Setiap orang pasti memiliki  masalah yang beragam. Dari masalah pendidikan, percintaan, pekerjaan, sampai keuangan. Nah masalah keuangan ini yang sering dialami kebanyakan orang termasuk mahasiswa yang uang jajannya pas-pasan. Apalagi mahasiswa yang kuliahnya di luar kota, bahkan luar pulau yang hidupnya jauh dari orang tua.

Permasalahan utama yang sering dialami mahasiswa adalah KanKer (kantong kering) yang datang setiap bulan apalagi di tanggal tua. karena tidak semua mahasiswa yang kuliah jauh pasti untuk keuangannya terpenuhi bukan? Nah agar di tanggal tua mahasiswa  tidak kehabisan uang saku sampai mengalami KanKer ( Kantong Kering) berikut Tips Hidup Hemat Mahasiswa:

  • Buatlah daftar kebutuhan bukan keinginan

Hal ini sangat penting dilakukan karena mahasiswa akan mengetahui hal apa yang lebih diperlukan daripada apa yang diinginkan.

  • Masak sendiri

Jika kalian memiliki kost yang memungkinkan untuk masak sendiri, maka kalian akan lebih hemat jika masak sendiri khususnya masak nasi.

  • Mencuci pakaian sendiri

Setiap kost kebanyakan ada tempat mencuci dan menjemurnya, maka kalian lebih baik mencuci  sendiri pakaian kalian lebih bersih, lebih cepat dan lebih hemat juga pastinya.

  1. Selesai kuliah langsung pulang kost

Biasanya kalau mahasiswa pulang kuliah main atau kumpul dulu, nah biar kalian bisa hemat pulang kuliah langsung balik kost . Main kadang-kadang boleh tapi jangan terlalu sering.

  1. Bawa bekal

karena kalian memungkinkan masak sendiri lebih baik bawa bekal disamping hemat lebih sehat juga karena masakan sendiri.

  1. Bawa uang secukupnya

bawa uang sekiranya cukup buat makan, bensin dan keperluan kecil-kecil saja jangan semua uang yang kalian miliki kalian bawa.

  1. Puasa sunah

Nah bagi yang muslim puasa sunah juga bisa membantu kalian buat hemat  karena jatah untuk makan siang tidak terpakai. Tapi niat karena Allah ya bukan niat buat hidup hemat.

  1. Menabung

Nah meskipun ini tips yang paling sulit bagi mahasiswa karena dengan uang yang pas-pasan dan kebutuhan mahasiswa yang banyak tapi kalian dapat menyisihkan sedikit uang saku  kalian misal 2 ribu rupiah  per hari. Ini akan sangat membantu keuangan kalian kalau lagi butuh banget.

  1. Kerja sampingan

Bagi mahasiswa yang memiliki jadwal kuliah yang tidak terlalu padat kalian bisa kerja sampingan. Namanya juga kerja sampingan yang pasti tidak membebani kuliah kalian. Disamping tambah uang jajan tambah juga pengalaman.

  1. Jajan di warung-warung yang murah

Tidak usah gengsi jajan ditempat murah asalkan enak dan halal tidak masalah kan ?

  1. Kurangi belanja hal-hal yang belum diperlukan.

Seperti misalnya kalian ingin belanja tas, sepatu baju dan lain-lain padahal kalian belum memerlukannya.

  1. Cari teman yang bisa mengerti keadaanmu

Nah tips hidup hemat mahasiswa yang terakhir nih. Perkara teman memang sulit tapi untuk kamu yang ingin hidup hemat dan tidak terlalu boros maka cari teman yang bisa ngertiin keadaan kalian. Yang tidak menuntut kalian buat ngikutin gaya hidup mereka khususnya yang gaya hidupnya tinggi.

Sebenarnya masih banyak lagi tips selain tips hidup hemat mahasiswa yang sudah dipaparkan diatas. Mau bagaimana lagi? mau tidak mau mahasiswa memang harus belajar untuk hidup hemat khususnya di ZAMAN yang sekarang ini. Karena semakin tinggi kebutuhan tapi tidak sesuai dengan kondisi keuangan mahasiswa. Nah bagaimana?  tidak sulit bukan melakukan 12 hal diatas asalkan ada keinginan dan niat buat hidup hemat ya. Selalin itu kamu harus membedakan mana pengeluaran positif dan negative. Seperti mengeluarkan uang untuk belajar pengembangan diri melalui soft skill.

 

« »