Sumber: pinterest.com

Membeli komputer baru memang menjadi salah satu pilihan utama saat ingin membeli perangkat komputer. Namun, untuk membeli komputer baru tentunya membutuhkan budget yang tidak terbilang murah. Apalagi bagi kalian yang masih awam di dunia komputer. Yang pastinya membutuhkan perangkat komputer terbaru karena dipercaya mempunyai kualitas yang masih terjaga dengan baik. Walaupun begitu, sebenarnya kalau kita lebih cermat dalam memilih komponen komputer kita dapat memakai komputer rakitan yang kualitas dan performanya masih sama bagusnya dengan komputer baru. Nah, untuk mengetahui tentang tips dalam memilih komputer rakitan untuk game cek ulasannya berikut ini.

  • Power Supply

 

Sumber: pinterest.com

Bagian pertama yang perlu kamu perhatikan adalah power supply. Komponen satu ini berfungsi untuk memberikan daya ke seluruh komponen yang ada di dalam komputer. Tapi, pemilihan jenis power supply-nya juga tidak boleh sembarang. Karena hal ini berhubungan dengan ukuran daya yang akan diterima pada setiap komponen. Jika daya yang diterima tidak tepat atau kurang, maka akan terjadi kerusakan pada komponennya. Untuk itu, selalu pastikan power supply yang dipilih sesuai dengan berapa daya pemakaian seluruh komponen saat akan membeli komputer rakitan. Sehingga tidak membuat semua komponen jadi kekurangan daya listrik.

  • Jenis VGA Card

 

Sumber: pinterest.com

Fungsi VGA Card pada komputer adalah untuk melancarkan program-program yang bersekutu dengan grafis komputer. Buat kamu yang membutuhkan komputer untuk kegiatan normal atau kebutuhan kantor, VGA Card standar bisa kamu pilih. Namun, lain cerita jika kamu menginginkan komputer untuk  keperluan gaming ataupun untuk desain grafis. Penggunaan VGA Card dengan kualitas terbaik adalah pilihan yang tepat untuk menangani kebutuhan tersebut. Agar bisa mengetahui bagus atau tidaknya VGA Card, perhatikan jenis VGA Card yang dipilih seperti memori VGA, memori clock speed atau core speed yang digunakannya. Semakin tinggi angka yang didapat maka semakin baik pula VGA Card tersebut.

  • Jenis Prosesor

 

Sumber: pinterest.com

Pada bagian prosesornya juga perlu kamu perhatikan. Prosesor mempunyai peran penting untuk mengatur seluruh komponen yang ada di dalam komputer. Saat ini ada dua jenis prosesor yang bisa jadi pilihan, yaitu ADM dan Intel. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan ingin memakai prosesor baru atau seken. Walaupun produk-produk seken diragukan kualitasnya, tapi bukan berarti semua produk seken itu buruk. Untuk mendapatkan prosesor seken berkualitas tentunya kamu harus melakukan survey tentang prosesor yang dipilih. Apakah produk tersebut masih berkualitas bagus, mempunyai garansi serta kondisi fisiknya yang layak pakai. Kalau kondisinya masih pantas dipakai tak ada salahnya untuk kamu pilih. Ini juga akan menghemat pengeluaran anggaran kamu.

Baca juga artikel lain http://blog.dinamika.ac.id/arya/2020/01/22/daftar-wedding-organizer-bandung-murah/.

  • Perangkat Penyimpanan

 

 

Sumber: pinterest.com

Dewasa ini, ada dua pilihan jenis penyimpanan yang dapat dipilih, yaitu SSD dan Harddisk. Kalau biasanya kamu lebih memilih memakai Harddisk, maka pilihlah produk dengan kapasitas yang diperlukan. Idealnya untuk kebutuhan normal, memilih kapasitas sebesar 500GB ini bisa kamu pertimbangkan. Namun, lain halnya jika kamu menginginkan komputer rakitan untuk bermain game dan memakai program berat seperti edit gambar atau rendering video. Pemilihan HDD 1TB adalah pilihan yang paling tepat untuk dipilih.

  •  Kapasitas RAM

 

Sumber: pinterest.com

Kapasitas RAM yang kamu pilih juga bisa menentukan lancar tidaknya komputer yang akan dijalankan nantinya. Minimalnya kapasitas RAM saat ini sebesar 2GB. Kalau kurang dari 1GB maka komputer yang dijalankan pun tidak akan lancar. Tapi, jika ingin yang lebih aman lagi gunakalah kapasitas sebesar 4GB dan jenis DDR3 atau DDR4. Apabila ingin memakai versi seken pastikan kualitas produknya t dalam kondisi baik tanpa cacat.

  • Jenis Motherboard

 

Sumber: pinterest.com

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah jenis motherboard yang akan digunakan nanti. Cukup banyak jenis-jenis motherboard yang dapat kamu temui di pasaran sehingga kamu pun harus lebih jeli tentang fitur yang dibutuhkan pengguna. Umumnya, semakin banyaknya fitur yang ada pada motherboard maka harganya pun semakin tinggi pula. Oleh sebab itu, pada tahap ini kembali pada budget yang kamu punya. Kamu bisa melakukan survey terlebih dahulu mengenai harga motherboard saat ini dan juga mempelajari tentang memilih motherboard komputer terbaik di sumber terpercaya.

Umumnya, harga komputer rakitan untuk game bisa mencapai  5 hingga 10 juta ke atas. Tergantung dengan spesifikasi komputer rakitan yang kamu pilih. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua.

« »