logam tersebut.

Pengecatan

Selanjutnya, selain itu kalian juga bisa mencegah korosi dengan melakukan pengecatan pad apermukaan logam agar tidak langsung kontak dengan udara luar yang mengandung oksigen dan uap air.

Gunakan Elektroplating

Selanjutnya, kalian juga bisa menggunakan teknik electroplating yakni melapisi permukaan logam secara elektrokimia. Contohnya seperti krom pada mobil.

Campur Besi dengan Logam Lain

Berikutnya, kamu juga bisa mencegah korosi dengan cara membuat perpaduan atau campuran antara besi dan logam lain yang tahan korosi. Misalnya seperti nikel atau krom. Campuran ini biasa dikenal dengan produk baja stainless.

Nah, itu dia arti korosi dan cara pencegahan korosi yang bisa Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Skip to toolbar