Cara Praktis Menghafal Surat Dalam Juz Amma – Paham dan hafal terhadap ayat-ayat Al-Qur’an menjadi keinginan sebagian besar umat Islam. Namun, menghafal Al-Qur’an ternyata tidaklah mudah untuk dilakukan. Banyak orang yang hampir berputus asa karena kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an.

Juz Amma

Juz Amma

Baca juga artikel lai di : http://blog.dinamika.ac.id/arya/

Seorang penghafal Al-Qur’an kebanyakan menghafal mulai dari juz 30. Juz terakhir dalam Al-Qur’an ini sering disebut dengan juz amma. Surat dalam juz 30 lebih mudah untuk dipahami dan dihafalkan karena surat-surat yang terdapat dalam juz ini lebuh pendek dari surat pada juz lain. Bagj Anda yang ingin menghafal surat dalam juz 30, lakukan beberapa cara praktis menghafal ayat Al-Qur’an berikut ini.

Luruskan Niat

Niat yang lurus menjadi syarat utama dalam menghafal surat dalam juz 30. Tidak sedikit orang yang menghafal ayat-ayat Al-Qur’an hanya ingin dipuji atau mendapat julukan al-hafidz. Anda harus benar-benar meluruskan niat, karena dengan niat yang ikhlas Anda akan mampu melewati setiap godaan yang datang mengganggu niat baik Anda.

Dekatkan Diri dengan Alquran

Agar hafal surat dalam juz 30, Anda tidak harus selalu mengulang-ulang bacaan dari surat tersebut. Anda bisa membaca surat dalam juz manapun. Hal ini ditujukan agar lidah Anda terbiasa dengan ayat-ayat Al-Qur’an.

Dimanapun dan kapanpun baca selalu ayat-ayat Al-Qur’an. Jika Anda tidak memiliki Al-Qur’an yang efektif untuk dibawa kemana-mana, Anda bisa menggunakan mp3 seperti mp3 juz amma atau mp3 lainnya. Ini tentu akan mempermudah proses menghafal Anda. Memperbaiki Bacaan

Hafal surat dalam juz 30 akan jauh lebih jika dengan bacaan yang baik dan benar. Hal ini patut Anda dahulukan sebelum memulai hafalannya. Dalam bahasa arab satu huruf yang keliru saat dibaca akan memberikan makna yang berbeda. Hal ini menjadi hal yang dapat mengurangi kesempurnaan pahala hafalan Anda.

Murojaah

Ayat Al-Qur’an akan lebih mudah tersimpan dalam ingatan jika Anda sering mengulangnya. Jangan sampai saat Anda sudah hafal beberapa ayat, Anda tidak mengulang ayat-ayat tersebut. Hal tersebut menyebabkan hilangnya hafalan Anda.

Rutin Mendengarkan Murotal

Mendengarkan murotal terbukti mampu menunjang hafalan Alquran Anda. Anda bisa menggunakan mp3 juz amma untuk menghafal surat dalam juz 30. Meskipun metode mendengar ini bisa diterapkan untuk¬† menghafal Al-Qur’an, Anda tetap harus memperhatikan makhorijul dan ilmu tajwidnya agar tidak keliru dalam bacaannya.

Luangkan Waktu Khusus untuk Menghafal

Waktu yang tepat untuk menghafal adalah sepertiga malam terakhir. Waktu tersebut memiliki banyak manfaat. Seperti yang diketahui, waktu ini biasa digunakan untuk melaksanakan sholat malam.

Selain di sepertiga malam, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk menghafal di siang hari. Meskipun waktu ini banyak digunakan untuk melakukan aktivitas, siang hari menjadi waktu yang sangat tepat untuk menghafal. Jika Anda tidak bisa melakukannya di siang hari, Anda bisa melakukannya di pagi hari.

Itulah beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk menghafal surat dalam juz amma. Semoga niat Anda selalu diberikan kelancaran. Selamat mencoba.

« »